Jangan Biarkan Overthinking Jadi Kebiasaan, Beginilah Cara Mengatasinya

158
Beginilah Cara Mengatasinya
Photo By: minews.id

Jangan Biarkan Overthinking Jadi Kebiasaan, Beginilah Cara Mengatasinya – Apakah kamu sering over thinking? Khususnya pada malam hari saat menuju mau tidur. Overthinking jika terus dibiarkan akan semakin parah dan bisa membuat mood jelek. Akibatnya kesehatan mental juga bisa terganggu.

Sebab, overthinking akhirnya akan menimbulkan perasaan  diri tidak kompeten dan kurang maksimal dalam mengerjakan semua hal.

Faktanya, banyak orang yang mengalami overthinking dan tidak sadar sudah menjadi kebiasaan.

Sayangnya, banyak orang yang menganggap bahwa jangan overthinking itu bukan masalah besar. Namun, nyatanya jika terlalu sering berpikir berlebihan terutama untuk hal-hal sepela akan memberikan dampak yang tidka sehat bagi kesehatan hingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan sulit tidur. Nah, berikut ini merupakan cara mengatasi overthinking yang dilansir dari Female Daily, yaitu di antaranya:

Jalan Sore

Beginilah Cara Mengatasinya
Photo By: runningismypassport.com

Hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi overthinking adalah jalan kaki. Jalan kaki cukup efektif untuk mengalihkan overthinking yang kamu alami.

Karena ketika berjalan kaki, banyak hal yang bisa dilihat, sehingga kamu tidak akan fokus memmikirkan hal-hal yang sepele yang membuat kamu overthinking.

Melakukan Meditasi

Jangan Overthinking
PHoto By: healthline.com

Hal ini mungkin sedikit sulit, tapi melakukan meditasi bisa membantu kamu agar keluar dari permasalahan overthinking.

Disarankan agar kamu melakukan meditasi pernapasan agar kamu bisa fokus dengan cara bernapas yang baik dan benar. Ada banyak jenis meditasi yang bisa kamu ikuti yang bisa didapatkan secara online.

Mendengarkan Musik

Beginilah Cara Mengatasinya
Photo By: okemom.com

Suasana hening bisa membuat overthinking semakin menjadi-jadi. Maka dari itu, ketika kamu sendirian di rumah, cobalah mendengarkan beberapa jenis musik yang kamu suka.

Baca juga : Lakukan Aktivtias ini di Pagi Hari Agar Lebih Produktif di Hari Senin

Ketika mendengarkan musik, secara tidak sadar otakmu akan terfokus pada nada lagu atau lirik yang sedang diputar.

Baca Buku

Jangan Overthinking
Photo By: gobookmart.com

Cara selanjutnya adalah dengan membaca buku. Dengan membaca buku maka pikiran akan terfokus pada buku yang sedang di baca dan memahami isi serta alur ceritanya.

Selain itu, dengan membaca buku, imajinasimu akan diajak bekerja memvisualisakian suasana dalam cerita.

Dijamin, overthinking akan hilang dan terlupakan begitu saja. Buku yang dibaca juga bisa bermacam-macam, bisa novel atau komik.

Previous articleLakukan Aktivtias ini di Pagi Hari Agar Lebih Produktif di Hari Senin
Next articleSedang Diet? Inilah Makanan Rendah Kalori Nggak Bikin Gemuk