Kenapa Baju Baru Dicuci Sebelum Dipakai?

54

Tak sedikit orang yang enggak sabar pakai baju baru. Saking enggak sabarnya, bahkan ada yang enggak dicuci dulu setelah dibeli.

Iya sih, baju itu terlihat rapi dan bersih sehingga terkesan tak perlu dicuci. Meski begitu, kita sebenarnya dianjurkan untuk mencuci baju itu terlebih dahulu lho, emangnya kenapa sih?

Donald Belsito, dokter spesialis kulit di Columbia University, memberikan jawabannya kepada The Wall Street Journal. Katanya, baju baru itu mengandung pewarna dan resin formaldehida (digunakan untuk mencegah kapas berkerut juga mencegah tumbuhnya jamur) yang menghasilkan polimer pemicu iritasi kulit atau menyebabkan alergi bagi beberapa orang.

Selain itu, baju juga mengandung banyak bakteri sebab sudah dipegang dan dicoba oleh banyak orang–mulai dari masih di pabrik sampai dicoba di kamar ganti. Kita kan tidak pernah tahu ada berapa banyak orang yang sudah memang baju tersebut sejak baju itu dijahit, diwarnai, dipasang label, atau bahkan dipacking.

“Saya pernah melihat kasus kutu di pakaian yang bisa saja menular ke pembeli lain saat mencoba baju di dalam toko,” Ujar Donald.

Hah, memangnya bisa kutu tinggal di baju? Jawabannya bisa. Kata Donald, kutu emang enggak bisa hidup lama tanpa inangnya, namun kutu bisa merekat erat di pakaian yang terbuat dari serat alami. Makanya, itu kutu enggak jatuh-jatuh dan berpotensi pindah ke badan kita apabila bajunya tidak dicuci terlebih dahulu.

Donald juga menerangkan kalau ada penyakit kulit lainnya yang bisa menular lewat pakaian, contohnya kudis dan panu.

Tak hanya itu, baju baru ternyata berpotensi ditumbuhi jamur untuk sementara waktu. Terlebih bila bajunya tidak disimpan dengan benar atau berada di tempat yang lembab.

Maka dari itu, Donald menganjurkan agar kita mencuci baju yang baru dibeli sebelum dipakai. Kalau bisa, dicucinya enggak cuman sekali, tapi dua kali seperti kebiasaan yang dilakukan para dokter.

Walau ribet harus nyuci dua kali, tapi Donald berkata kalau mencuci yang kedua kali tidak perlu menggunakan sabun. Membilas baju di rendaman pelembut pakaian juga sudah cukup.

[zombify_post]

Previous article6 Hal Sepele yag Bikin Tagihan Listrik Membengkak, Termasuk Jarang Cabut Colokan. Pantesan!
Next article5 Hal Sederhana yang Mendewasakan Pribadi Kita