Kamu yang Sedang Berjuang di Perantauan, Ikutilah Tips Ini!

Zaman sekarang merantau tidak hanya para lelaki tetapi banyak juga wanita yang merantau di negeri orang. Merantau bukan hanya berpindah tempat melainkan memperbaharui kebiasaan, berdamai dengan ketersaingan dan mendobrak batasan. Masa-masa awal merantau akan di penuhi rasa ragu. Apakah kamu bisa, apakah kamu akan di terima di tempat itu, apakah kamu sudah benar-benar yakin dengan keputusanmu,  mungkin perasaan-perasaan itu akan muncul. Ada rasa ingin kembali ke kampung halaman. Akan tetapi bukan perantau sejati namanya kalau pulang terlalu cepat. Apalagi, merantau dapat mengajarkanmu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Selamat telah mengiyakan tantangan ini

Jangan khawatir, kamu selalu bisa mengandalkan dirimu sendiri. Pilihan untuk merantau bukanlah hal yang mudah. Tak gampang juga bagi keluargamu yang kamu tinggalkan. Mereka di rumah selalu menghawatirkan keadaanmu di sana.  Keraguan pun muncul apakah kamu bisa nyaman di sana, tapi ternyata kamu berhasil meyakinkan dirimu sendiri serta mereka, bahwa kamu bisa.

Jangan merasa kamu tidak bisa menjaga diri

Bukankah lingkungan kosmu sudah kondusif? Bukankah kegiatan sehari-harimu positif?. Entah itu cewek atau pun cowok, anak perantauan perlu menjaga dirinya masing-masing. Kamu bisa awali dengan melihat lingkungan sekitarmu, kondusif atau tidak. Lalu perhatikan juga lingkungan yang lain seperti kampus, rumah temanmu, tempat kerjamu sampai fasilitas umum yang sering kamu gunakan. Pastikan kegiatan sehari-harimu positif.

Jangan lupa kirim alamatmu yang sekarang

Meski jauh dari rumah jangan sampai menghilang. Jangan lupa untuk selalu memberi kabar kepada keluargamu, tentunya di rumah sangat menunggu-nunggu berita atau kabar darimu. Jangan buat mereka khawatir karena ketidakhadiran kabarmu. Beritahu dengan jelas alamat di mana kamu tinggal sekarang karena itu perlu untuk menenangkan hati mereka.

Bertemanlah dengan siapa pun

Banyak temanmu untuk berbagi, semakin aman dirimu di perantauan ini. Bertemanlah dengan siapa pun, karena berteman dengan siapa saja menjadi kebutuhan yang perlu kamu penuhi. Agar kamu lebih aman di perantauan ini. Berteman dengan siapa pun dari kalangan mana pun akan membuatmu pandai menempatkan diri di segala lingkungan.

Bertemanlah dengan tetanggamu, siapa pun itu 

Mereka bisa menolongmu kalau kamu sedang dalam kesulitan. Teman boleh banyak dan di mana saja, tapi jalinlah silaturahmi juga dengan tetanggamu sekitar. Karena tetanggamu keberadaannya yang sekarang dekat denganmu. Tetanggalah yang lebih dulu menolongmu ketika kamu dalam situasi darurat. Seperti, terkunci dalam kamar, menitipkan kunci ketika kamu keluar.

Cewek mudah nyaman dengan perhatian seseorang, pastikan kamu memilih laki-laki yang kamu percaya

Meski temanmu saat ini banyak dan di mana-mana. Naluri seorang cewek, tetap saja ingin ada seseorang yang selalu memperhatikannya secara lebih. Lama kelamaan kamu pun akan sulit menolak perasaan nyaman tersebut. Tentu bolehlah menjalin hubungan yang sepesial dengan cowok.  Tapi, pastikan cowok yang kamu pilih dapat dipercaya tentunya cowok baik.

Sebenarnya jadi cewek di perantauan itu tidak masalah. Dirimu sendiri saja sudah cukup asal kamu berhati-hati

Cewek memutuskan untuk merantau bukanlah hal yang tabu lagi, entah itu menuntut ilmu atau mengejar karir. Bukan masalah jika kamu tinggal sendiri di perantauan. Asalkan kamu bisa jaga diri, dan berhati-hati.

Jangan sampai kehabisan uang

Cash flow pribadi adalah cara paling efektif, untuk masalah keuangan. Masalah keuangan perlu kamu cermati, jangan sampai di perantauan kamu kehabisan uang. Usahakan jangan sampai kamu meminjam uang karena itu bisa menimbulkan beban saja. Untuk itu, kamu perlu membuat cash flow pribadi. Setidaknya mengantisipasi dalam kesulitan keuangan.

Jangan sampai lupa dengan orang tua yang selalu mengharapkanmu pulang dari perantauan

Nyaman mungkin akan muncul ketika kamu berhasil beradaptasi di perantauan. Tapi, jangan sampai kamu melupakan orang tua ketika kamu sudah enjoy di perantauan. Mereka selalu mengharapkanmu untuk kembali pulang ke rumah. Bagaimanapun senyaman-nyamannya kamu di sana tetap rumahlah menjadi rumah terindah ketika kamu beristirahat.