Jakarta Hut ke-493, 4 Fakta Ini Baru Diketahui Saat Usia Jakarta Nyaris 5 Abad

Di usia Jakarta yang menghampiri 5 abad, ada 4 fakta yang pasti diantara kamu baru tahu soal Jakarta. 1 min


Bulan Juni ini, Jakarta merayakan HUT yang ke-493. Dan jelang usianya menghampiri 5 abad, setidaknya ada 4 fakta soal Jakarta yang mungkin belum banyak orang tahu.

Identik dengan kemacetan hingga banjir, Jakarta sudah menempuh perjalanan panjang sebelum menjadi kota metropolitan seperti dewasa ini. Tak sedikit pula orang yang berjuang di Jakarta untuk mencari nafkah.

Hanya faktanya, Jakarta yang sekiranya telah banyak orang kenal, ternyata masih memiliki beberapa hal yang pasti diantara  kamu baru tahu setelah membaca tulisan ini. Dimana hal tersebut justru menambah keunikan dari Jakarta/

Dan berikut 4 fakta menarik soal Jakarta di usianya yang mendekati 5 abad.

  1. 1 Sempat Berganti Nama Hingga 13 Kali


    Usia Jakarta sudah nyaris 5 abadi. Dari sebuah bandar kecil di muara Sungai Ciliwung, Jakarta kini berkembang menjadi kota metropolis. Tapi tahukah kamu kalau sebelum dinamakan Jakarta, ternyata ada 13 nama yang sempat digunakan seiring waktu.

    Diawali sebagai Sunda Kelapa, lalu berubah jadi Jayakarta hingga Stad Batavia, Jakarta punya banyak nama hingga akhirnya disebut demikian. Nah, siapa yang tahu nama Jakarta yang lain?

  2. 2 Punya Lebih Dari 100 Pulau


    Sebagai provinsi, Jakarta juga mencakup Kabupaten Kepulauan Seribu yang berada di utara Jakarta. Sesuai dengan pasal 32 Undang-Undang No.34 tahun 199, Kecamatan Kepulauan Seribu yang merupakan bagian dari kotamadya Jakarta Utara ditingkatkan statusnya jadi kabupaten Administratif kepulauan Seribu

    Menariknya, Kabupaten Kepulauan Seribu ini mempunyai setidaknya 110 pulau. Memang tidak sampai seribu sesuai namanya, tapi jumlah itu juga sudah cukup banyak.

  3. 3 Kota Dengan Mall Terbanyak


    Tahukah kamu bahwa kota Jakarta merupakan Kota Metropolitan yang dalam kota dunia termasuk kota dengan Mall terbanyak. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 130 mall.

    Nah, dari jumlah sebanyak itu, mall di Jakarta Selatan tercatat jadi yang paling banyak dibandingkan wilayah lainnya. Kalau kamu sendiri sukanya ke mall mana dan dimana?

  4. 4 Punya Kebun Binatang Pertama Di Indonesia


    Kebun binatang pertama di Indonesia dibangun pada 1849 saat Nusantara masih jadi koloni Belanda. Kala itu Raden Saleh, pelukis kenamaan asal Indonesia menghibahkan pekarangan rumahnya di daerah Cikini, Jakarta untuk dijadikan kebun binatang. Tak main-main, tanah yang dihibahkan mencapai luas 10 hektare.

    Kebun binatang itu disebut kebun binatang Cikini. Saat itu, kebun binatang Cikini mempunya koleksi 100 ekor satwa, beberapa diantaranya seperti Banteng, burung, buaya, menjangan tutul, kijang, beruang Madu, monyet mantol dan lainnya.

    Namun karena posisi Cikini berada di pusat kota dan tidak bisa diperluas lagi, akhirnya dipindahkan ke Ragunan pada tahun 1966. Selanjutnya adalah seperti yang kamu semua ketahui sekarang.


What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item