Jangan Sampai Kamu Merasa Tidak Berguna Karena Hal-Hal Ini

Meskipun jarang terlihat dari luar, terkadang memendam perasaan dapat menjadi hal yang berbahaya. Apalagi, jika yang dirasakan adalah rasa kesal dan marah terhadap diri sendiri hingga membuat diri sendiri terasa tidak berguna.

Perasaan tersebut dapat menjadi salah satu pemicu masalah psikologis seperti stress, depresi, dan lain sebagainya jika dipendam. Semakin hari, perasaan tersebut dapat menjadi beban yang tidak kamu ketahui pasti bagaimana cara mengatasi dan menanggulanginya.

Bahkan jika ini terus dipendam dan tertanam dalam mindsetmu, maka kamu dapat membuat kondisi kejiwaan menjadi sangat parah.

Untuk itu, penting bagi semua orang membangun keyakinan dalam dirinya jika ia merupakan orang yang berguna dan juga dapat menjadi manfaat bagi orang lain.

Berikut ini akan kami berikan 5 hal yang tidak boleh membuatmu menjadi orang yang merasa tidak berguna.

1. Merasa Tidak bisa Melakukan Hal-Hal Besar

Hal pertama yang sering menjadi alasan seseorang merasa tidak berguna adalah merasa tidak bisa melakukan hal-hal besar seperti orang lain.

Perasaan ini sebenarnya dapat menjadi hal yang baik apabila dijadikan sebagai motivasi untuk terus berkembang. Akan tetapi, bila menjadi perasaan negatif, kamu wajib waspada.

Selama hidup, kita bukan hanya mengurusi hal-hal besar saja. ada hal-hal kecil yang wajib dilakukan. Peran kecil ini adalah salah satu unsur untuk menjaga harmoni kehidupan agar tidak terganggu.

Ibaratnya sebuah mesin, terdapat banyak baut dan mur yang terpasang. Apabila baut-baut tersebut hilang atau terlepas, tentunya akan menjadi hal yang fatal dan berbahaya.

Mungkin saat ini, kamu hanya memiliki peran sebagai baut dalam masyarakat. Akan tetapi, peran ini tidak bisa dianggap sepele. Tanpa kamu, orang lain tidak akan bisa berproses.

Gunakan ini sebagai motivasi untuk kedepannya.

2. Minder Karena Teman Sudah Lebih Sukses

Hal kedua yang sering dijadikan masalah oleh kebanyakan orang adalah karena merasa minder akibat temannya sudah lebih sukses.

Mungkin kamu sudah cukup sering mendengar bila kesuksesan semua orang memiliki waktunya masing-masing. Akan tetapi, kesuksesan kamu belum kunjung tercapai.

Memang hal ini ada benarnya. Tapi, coba teliti lagi mengenai definisi suksesmu. Apakah yang kamu maksud dengan sukses?

Cobalah untuk mengecilkan ruang lingkup sukses yang kamu maksudkan. Karena terkadang orang hanya ingin sukses berdasarkan standard orang lain.

Dengan mengecilkan scope sukses, kamu sudah mengurangi beban terhadap dirimu sendiri.

3. Sering Diremehkan Oleh Orang Lain

Hal berikut yang sering membuat orang merasa tidak berguna adalah karena sering diremehkan oleh orang lain. Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab hal ini.

Yang pertama adalah karena lingkungan kamu memang dikelilingi oleh tipe orang yang tidak suka dengan orang yang berbeda dengan mereka.

Solusi dari hal ini adalah dengan keluar dari lingkungan tersebut dan mencari lingkungan yang mau mendukung kamu.

Sedangkan yang kedua adalah karena kamu sendiri belum bisa konsisten dengan perkataanmu. Terkadang kamu hanya mengatakan akan melakukan sesuatu tanpe mengerjakannyya. Inilah yang harus kamu perbaiki.

4. Terlalu Memikirkan Kekurangan Diri

Hal berikutnya yang sering membuat seseorang  menjadi merasa tidak berguna adalah karena terlalu memikirkan kekurangan yang dimiliki dibandingkan kelebihannya.

Sebenarnya, hal ini merupakan sesuatu yang sangat baik untuk dilakukan. Akan tetapi, kamu harus melihatnya sebagai motivasi untuk terus memperbaiki diri dibandingkan hanya meratapi kekuranganmu.

Jangan melihat hal ini sebagai suatu yang menjadikanmu sebagai orang yang tidak berguna, ya.

5. Ditinggalkan Orang Terkasih

Dan hal terakhir yang paling sering membuat seseorang merasa tidak berguna adalah karena ia dicampakan oleh orang terkasihmu dan memilih pergi dengan orang yang lebih baik.

Jaman sekarang, sangat banyak orang yang merasa tidak berguna ketika ditinggalkan oleh kekasihnya bahkan hingga punya motivasi untuk bunuh diri. Hal inilah yang tidak boleh kamu lakukan.

Ketika ada orang yang meninggalkanmu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan introspeksi diri.

Karena dengan introspeksi diri, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Tapi jika kamu sudah introspeksi dan tidak seburuk apa yang diyakini oleh orang tersebut, kamu harus menegakan harga dirimu.

Tunjukan bahwa tanpa dia pun kamu bisa lebih sukses dan jadi lebih baik lagi.