Inilah Tanda Pasanganmu Melakukan Gaslighting yang Harus Kamu Waspadai

2488
Tanda Pasanganmu Melakukan Gaslighting yang
Photo By: weinbergerlawgroup.com

Gaslighting merupakan sebuah istilah yang berkaitan dengan bentuk manipulasi psikologis berkelanjutan yang menyebabkan korban mempertanyakan atau meragukan kewarasan, penilaian, dan ingatannya.

“Intinya, gaslighting ini adalah pelecehan emosional” jelas seorang Psikoterapis, Jeremy Bergen, MS, LCPC.

Gaslighting ini juga merupakan taktik yang digunakan salah satu pasangan dalam upaya untuk mengerahkan kekuasaan, mendapatkan kendali, dan menimbulkan kerusakan emosional di pihak lain. Sayangnya, Gaslighting ini merupakan pelecehan emosional yang sangat berbahaya sebab dapat menyebabkan kita mempertanyakan pengalaman kita sehingga mengidentifikasi tanda-tanda peringatannya.

Nah, berikut ini terdapat beberapa tanda peringatan yang dapat menunjukkan bahwa pasangan kita sedang melakukan Gaslighting.

1. Membuat Kita Mempertanyakan Persepsi Tentang Realitas

Tanda pertama ketika pasanganmu melakukan Gaslighting adalah kamu mempertanyakan persepsi tentang realitas. Pasanganmu selalu mengatakan bahwa apa yang kamu lihat, alami dan rasakan itu bukanlah sebuah fakta. Akibatnya, kamu akan mempertanyakan dirimu sendiri.

2. Suka Berbohong

Tanda kedua ketika pasanganmu melakukan Gaslighting adalah dia suka berbohong. Kebohongan ini dirancang untuk memanipulasi sehingga dia dapat mengendalikan mu. Apabila dia mungkin membuat mu bersemangat, maka tanyakan pada dirimu sendiri. Apakah dia secara konsisten melakukan hal itu?

3. Membuat Dirimu Merasa Tidak Nyaman

Tanda kedua ketika pasangan mu melakukan Gaslighting adalah dirinya membuatmu merasa tidak nyaman. Hal ini karena dirinya ingin mendapatkan kekuatan dan kendali atas dirimu. Akibatnya, kamu merasa tidak nyaman ketika berada di dekatnya. Dia juga tidak segan menghancurkan mu.

Maka dari itu kamu harus kenali perilakunya. Misalnya apakah pasangan mu selalu mengatakan hal yang buruk atau membaut kita hancur dengan perilakunya. Jika iya, itu artinya dia melakukan Gaslighting.

Alasan Gaslighting Terjadi

Orang mencari kekuasaan dan kendali dalam hubungan karena berbagai alasan sehingga rasionalisasi dalam Gaslighting ini bervariasi dari setiap khusus

1. Percaya bahwa itu satu-satunya cara untuk mempertahankan hubungan

Bergen mengatakan, dalam beberapa kasus, Gaslighting adalah cara untuk mencoba menjadi seseorang di dalam sebuah hubungan. Sayangnya, hal tersebut sering kali bersifat sangat kasar.

2. Merasa lebih baik jika memiliki kendali atas orang lain

Gaslighting juga pada umumnya timbul disebabkan karena keinginan untuk mengendalikan orang lain. Hal itu membuat dia merasa lebih baik. Bergen mengatakan pada sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ada orang yang benar-benar senang memiliki kendali atas orang lain.

Cara Menghindari Perilaku Gaslighting

Cara pertama dalam memulihkan diri dari gaslighting adalah berkomitmen untuk menghindari siklus yang toxic ini. Jangan pernah biarkan rencana kita digagalkan oleh perilaku kekerasan yang kemungkinan akan meningkat setelah mengetahui niat kita untuk keluar dari hubungan tersebut.

Persiapkan diri juga untuk ini, serta usahakan untuk tetap selangkah lebih maju dalam pola tersebut itu.

Selain itu, mintalah bantuan dari seseorang di luar hubungan kalian. Tidak disarankan untuk berbicara dengan pasangan mu tentang perilakunya. Sebab, dia akan memberi tahu mu bahwa apa yang dia lakukan sebenarnya tidak seperti yang kita pikirkan. Dia ingin mempertahankan kendali dalam dinamika kekuasaan. Maka dari itu lebih baik berkonsultasi dengan keluarga, atau teman terpercaya mengenai hubungan kalian.

Kemudian juga disarankan untuk berkonsultasi dengan terapis. Walaupun berbicara dengan orang yang kita sayangi juga merupakan terapi, kita mungkin memerlukan nasihat dari pihak ketiga yang tidak memihak seperti psikolog ataupun terapis.

Previous articleCinlok di Drama Crash Landing On You, Kim Jung Hyun dan Seo Ji Hye Berpacaran?
Next articlePasangan Artis Korea Yang Masih Menjalin Hubungan Hingga Kini