Jangan Asal Beli Masker Kesehatan, Yuk Kenali Fungsi dan Jenisnya

Usai dinyatakan dua WNI positif terkena virus Corona masyarakat mulai berburu masker. Hmm...masker seperti apa ya yang efektif ? 1 min


0

Awal maret 2020, masyarakat dikejutkan dengan berita dua orang warga Depok, Jawa Barat positif terjangkit COVID 19. Pemerintah menghimbau agar masyarakat meningkatkan imunitas tubuh karena disinyalir dua orang tersebut telah melakukan kontak dengan beberapa orang .

Klook.com

Meski masih dalam tahap penelusuran, masyarakat Indonesia mulai mengaami kepanikan. Banyak yang berbondong – bondong ke apotik maupun toko kesehatan untuk mencari masker agar tidak tertular. Hmm..sebenarnya masker seperti apa sih yang efektif untuk kesehatan ?

  1. 1 Masker N95


    Masker N95 masuk kedalam kategori respirator yang mampu untuk menyaring 95 % virus di udara. Masker ini dapat digunak sebanyak 5 kali pemakaian. Dibanding dengan masker kesehatan lainnya, masker ini lebih sulit digunakan untuk bernafas. Sehingga tidak dianjurkan bagi penderita asma. Dipasaran harga masker ini berkisar antara Rp. 50.000 s.d Rp. 60.000.

  2. 2 Masker Bedah


    Masker jenis ini adalah masker yang paling mudah untuk ditemui di pasaran. Didesain khusus untuk memblokir cairan, maskre ini memiliki tiga lapisan dengan fungsi yang berbeda - beda. Lapisan luar guna mencegah tetesan masuk karena anti air, lapisan tengah sebagai penyaring filter dan kuman sedangkan lapisan dalam untuk menyerap air yang keluar dari mulut. Paling efektif, masker ini menjadi langka dipasaran karena banyak dicari oleh masyarakat.

  3. 3 Masker N99


    Dibanding N95 masker versi N99 dikalim memiliki kualitas yang lebih baik. Masker ini dapat menyaring udara sampai dengan 99%. Memiliki tiga lapisan, setiap lapisannya memiliki fungsi yang berbeda - beda. Setiap lapisan mempunyai kinerja untuk menyaring lapisan udara bahkan partikel pasir, sehingga selain untuk menangkal virus dpat juga digunakan dilokasi konstruksi bangunan.

  4. 4 Masker P95


    Masker P95 merupakan masker yang diperuntukan bagi pekerja pertambangan. Masker ini memiliki fungsi lain untuk menyerap minyak, solar, cata dan partikel cair lainnya. Masker dapat digunakan selama 40 jam dalam jangka 30 hari. Dengan kemampuan seperti ini, bisa dipastikan virus Corona tidak akan dengan mudah masuk kedalam tubuh.

  5. 5 Masker Kain


    Masker kain merupakan alternatif terakhir yang diambil jika tidak memiliki masker kesehatan. Disinyalir memiliki banyak kekurangan masker ini tidak dapat secara sempurna menyaring udara yang masuk. Karena masker ini justru sebagai tempat bersarangnya debu dan kotoran, sehingga harus rajin dicuci dan dibersihkan.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality