Kamu Tidur Kurang dari 5 Jam, Hati-hati Berisiko Idap Penyakit Kronis

11
kamu Tidur Kurang dari 5 Jam, Hati-hati Berisiko Idap Penyakit Kronis
Sumber : Canva

Kamu Tidur Kurang dari 5 Jam, Hati-hati Berisiko Idap Penyakit Kronis – Kita tentunya disibukan dengan berbagai macam aktivitas yang sibuk dan padat pada siang harinya.

Baik mereka yang menempuh pendidikan (pelajar atau mahasiswa) atau juga para pekerja. Sehingga pada malam harinya mesti digunakan sebaik-baiknya untuk tidur atau beristirahat dengan baik. Tidur dan berisitirahat berguna untuk recovery tubuh usai digunakan seharian.

Istirahat dan tidur merupakan hal yang penting demi menjaga keseimbangan dalam beraktivits.

Setiap tubuh manusia memerlukan waktu untuk tidur supaya setelah itu dapat kembali fit dan siap melanjutkan kegiatan sehari-hari.

Dan diperlukan tidur atau istirahat yang cukup karena hal itu juga akan berpengaruh pada kesehatan.

kamu Tidur Kurang dari 5 Jam, Hati-hati Berisiko Idap Penyakit Kronis
Sumber : Canva

Peneliti di Eropa mengatakan sebaiknya manusia tidur tidak kurang dari 5 jam setiap malam. Bila kurang dari itu, akan berpotensi mengidap penyakit kronis. Hal ini tentunya menjadi pengingat bagi kita semua.

Peneliti menyebutkan jika jam tidur kurang dari 5 jam maka dapat menimbulkan atau menyebabkan penyakit seperti jantung, kanker dan penyakit lainnya yang membahayakan tubuh.

“Tidur kurang dari 5 jam malam dapat menempatkan individu pada risiko lebih tinggi terkena berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, depresi, kanker, atau diabetes,” kata peneliti dari Université Paris Cité, Severine Sabia, dikutip dari Washington Post, Kamis (20/10/2022).

Melalui jurnal PLOS Medicine, Sabia bersama tim peneliti dari University College London dan Universite Paris Cite, menyebut mereka mengamati 8 ribu pekerja pegawai negeri di Inggris yang telah bekerja di atas 25 tahun.

30 persen dari 8 ribu orang itu ternyata  pada usia 50 tahun ke atas sudah mengidap penyakit kronis. Setelah diteliti, rata-rata mereka memiliki jam tidur kurang dari 5 jam setiap malam.

Idealnya Durasi Tidur

Agar dapat mengurangi resiko penyakit kronis, Sabia menyarankan setiap orang tidur 7-8 jam setiap malam. Hal ini sudah disampaikan dalam penelitian-penelitian yang dilakukan sebelumnyaa.

Selain demi menjaga kesehatan, juga baik untuk mentalitas. Karena dengan tidur yang cukup, aktivitas keseharian terasa lebih bertenaga.

Tapi tidur yang cukup waktu juga harus berkualitas. Tidur berkualitas yaitu dalam keadaan tubuh yang bersih.

Baca Juga : Cegah Sejak Dini! Ini Penyebab Kanker Kulit dan Cara Mengobatinya

Begitu juga dengan kamar dan kasur yang bersih dan nyaman. Karena banyak peneliti menemukan fakta orang sulit tidur ketika tubuh dan tempat tidurnya tidak bersih.

Untuk para penderita insomnia, sebaiknya mulai menata kondisi kamar lalu memaksa untuk berhenti beraktivitas dan berpikir ketika sudah larut. Sehingga tubuh Anda dapat memenuhi haknya untuk tidur.

Previous articleApa Itu Penyakit Disfagia Multiple Sclerosis? Yuk Kita Cari Tahu!
Next articleWow! Berikut Manfaat Kesehatan Tak Terduga dari Mencium Aroma Lilin