Inilah yang akan terjadi pada Otak jika Rutin Minum Kopi!

Tidak selamanya minum kopi itu dapat menimbulkan masalah kesehatan. Ada kalanya juga dapat bermanfaat untuk kesehatan. Tidak sekedar enak, minum kopi juga ternyata baik untuk otak. Faktanya kopi merupakan sumber antioksidan utama dalam makanan barat. Ini juga terkait dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit hati. Kafein mempengaruhi sistem saraf pusat dengan beberapa cara. Berikut ini merupakan beberapa manfaat jika rutin meminum kopi:

Kafein meningkatkan stimulasi sistem saraf pusat

Kafein meningkatkan stimulasi sistem saraf pusat sehingga membuat kita yang meminum kopi akan merasa waspada. Bagaimana  kafein dapat meningkatkan fungsi otak? Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek. Hal ini sebagian besar disebabkan karena menghalangi adenosin untuk mengikat reseptornya. Adenosine adalah neurotransmitter di otak yang mendorong tidur. Kafein juga merangsang sistem saraf pusat dengan mendorong pelepasan neurotransmitter lain, termasuk noradrenalin, dopamin, dan serotonin. Kafein juga dapat meningkatkan berbagai aaspek fungsi otak, seperti suasana hati, waktu, reaksi, kewaspadaan, perhatian, belajar, dan fungsi mental umum.

Kefein dan memori

Kafein yang ada dikopi juga dapat memengaruhi ingatan, tetapi penelitian tentang hal ini beragam. Beberapa penelitian menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan memori jangka pendek. Studi lain juga melaporkan tidak ada efek pada memori atau bahkan menemukan bahwa kafein mengganggu kinerja pada tugas-tugas memori.

Peneliti masih memperdebatkan efek kafein pada memori jangka panjang. Namun, satu penelitian kecil menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan memori jangka panjang bila diberikan setelah belajar. Saat kamu mengonsumsi tablet kafein setelah mempelajari serangkaian gambar, kemampuan mu akan untuk mengenali gambar ini 24 jam kemudian diperkuat. Kafein juga tampaknya membuat ingatan lebih tahan untuk dilupakan, dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Kopi dapat mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer dan Dimensia

Studi observasi mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi kopi dengan frekuensi sedang dan teratur memiliki risiko terkena Alzheimer lebih rendah 65% dibandingkan yang tidak meminum kopi. Namun, efek perlindungan dari kopi dan kafein ini masih belum dikonfirmasi oleh uji coba terkontrol secara acak.

Kopi dan Penyakit Parkinson

Penyakit parkinson merupakan penyakit kelainan kronis pada sistem saraf pusat. Penyakit parkinson ini mempengaruhi gerakan dan sering kali disertai dengan tremor. Tidak ada obat yang diketahui untuk penyakit ini, sehingga pencegahan menjadi sangat penting.

Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu mencegah penyakit kronis ini. Sebuah studi tinjauan besar melaporkan bahwa risiko penyakit Parkinson 29% lebih rendah pada orang yang meminum tiga cangkir kopi per hari. Namun, mengonsumsi lima cangkir tampaknya tidak menambah banyak manfaat, menunjukkan bahwa lebih banyak tidak selalu lebih baik. Kafein dalam kopi tampaknya menjadi bahan aktif yang bertanggung jawab atas efek perlindungan ini.

Mengurangi Stress dan Depresi

Stress merupakan masalah terbesar untuk tubuh. Pasalnya stress merupakan penyebab banyak masalah kesehatan yang serius. Namun, minum secangkir kopi hotan ketika merasa tegang atau rendah dapat meningkatkan suasana hati kamu secara instan dan membuat segalanya menjadi lebih baik. Kopi merangsang saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin, serotonin, dan noradrenalin, neurotransmitter penting yang meningkatkan suasana hati

Melindungi hati

Sebagai organ yang melakukan ratusan fungsi penting, kesehatan hati kamu tentunya harus dijaga. Karena, banyak penyakit-penyakit yang mematikan menyerang fungsi hati seperti hepatitis. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti dari program perawatan medis Kaiser Pemanente menyatakan , orang yang minum empat cangkir atau lebih kopi hitam per hari memiliki risiko hingga 80% lebih rendah terkena penyakit hati.

Itulah beberapa manfaat dari kopi, serta hal-hal yang terjadi pada otak ketika rutin meminum kopi setiap hari. Mengingat banyaknya manfaat kopi untuk tubuh, maka tidak salah jika disimpulkan bahwa kopi hitam membantu hidup lebih lama.