Kisah Hidup Maia Estianty serta Pelajaran Hidup yang bisa kita ambil

Semenjak rumah tangganya kandas, kehidupan artis cantik Maia Estianty penuh sorotan dan memberi banyak inspirasi. Apa saja yang bisa dipelajari dari kisah hidupnya?7 min


0

Maia Estianty, selebriti cantik kelahiran Surabaya, 27 Januari, 43 tahun silam ini kehidupannya sangat banyak disorot terutama sejak kasus perceraiannya dengan mantan suaminya, Ahmad Dhani, 2008 silam. Kisah perjalanan hidupnya yang penuh asam garam dan lika-liku pun telah menginspirasi banyak orang. Yuk kita simak kilas balik hidup Maia Estianty serta pelajaran-pelajaran hidup berharga yang bisa kita ambil dari kisahnya!

PERTEMUAN DENGAN AHMAD DHANI

Maia sudah berpacaran dengan Dhani sejak  mereka bersekolah bersama di SMAN 2 Surabaya. Dhani adalah kakak kelas Maia yang berusia lebih tua 3 tahun. Semuanya berawal ketika keduanya sama-sama memiliki hobi bermain piano, lalu Maia dikenalkan oleh sahabatnya yang juga merupakan teman seangkatan Dhani bahwa ada anak seangkatan yang sama-sama jago main piano, dan dari situlah awal pertemuan Maia dan Dhani, setelah itu mereka pun sering bertemu untuk bermain dan belajar piano bersama.

PERJUANGAN CINTA YANG PENUH LIKA-LIKU HINGGA MENUJU JENJANG PERNIKAHAN

Pada awalnya, Maia mengaku tidak ada perasaan suka dengan Dhani, apalagi saat itu ia juga sudah memiliki pacar. “Awalnya aku sih belum ada rasa, yang pertama kali suka ya mas Dhani yang seneng sama aku”, ungkapnya. Maka dari itu ketika Dhani sempat menyatakan perasaannya ke Maia saat Maia kelas 2 SMP dan Dhani kelas 2 SMA, Maia sempat menolak. “Mas Dhani orangnya petakilan sih hahaha. Tapi ya akhirnya gatau gimana aku akhirnya kawin juga sama dia”. Akhirnya lama kelamaan, rasa cinta pun tumbuh diantara keduanya dan mereka resmi berpacaran.

Namun sayangnya, perjalanan cinta mereka tak berjalan mulus karena orang tua Maia awalnya tidak setuju putrinya berhubungan dengan Dhani. “Karena mas Dhani kan cuma musisi, kalau jaman dulu musisi itu dianggapnya ga bisa kasih makan anak orang”. Karena itu, keduanya pun sempat menjalani hubungan diam-diam alias backstreet. Hingga akhirnya Dhani terus berjuang menunjukkan cintanya kepada Maia dan berjuang keras dalam karirnya di Dewa 19 hingga sukses ke Jakarta, akhirnya Dhani pun mendapat restu untuk meminang Maia hingga keduanya naik ke pelaminan pada tanggal 17 November 1996, dimana saat itu Maia baru berusia 20 tahun dan Dhani 24 tahun. Mereka pun memiliki 3 anak laki-laki yaitu Al Ghazali, El Jalaludin Rumi, dan Abdul Qodir Jaelani atau akrab disebut Al ,El ,Dul.

KARIR MAIA DI DUO RATU

Maia mulai berkarir di musik pada tahun 2003 bersama Pinkan Mambo dalam duo Ratu. Mereka berdua pun berhasil mencetak beberapa single hits pada masanya seperti “Aku baik-baik saja”, “Salahkah aku terlalu mencintaimu”, dan “Jangan bilang siapa-siapa”. Maia dan Pinkan juga sempat bergabung menjadi backing vokal Dewa 19 di sejumlah acara. Namun sayang pada sekitar akhir 2004, Pinkan memutuskan untuk hengkang karena dugaan hamil di luar nikah. “Kamu pilih mengundurkan diri atau saya pecat” ujar Maia saat itu. Akhirnya Pinkan pun hengkang dan Maia harus mencari rekan duet barunya untuk menggantikan Pinkan.

Baca Juga:  7 Blush On Lokal yang Gampang Buat Touch Up. Harganya Pun Ramah di Kantong!

Pada sekitar akhir 2004, Maia pun menemukan Mulan Jameela, yang saat itu masih disebut Mulan Kwok. Pada era Mulan inilah, karier Ratu memuncak setinggi-tingginya. Keduanya pun berhasil mencetak single-single yang sangat hits di kala itu seperti “Teman Tapi Mesra”, “Lelaki Buaya Darat” “Di dadaku ada kamu”, dan lain sebagainya. Berbagai penghargaan pun telah diraih oleh Ratu sebagai musisi wanita paling sukses di masa itu. Namun lagi-lagi nahas, Mulan tiba-tiba memilih hengkang pada awal 2007 dengan alasan tidak adanya transparensi dari manajemen Ratu.

AWAL MULA KONFLIK HINGGA BERUJUNG GUGATAN CERAI

Dari sinilah awal keterpurukan hidup Maia. Selain lagi-lagi kehilangan partner kerja,  di tahun yang bersamaan pula sekitar tahun 2007, ia juga mengalami konflik dengan suaminya, Ahmad Dhani. Bahkan beredar desas-desus bahwa Dhani telah berselingkuh dengan Mulan, partner Maia sendiri di duo Ratu. “Selesai sudah semuanya..rekan kerja hilang, suami juga hilang” tulis Maia di blog pribadinya. Berbagai pertikaian dan konflik pun mulai menggonjang-ganjingkan rumah tangga Dhani & Maia. Mulai dari tuduhan KDRT, hingga kekerasan terhadap manager Maia, dan juga isu orang ketiga.

Hingga pada puncak tahun 2007, Maia memutuskan untuk menggugat cerai suaminya tersebut. “Aku berkali-kali mengalami kekerasan secara fisik, psikis, dan batin”. Isu Mulan Jameela sebagai orang ketida diantara Dhani-Maia juga mulai terkuak. Ditambah lagi dengan keinginan Dhani untuk berpoligami. “Alasan utama aku memutuskan untuk bercerai adalah karena ada seorang wanita yang mengaku menikah dengan suamiku, dan wanita tersebut tidak jauh-jauh dari aku. Dan setelah aku telaah lebih lanjut, ternyata benar dia semakin men-support wanita itu. Jadi aku putuskan untuk bercerai, karena ada perkataan bahwa Maia bisa balik lagi sama Dhani kalau mau di poligami. Buat aku poligami ya, enggak lah ya” ujar Maia. Proses perceraian ini juga digantung cukup lama, karena kedua pihak (Dhani & Maia) sempat saling tuduh-menuduh soal siapa yang sebenarnya berselingkuh. Namun akhirnya setelah berjuang selama kurang lebih setahun, pada September 2008, gugatan cerai Maia atas Dhani akhirnya dikabulkan, dan pasangan yang telah berumah tangga selama 12 tahun itupun resmi bercerai.

KELUAR DARI RUMAH DHANI DENGAN TANGAN KOSONG DAN DIJAUHKAN DARI KETIGA ANAKNYA

Penderitaan Maia pasca perceraian tak cukup sampai disitu. Meskipun saat sidang cerai hak asuh dimenangkan oleh Maia, namun nyatanya Dhani tidak diterima dengan keputusan tersebut dan melarang Maia untuk bertemu ketiga anaknya. Tak hanya itu, Maia pun keluar dari rumah Dhani dengan tangan kosong. “Aku terusir dengan tangan kosong, ga bawa mobil, ga bawa harta, ga bawa pakaian, ga bawa anak” ucap Maia saat itu. Keinginan dirinya untuk bertemu Al, El, dan Dul sangat dipersulit. Maia pun bahkan sampai harus memanjat pagar hanya untuk bertemu ketiga buah hatinya. Bahkan saat perayaan ulang tahun putra sulungnya, Al, yang ke 11 tahun pada 2008 silam, Maia pun datang dengan hanya membawa korek sambil menyanyikan lagu ulang tahun untuk Al sembari keduanya bersimbah air mata, ditambah dengan kondisi saat itu dimana Maia sedang diteriaki untuk diusir keluar dari rumah. Tak terbayang lagi betapa pedihnya hati Maia saat itu.

Baca Juga:  Tak Mau Kalah Dari Film Hollywood, Empat Film Indonesia Siap Mencetak Box Office.

Bahkan di sebuah acara, Maia pernah mengungkapkan bahwa ia sempat mengalami kesulitan untuk menangis saat beberapa bulan pasca gugatan cerai saking mengalami shock berlebih akibat konflik yang dialaminya. “Pernah beberapa bulan setelah aku gugat cerai, aku mengalami yang namanya susah buat nangis atau terharu. Jadi ketika orang-orang kebanyakan pada sedih karna sesuatu, aku sama sekali ga bisa ikut terharu bahkan bingung kenapa orang-orang bisa sedih sementara aku ga bisa sama sekali. Mungkin karna saking aku shock dan stressnya, mengalami berbagai konflik mulai dari adanya pengkhianatan, kemudian Ratu dibubarkan, manajer aku dipukul-pukulin, barang-barang aku mulai dari pakaian, mobil, semuanya dihilangin, studio musik aku dibongkar-bongkarin, kemudian anak-anak juga dihilangkan, dan sebagai manusia biasa aku ga mungkin ga stress. Sampai akhirnya aku mendatangi psikiater untuk hipnoterapi, dan akhirnya sedikit demi sedikit aku udah mulai bisa buat nangis dan cepet terharu lagi kalau melihat hal-hal sedih” ujarnya.

MENITI KEHIDUPAN KEMBALI DARI NOL HINGGA SUKSES

Konflik bertubi-tubi yang dialami Maia nyatanya tidak membuat dirinya putus asa dan berhenti untuk bangkit. Pada tahun 2008, beberapa bulan sebelum resmi bercerai, Maia yang sudah “terpisah” dengan Dhani dan dengan sudah bubarnya Ratu, membentuk grup baru yang digaungi Maia sendiri tanpa di back-up lagi oleh suaminya bernama “Duo Maia” dengan menggandeng partner Dita Anggraeni alias Mey-chan. Dan ternyata karier Duo Maia pun cukup sukses serta telah menciptakan beberapa single hits diantaranya “EGP” dan “Ingat Kamu”. Dengan suksesnya Duo Maia, ini membuktikan bahwa Maia bisa sukses berdiri dengan tangannya sendiri tanpa harus bergantung dengan suaminya. Hubungan Maia dengan Mey-chan pun masih baik hingga saat ini meskipun keduanya sudah tak aktif lagi dalam bermusik. Maia bahkan mengungkapkan bahwa Mey-chan adalah partner yang paling “klop” dengannya sepanjang sejarah karir bermusiknya. “Aku sama Mey-chan itu tuh banyak banget kecocokan, sifat kita hampir sama, kesukaan kita sama, jadi aku kadang kalau ngeliat Mey-chan itu udah kayak berkaca sama diri sendiri” ujar Maia. Mey-chan pun juga sering menjadi teman curhat Maia dan sering berbagi suka dan duka bersama.

Baca Juga:  5 Inspirasi Hijab Segi Empat Elegan Untuk Resepsi Pernikahan, Cantiknya Natural!

Disamping itu, Maia juga mulai meniti usaha dengan membuat banyak bisnis, ia mempelajari ilmu berbisnis dari teman-teman dan kenalan-kenalannya, hingga saat ini bisnis yang dimiliki Maia sudah banyak, yakni bisnis kuliner seperti Snack Al El Dul, Restoran STI-Q Maia, tempat hiburan seperti Tipsy Club & Lounge, Alegro Family KTV karaoke, bisnis kecantikan seperti klinik CnC, produk kecantikan internasional EMK, bisnis fashion Kayara by Maia, perusahaan outsourcing Persaels, dan juga bisnis jual-beli apartemen. Bisa dilihat betapa banyaknya bisnis Maia kan? Dari sinilah dirinya mulai bangkit sukses dan kaya raya.

MENANAM BUAH KESABARAN HINGGA HIDUP BAHAGIA SAAT INI

Hidup bertahun-tahun sebagai janda dan single parent, Maia hadapi dengan menanam buah kesabaran dan selalu percaya dengan Tuhan. Alhasil setelah bertahun-tahun lamanya terpisah dengan ketiga putranya, kini sedikit demi sedikit ketiga putranya sudah mulai mendatanginya, bahkan si bungsu, Dul, sekarang sudah tinggal dengan Maia. Maia selalu berkata “Biarkan aku mengalah dulu untuk saat ini, aku pasrahkan semuanya sama Allah. Biar Allah yang menggerakkan sesuai waktu dan tempat yang diatur oleh-Nya, karena aku yakin setiap anak pasti akan kembali ke ibunya” ujar dirinya saat masa-masa terpisah dari ketiga anaknya.

Kebahagiaan Maia tak cukup sampai disitu, pada 2018 kemarin, Maia resmi dilamar oleh pengusaha kaya raya, Irwan Danny Mussry. Pada 29 Oktober 2018, keduanya pun resmi menikah di Jepang. Tampaknya hadiah atas kesabaran Maia sudah ia capai saat ini. Orang tua Maia sangat bahagia, ketiga anaknya pun juga setuju dengan pernikahan keduanya, yang di tahun-tahun sebelumnya agak sulit karena Al, El, dan Dul tadinya masih berharap agar Maia kembali ke pelukan Dhani, namun kini ketiganya sudah legowo asalkan ibunda tercinta mereka bahagia. Betapa bahagianya Maia, karier dan bisnisnya sukses, sudah mendapatkan suami yang baik, serta terkumpul kembali sebagai satu keluarga dengan ketiga putranya.

Maia Estianty sudah mendapatkan apa yang ia tanam selama ini, jika mengutip kembali kata-katanya “Jika kamu menanam tomat, sudah pasti buahnya tomat, tidak mungkin menanam tomat buahnya cabai. Begitu juga sebaliknya. Intinya yaitu, apa yang kamu lakukan itu akan selalu ada tabur tuai, maka dari itu berbuat baiklah dan selalu bertindak dengan memikirkan konsekuensinya”.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah hidup Maia yaitu bahwa selalu serahkan segala sesuatu dengan Tuhan, bertindaklah dengan memikirkan hukum tabur tuai, serta untuk para kaum wanita, yakinlah bahwa wanita itu kuat, bisa berdiri sendiri tanpa harus selalu bergantung pada lelaki. Kemandirian dan kesabaran akan membawa diri kita kepada kesuksesan.

Demikian kisah hidup Maia Estianty, semoga artikel ini dapat menghibur dan memberi motivasi buat kamu, Sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

One Comment

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality