Keindahan Dusun Butuh di Magelang Viral, Ini Hal yang Wajib Kamu Tahu

Dusun Butuh adalah sebuah perkampungan yang sangat indah. Tempat tersebut berada di kaki gunung Sumbing, tepatnya di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Keindahan dusun Butuh sering disamakan dengan sejumlah kampung ikonik di luar negeri seperti Rio de Janeiro, Brasil. Namun tentu saja, dusun Butuh punya keunikan tersendiri dibanding tempat-tempat lain.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu tahu tentang dusun tersebut jika kamu ingin berkunjung ke sana:

  1. 1 Keunikan Dusun Butuh


    Ya, dusun Butuh memang sedang viral karena dusun tersebut memang sangat unik dan indah. Desa ini berada di kaki gunung Sumbing yang megah. Nah, ketika desa ini dilihat dari jarak jauh maka akan tampak seperti perumahan di dunia khayal.

    Rumah yang terdapat di dusun Butuh beda dengan di dusun-dusun lain pada umumnya. Lokasi setiap rumah tampak beda ketinggian antara satu sama lain. Itu bisa terjadi karena bentuk tanah yang ada di sekitar kampung tersebut. Namun hal itu yang membuat dusun ini terlihat sangat indah.

    Kesejukan nuansa pegunungan dan langit biru yang indah menjadi pesona tersendiri ketika berada di dusun Butuh.

  2. 2 Sebutan untuk Dusun Butuh


    Dusun Butuh memiliki sejumlah sebutan karena dusun tersebut mirip dengan tempat-tempat ikonik yang ada di luar negeri. Ada yang menyebut bahwa dusun Butuh seperti pedesaan di Nepal yang berada di kaki gunung Everest. Ada yang menyebut mirip dengan sebuah perkampungan di Brasil, yaitu Rio de Janeiro. Dan ada juga yang menyebut mirip dengan Tibet. Semua itu memang untuk memberikan gambaran mudah tentang keindahan dusun Butuh.

    Dusun Butuh memilki kontur tanah yang naik turun. Hal itu wajar karena berada di lereng pegunungan. Dan tempat-tempat yang disamakan dengan dusun Butuh juga memiliki pesona yang hampir sama.

  3. 3 Profil Dusun Butuh


    Dusun Butuh, sering diklaim sebagai dusun yang berada di ketinggian paling tinggi di kabupaten Magelang. Pasalnya, dusun tersebut tercatat berada di ketinggian 1,600 Mdpl.

    Dusun ini dihuni oleh sekitar 610 Kepala Keluarga (KK). Adapun penduduk total yaitu sekitar 2500 jiwa. Rata-rata pekerjaan orang setempat adalah petani. Dan tanaman yang mereka tanam di antaranya adalah kentang, wortel, kol, dan jenis sayuran lainnya.

  4. 4 Spot Foto Bagus di Dusun Butuh


    Banyak spot foto yang bisa kamu temukan di dusun Butuh ini. Kamu bisa eksplor tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi orang lain dan mengambil gambar yang paling unik.

    Namun jika kamu bingung menemukan spot foto untuk mengabadikan keindahan dusun Butuh, kamu bisa datang di sebuah tikungan yang berada di sekitar pasar di desa tersebut. Dari posisi tersebut, dusun Butuh akan tampak dari kejauhan. Atap rumah warga yang tampak akan sangat indah, dengan latar belakang gunung yang megah.

    Jika dari tempat tersebut kamu belum cukup puas, kamu bisa bergeser ke lokasi yang tak jauh dari tempat tersebut. Kamu bisa naik ke tempat yang lebih tinggi. Namun kamu harus hati-hati karena kebanyakan jalan di lokasi cukup terjal.

  5. 5 Potensi Dusun Butuh sebagai Tempat Wisata


    Melihat keindahan dusun Butuh memang sangat besar potensinya menjadi destinasi wisata. Namun untuk menggarap hal tersebut perlu berkordinasi dengan pihak desa setempat dan tentu saja warga sekitar.

    Sinung N Rachmadi yang menjabat sebagai dinas pariwisata mengakui bahwa dusun Butuh memang punya potensi wisata yang besar. Hal itu dapat dimanfaatkan untuk meningkat perekonomian warga setempat. Misalnya, warga lokal dapat membuat kerajinan yang nantinya dapat dijual kepada pengunjung.

  6. 6 Rute Menuju Dusun Butuh


    Dusun Butuh berada lumayan jauh dari pusat kota Magelang. Jika kamu berangkat dari pusat kota Magelang, mungkin kamu akan menghabiskan waktu selama 30 menit untuk sampai ke lokasi.

    Dari kota Magelang, kamu dapat menempuh perjalanan menggunakan angkutan umum. Namun akan lebih mudah jika kamu berangkat menggunakan kendaraan pribadi. Kamu bisa melalui jalan Bandongan dan Jalan Raya Kaliangkrik.

    Demikian adalah penjelasan tentang dusun Butuh yang indah dan viral. Apakah kamu tertarik berkunjung ke sana?