Kamu Punya Golongan Darah B? Beginilah Menu Dietnya

Memilih jenis diet yang tepat dapat menghasilkan hasil yang efektif. Diet dapat dilakukan berdasarkan golongan darah dan akan berbeda untuk setiap golongan darah. Ide untuk mengembangkan diet berdasarkan golongan darah ini dikembangkan oleh seorang naturopath Peter J. D’Adamo. Menurutnya, setiap makanan yang dikonsumsi dapat berinteraksi secara kimiawi dengan golongan darah. Jika menjalani diet berdasarkan golognan darah, tubuh akan mencerna lebih efisien. Beriku tini beberapa menu serta panduan untuk seseorang yang bergolongan darah B dan sedang melakukan diet.

Makanan Untuk Golongan Darah B

Jika kamu memliki golongan darah B, kamu dapat mengonsumsi sayur-sayuran dan semua jenis daging kecuali ayam dan daging babi. Kamu juga dapat memakan produk-produk olahan susu. Sementara, makanan yang harus di hindari adalah dandum, jagung, kacang-kacangan serta tomat.

Makanan Untuk Menaikkan Berat Badan

Bagi kamu yang saat ini ingin menaikan berat badan, kamu juga dapat melakukanya berdasarkan golongan darah. Untuk menaikan berat badan bagi kamu yang bergolongan darah B, kamu dapat mengonsumsi jagung, gandum, soba kacang-kacangan, tomat, kacang dan biji wijen. Masing-masing dari makanan tersebut dapat memengaruhi efektivitas proses metabolic yang menghasilkan rasa letih, retensi cairan, dan hipoglikemia yang mengakibatkan penurunan drastic gula darah.

Gula darah yang tidak normal ini menunjukan jika makanan tersebut tidak cocok untuk golognan darah B. Makanan yang tepat akan membuat gula darah tetap normal setelah kamu mengonsumsinya.

Hindari Daging Ayam

Makanan lain yang perlu dihindari bagi golongan darah B adalah daging Ayam. Hal ini disebabkan karena daging ayam mengandung lektin yang menggumpal dan saling mengikat di jaringan ototnya. Meskipun daging ayam ini mengandung sedikit lemak, akan tetapi yang menjadi perhatian adalah kemampuan dari lektin yang dapat meyerang aliran darah dapat menyebabkan stroke dan kelainan imun.

Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Setelah kamu mengetahui makanan apa yang dapat menyebabkan naiknya berat badan, maka yang berikut ini adalah makanan yang dapat membantumu menurunkan berat badan. Salah sau yang paling efektif adalah sayur-sayuran, telur, dan produk olahan rendah lemak. Diet akan lebih maksimal lagi jika kamu mengonsumsi makanan tersebut.

Makanan Optimal

Inilah beberapa makanan yang dapat mengoptimalkan diet yang sedang kamu jalani, diantaranya adalah:

Daging dan Unggas

Jenis makanan yang bermanfaat untuk kamu yang memiliki gologan darah B adalah domba dan kelinci, sedangkan daging sapi dan kalkun tergolongn netral untuk kamu. Sementara itu, daging babi, ayam, dan bebek adalah daging-dagingan yang berbahaya dan tidak boleh dikonsumsi bagi golongan darah B.

Makanan Laut

Jenis Ikan yang tepat dan bermanfaat bagi golongan darah B adalah Ikan kod, ikan perak, ikan makarel, salmon, dan sarden. Sedangkan ikan mas, ikan haring, ikan trout, cumi serta ikan putih merupakan jenis makanan netral untuk kamu. Kemudian. Jenis ikan teri, remis, kepiting, lobster, kijing, tiram, udang, dan siput harus dijauhi karena berbahaya untuk golongan darah B.

Telur dan Susu

Keju cottage, keju regular, keju feta, susu kambing, kefir, mozzarella serta keju ricotta adalah jenis makanan yang direkomendasikan. Sementara itu, mentega, buttermilk, keju cheddar, keju krim, keju edam, keju gouda, keju parmesan, keju provolone, produk kedelai, air dadih dan susu murni merupakan makanan yang tidak menghasilkan dampak apa-apa bagi golongan darah B. yang terpenting adalah kamu harus hindari keju amerika. Keju biru dan ice cream karena makanan ini tidak cocok untuk golongan darah B.

Buah

Buah-buahan yang direkomendasikan untuk golongan darah B adalah buah pisang, cranberry, anggur, papaya, nanas, dan prem. Sementara buah apel, beri, kismis, kurma, ara, jeruk bali merah, kiwi, lemon, manga, melon, jeruk, persik, pir dan jeruk limau tidak memberikan dampak khusus. Sedangkan, buah seperti kelapa, delima, serta rhubarb adalah buah yang perlu kamu hindari.

Sayuran

Sayuran yang bermandaat bagi golongan darah B adalah Bit, brokolo, kubis, wortel, kembang kol, terung, jamur shitake, parteseli, ;ada, ubi, dan brussel sprout. Sedangkan asparagus, bok choy, seledri, timun, dandelion, ada sowa, bawang putih, jahe, lobak pedas, bawang perai, selada, jamur, bawang Bombay, kentang, rumput laut, bayam, aquash dan zuchhini tidak memberuikan dampak kusus. Kemudian jauhi artichoke, alpukat, jagung, zaitun, labu, lobak, tofu dan tomat karena makanan ini termasuk berbahaya untuk golongan darah B.