Kenali Jenis Alas Kaki Agar Tak Salah Sebut Lagi

747

Dalam kehidupan sehari-hari, alas kaki sangat berperan penting sebagaimana fungsi utamanya yakni melindungi kaki. Akan tetapi, banyaknya pilihan model dan desain yang ada di pasaran membuatnya menjadi salah satu penunjang penampilan bagi seseorang. Dengan banyaknya jenis ini terkadang membuat orang keliru sehingga menyebutnya dengan jenis yang sama. Padahal setiap jenis juga memiliki fungsi lain yang berbeda-beda loh. Maka dari itu, kamu perlu tahu perbedaan tersebut. Disimak yuk penjelasannya di bawah ini!

1. Sandal Jepit dan Sandal Gunung

Jenis alas kaki yang satu ini adalah yang paling sederhana dan juga nyaman saat dipakai karena ringan dan tidak gerah saat dikenakan. Biasanya sandal digunakan saat jalan-jalan santai. Dalam penggunaannya, sangat disarankan untuk memilih bahan karet sehingga ketahanannya bisa lebih lama. Meski terasa nyaman, namun sandal jepit jenis ini harus dihindari saat kamu akan mendaki gunung ya! Ada lagi nih yang disebut sandal gunung. Umumnya jenis ini seperti selop, namun ada juga yang jepit. Bedanya, ada pada tali yang melingkar pada pergelangan kaki. Sebagaimana namanya, sandal gunung sangat cocok untuk menemanimu beraktivitas di luar ruangan terutama saat naik-turun gunung.

2. Sneakers Casual dan Sneakers Sport

Sneakers atau sepatu merupakan jenis alas kaki yang selain bisa memberikanmu rasa nyaman saat mengenakannya, juga cocok di hampir semua jenis aktivitas. Selain itu, sepatu akan membuatmu terhindar dari luka lecet saat berjalan. Namun hal ini bergantung pada jenis dan bahannya juga ya. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu juga menggunakan kaus kaki saat memakainya. Contoh sepatu jenis kasual itu adalah sepatu yang biasa digunakan anak sekolah. Berbeda lagi dengan sneakers sport atau sepatu olahraga yang mana untuk bisa digunakan sebagaimana fungsinya, bahannya pun jauh lebih kuat dan cenderung ringan. Sensasi kenyamanannya membuat sepatu ini cocok digunakan saat melakukan berbagai aktivitas mulai dari jalan santai, berolahraga, bahkan travelling sekalipun. Dijamin deh, kamu tidak akan merasa terganggu meski harus mengenakannya dan berjalan dalam waktu yang lama.

3. High Heels dan Wedges

Apa kamu adalah orang yang setiap kali melihat alas kaki dengan hak tinggi yang khas dipakai kaum hawa ini selalu menyebutnya high heels atau wedges? Kenyataannya, kedua benda ini berbeda. High heels memiliki bagian penopang kaki yang runcing dan juga tipis sehingga terasa ringan. Dengan mengenakannya, kakimu akan terlihat lebih kecil serta penampilanmu juga akan semakin elegan. Akan tetapi, jenis yang satu ini juga memiliki risiko cedera yang tinggi dan bentuknya yang tipis cenderung akan membuat kakimu terasa sakit karena otot pada bagian betis yang menjadi tegang.

Adapun wedges memiliki model alas yang lebih tebal. Sama-sama mampu membuatmu tampak lebih tinggi, namun bagian bawah pada wedges yang rata akan membuatmu tidak terlalu merasa sakit seperti saat mengenakan high heels. Jika berbicara tentang kenyamanan, wedges memang lebih unggul karena membuat otot betis tidak tegang. Tapi karena berbahan lebih tebal, maka mengenakannya pun akan terasa lebih berat. Tampilannya juga dinilai kurang cocok untuk dikenakan pada acara-acara formal karena umumnya orang-orang memakainya di saat yang lebih santai. Efek elegan yang diberikan wedges pun dianggap tidak sebaik high heels. Meski begitu, jika kamu cukup percaya diri dengan penampilanmu, hal ini tidak menjadi masalah, kan?

Nah, itulah 3 pasang jenis sepatu yang kerap kali membuat orang keliru saat menyebutkannya. Di antara semuanya, mana yang paling kamu suka kenakan saat beraktivitas sehari-hari?

[zombify_post]

Previous articleBuat Pekerjaan yang Dijalani Menjadi Bagian dari Passion ​
Next articleMantap! Kalahkan India, Indonesia No.4 Negara Di Asia Penghasil Banyak Wanita Cantik