Jangan Salah! Ini Bukan Maldives, Tapi Cuma Kalimantan

Kepulauan Derawan dikenal sebagai ikon wisata bahari andalan Kalimantan. Mumpung Kalimantan sedang ramai diperbincangkan gara-gara baju adat Suku Tidung di uang Rp 75 ribu baru mari kenalan dengan Kepulauan Derawan.

Siapa yang tak kenal dengan Maldives? Keindahan laut dengan bentang pasir pantai putih menjadikannya sebagai destinasi romantis yang jadi favorit para selebritis dunia.

Nah buat kamu yang punya dana pas-pasnya, tak usah kecewa tak bisa ke Maldives karena di Indonesia juga punya yang seperti itu, namanya Kepulauan Derawan. Kepulauan di Kalimantan Timur ini tak kalah dari Maldives guys.

Kepulauan Derawan merupakan destinasi wisata Indonesia yang terletak paling utara negara Indonesia. Pulau ini paling diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sayangnya, masih banyak wisatawan di Indonesia yang belum begitu kenal dan tahu tentang keindahan kepulauan derawan. Pulau Derawan terletak di Kabupaten Berau, kalimantan Timur. Tepatnya di bagian selatan pulau Tarakan, Kalimantan Utara dan paling utara di wilayah kalimantan Timur.

Terdapat beberapa pulau di Kepulauan Derawan yakni Pulau Maratua, Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki dan Pulau Derawan itu sendiri. Keempat pulau tersebut memiliki berbagai macam keindahan alam dengan ciri khas masing-masing pulau.

Jangan khawatir, di Kepulauan Derawan sendiri sudah memiliki penginapan-penginapan di atas laut. Inilah alasan kenapa julukan Maldives Indonesia melekat padanya.

Derawan sendiri merupakan surga bawah laut bagi para penyelam. Manta, penyu hijau hingga terumbu karang yang sehat menjadi pusat dari pariwisatanya.

Kalimantan yang identik sebagai rumah hewan langka juga punya sesuatu yang menarik di Kepulauan Derawan. Misalnya di Pulau Kakaban dimana disana ada danau purba yang berisi ubur-ubur tanpa sengat.

Jangan juga lupakan Labuan Cermin yang tiada duanya. Pun wisata melihat whale shark laris manis di Derawan.

Tak percaya kalau kepulauan Derawan ini sudah begitu tersohor di turis mancanegara? Searching saja ketika Pangeran Wiliam pernah datang kesini. Hebatnya Derawan, sang penerus Kerajaan Inggris tersebut sampai mau melakukan penyelaman di Maratua.

Tapi buat kamu semua yang mau berkunjung ke kepulauan Derawan, kamu bisa menggunakan pesawat dengan tujuan Bandara Kalimarau. Jangan kaget ya, bandaranya bersih banget dan keren. Benar-benar jauh dari kata ketinggalan zaman.

Tak ada lagi yang perlu dibuktikan soal keindahan Kepulauan Derawan guys. Kalau sudah selesai Pandemi Corona, sebaiknya segera siapkan untuk mencoba liburan ke Kalimantan, khususnya di Kepulauan Derawan, Maldives-nya Indonesia.

Nah untuk dapat mencapai pulau Derawan terdapat beberapa pilihan, tapi yang paling sering digunakan adalah melewati Kabupaten Berau dan yang kedua melewati Kota Tarakan.

Jadi, bagi kalian yang ingin ke Pulau Derawan dapat memilih destinasi tujuan Bandar Udara Kalimaru yang terletak di Berau atau Bandar Udara Juwata yang terletak di Kota Tarakan. Pilih yang paling murah dari bandar udara asal kalian.

Selanjutnya, perjalanan akan ditempuh dengan menggunakan kapal spead boat untuk mengubahangi lautan. Kalian bisa menggunakan jasa tour wisata Pulau Derawan.

Saran sekadar, kalau ingin liburan ke kepulauan Derawan sebaiknya jangan akhir tahun karena bisa dipastikan kondisi udara laut pasti pasang. Oleh karena itu, bulan di mana kondisi air laut normal atau surut. Perjalanan perjalanan kalian tidak mengkhawatirkan.