Inilah Tandanya Kamu Lelah Hati

Entah karena apa akhir-akhir ini mungkin kamu merasa lelah sekali. Menghabiskan 8 jam dengan rutinitas yang benar-benar menghabiskan energy. Saat tiba di rumah mungkin belum terlalu malam, tapi rasanya kamu sudah tidak sanggup apa-apa lagi. Bahkan akhir pekan kamu habiskan dengan hanya rebahan di rumah tanpa melakukan kegiatan yang berarti. Dan anehnya kamu tetap merasa lelah.

Sebenarnya rasa lelah itu merupakan hal yang wajar. Apalagi jika kegiatanmu tersebut banyak menuntut pekerjaan fisik. Tapi tidak selamanya lo, yang lelah itu hanya fisik. Terkadang hatimu juga lelah. Dimana membuatmu merasa lelah meskipun kamu tidak melakukan sesuatu yang berat dan menguras keringat. Tanda-tanda kamu sedang lelah hati lainnya bisa kamu simak berikut ini.

Kamu jadi gampang tersinggung dengan hal sepele

Akhir akhir ini emosimu sangat mudah sekali tersulut. Bahkan hal kecilpun yang kamu dengar atau lihat cukup cepat membuatmu tersinggung hingga berpikir negative dengan segala hal. Temanmu pergi belanja sendirian, membuatmu merasa ditinggalkan. Padahal kamu sibuk dan dia tidak enak mengganggumu.

Saat bangun bangun pagi selalu timbul pertanyaan ’aku ini ngapain sih? Sampai kapan begini terus?’

Setiap pagi saat bangun tidur kamu selalu mempertanyakan hidupmu. Hingga kegiatan yang sudah kamu lakukan sejak dulu tiba-tiba hilang esensinya di matamu. Hubungan yang kamu jalani bertahun-tahun juga mendadak menjadi buram di matamu.

Pola tidur berantakan

Bisanya apabila kamu lelah fisik, kamu akan mudah terlelap. Tapi, beda halnya jika kamu lelah hati. Kamu hanya akan menghabiskan waktumu untuk berbaring dan sulit untuk memejamkan mata. Pikianmu begitu lelah, tapi disaat kamu merebahkan diri di kasur malah memikirkan hal lain hingga tak kunjung membuatmu terlelap.

Dulu semangat update medsos sekarang malas

Jika kamu lelah fisik, mungkin kamu akan happy lagi apabila melakukan sesuatu yang kamu sukai sembari istirahat. Bisanya update media social atau membaca buku. Tapi, kali ini hal-hal tersebut sulit sekali untuk kamu lakukan, karena kamu terlalu lelah. Jangankan update, scrolling medsos aja rasanya nggak sanggup.

Menjadi seseorang super sensitive

Tidak hanya mudah tersinggung, di kondisi yang seperti ini terkadang membuatmu lebih sensitive dari sebelumnya. Tiba-tiba sikap cengeng kamu keluar tanpa kamu sadari penyebabnya. Bahkan hal sederhana seperti lirik lagu melow, atau pemandangan sedih bisa memicu kelenjar air matamu secara berlebihan.

Merasa capek tiap hari

Tanda ini mungkin dapat dikatakan paling jelas jika dibandingkan dengan tanda-tanda yang lain. Jika lelahmu disebabkan pekerjaan yang setiap harinya membutuhkan kekuatan fisik, itu adalah hal yang wajar. Tapi, jika pekerjaanmu nggak terlalu memakai kekuatan fisik dan kamu merasa begitu lelah maka ini sudah pasti tanda kamu lelah hati.

Tubuh terasa tak nyaman dan pegal

Lelah fisik akan berkurang jika kamu menemui tukang pijit ataupu sekedar relaksasi di salon. Tapi, setelah melakukan relaksasi ke salon, pijat, ataupun mengambil cuti dan tetap membuatmu merasa pegal dan nggak nyaman mungkinkah ini pertanda hatimu lelah?

Benci situasi yang kamu hadapi saat ini

Terkadang ada rasa benci yang tetap bersarang dalam hatimu. Ya, kamu membenci situasi yang kamu hadapi saat ini. Seolah-olah setiap sel dalam tubuhmu memberontak karena tidak mau mengalami situasi yang sama setiap harinya. Tapi, kamu juga tidak tahu apa yang harus dilakukan. Meskipun da kamu mungkin tidak berani untuk melakukannya.

Benar saja yang bisa lelah bukanlah hanya tubuh, melainkan juga hati. Bahkan biasanya hati punya cara tersendiri dalam menyampaikannya. Tapi, seringkali pesan tersebut kurang dipahami, atau memang sengaja tidak dihiraukan. Padahal jika lelah hati ini diabaikan, maka lama-lama akan merembet pada kesehatan fisik juga. Jadi, cobalah berkomunikasi lebih baik lagi dengan hati, jangan sampai menyesal dikemudian hari.