Kisah Tragis Putri Oichi

Putri Jepang yang satu ini memiliki kisah kehidupan yang tragis namun ada yang bisa kita teladani dari kisah hidupnya.4 min


0

Putri Oichi atau Oichi-hime adalah seorang wanita bangsawan Jepang pada masa perang Sengoku (sekitar abad ke 16). Oichi adalah adik dari daimyo bertangan dingin pemersatu Jepang, Oda Nobunaga. Ia juga menjadi istri dari dua orang daimyo terkenal pada masanya, Azai Nagamasa dan Shibata Katsuie.

Oichi sendiri dalam budaya populer diangkat menjadi salah satu karakter pada game-game bertema Sengoku, seperti contohnya Sengoku Basara dan Samurai Warriors.

Yang paling dikenal dari sosok Oichi adalah kisah kehidupannya yang tragis, terutama kisah cintanya dengan Azai Nagamasa. Namun, banyak juga keteladanan yang bisa kita pelajari dari kisahnya. Yuk, kita simak kehidupan dari Putri Oichi yang terkenal akan kecantikannya ini!

DINIKAHKAN UNTUK KEPENTINGAN POLITIK OLEH SANG KAKAK

Oda Nobunaga adalah seorang daimyo yang sangat ambisius dalam mempersatukan Jepang,  apapun itu caranya.  Ia pun melakukan berbagai cara untuk menaklukan penguasa lain agar bisa tunduk kepadanya, salah satunya adalah dengan menikahkan adiknya, Oichi, dengan Shibata Katsuie,  panglima yang semula merencanakan kudeta kepada Nobunaga namun akhirnya rencananya terbongkar dan diberi pengampunan oleh Nobunaga dengan syarat sumpah setia untuk menjadi pengikutnya,  diperkuat dengan dinikahkannya Katsuie dengan Oichi.

Hingga pada tahun 1567, Nobunaga ingin menjalin persekutuan dengan klan Azai (dengan tujuan untuk menundukkan klan Azai juga nantinya), untuk itu Nobunaga menceraikan Oichi dengan Katsuie dan menikahkan Oichi dengan Azai Nagamasa,  daimyo penguasa klan Azai saat itu. Oichi pun mau tidak mau menuruti perintah kakaknya,  bercerai dengan Katsuie dan menikah dengan Nagamasa.

PERNIKAHAN TERSELUBUNG YANG BERUJUNG MENJADI CINTA SUNGGUHAN

Sebenarnya Oichi dinikahkan dengan Nagamasa dengan tujuan untuk memata-matai Nagamasa,  karena nantinya Nobunaga juga berencana akan menjatuhkan klan Azai. Namun lama kelamaan,  Oichi benar-benar jatuh cinta dengan Nagamasa,  begitu juga dengan Nagamasa sangat mencintai Oichi. Mereka pun memiliki 4 orang anak,  1 laki-laki dan 3 perempuan,  padahal di pernikahan sebelumnya Oichi tidak memiliki anak dengan Katsuie. Keduanya pun menjalani kehidupan pernikahan yang bahagia dan harmonis.

Baca Juga:  5 Bayi Artis Yang Wajib Di Follow Instagramnya

TERJADI SEBUAH KONFLIK YANG MEMBUAT OICHI TERJEBAK ANTARA MENGKHIANATI KAKAK ATAU SUAMINYA

Namun sebuah peristiwa tak terduga terjadi.  Pada tahun 1570, Nobunaga menyatakan perang terhadap klan Asakura,  dimana klan Asakura adalah sekutu klan Azai. Nagamasa pun sangat terkejut akan hal ini,  dan ia pun terjebak antara memilih mengikuti perintah kakak iparnya atau mengkhianati sekutunya. Namun sebagai seorang samurai yang memegang teguh keadilan,  ia memilih untuk tidak mengkhianati sekutunya dan akhirnya memilih untuk melawan Nobunaga,  kakak iparnya.

Situasi ini pun pastinya juga menjebak Oichi,  antara harus mengikuti suaminya atau kakaknya. Sebenarnya mudah saja bagi Oichi untuk memilih kakaknya karena tujuan pernikahannya dengan Nagamasa adalah untuk memata-matai,  namun apa daya Oichi telah sangat jatuh cinta dengan Nagamasa sehingga ia terjebak dalam situasi harus menuruti kewajibannya atau keinginan hatinya.

PERTEMPURAN ANEGAWA,  SERTA KERUNTUHAN KLAN AZAI

Nagamasa yang sangat mengerti akan situasi istrinya yang terjebak pun akhirnya memerintahkan Oichi untuk kembali ke klan Oda,  dengan alasan dengan kembali ke klan Oda akan lebih menjamin keselamatan Oichi, namun ternyata Oichi lebih memilih keinginan hatinya untuk berpihak pada Nagamasa.

Peristiwa perang antara Oda dan Azai-Asakura pun akhirnya disebut sebagai Pertempuran Anegawa,  dengan Oichi berada di pihak Nagamasa sehingga klan Oda pun mengecap Oichi sebagai pengkhianat,  terlebih Nagamasa. Pasukan Oda dengan menggandeng sekutu klan Tokugawa,  berhasil menang telak dalam pertempuran melawan pasukan Azai-Asakura,  Dan dengan kekalahan ini juga merupakan pertanda akhir bagi klan Azai maupun Asakura. 

KEMATIAN NAGAMASA HINGGA OICHI AKHIRNYA KEMBALI KE KATSUIE

Setelah kekalahannya di pertempuran Anegawa,  Nagamasa pun terpaksa melarikan diri ke kediamannya di kastil Odani bersama Oichi dan anak-anak mereka. Namun Nagamasa meminta Oichi untuk kembali ke klan Oda demi menjamin keselamatannya, serta Nobunaga juga sudah mendesak Oichi untuk kembali. 

Akhirnya,  dengan berat hati Oichi pun kembali ke klan Oda bersama ketiga putrinya,  sementara Nagamasa serta putra semata wayang mereka melakukan seppuku (bunuh diri)  di kastil mereka. Oichi pun mendalami penderitaan yang mendalam akan kematian suami yang saat ia cintai tersebut,  serta penyesalan yang mendalam karena telah meninggalkan suaminya. Oichi yang telah kembali ke klan Oda pun dinikahkan kembali dengan Katsuie.

Baca Juga:  5 Hal Sederhana yang Mendewasakan Pribadi Kita

KEMATIAN YANG TRAGIS SERTA KESETIAAN PENUH

Pada tahun 1583, Nobunaga dikhianati oleh salah seorang pengikutnya,  Akechi Mitsuhide,  dan tewas di Kuil Honnoji. Kematian Nobunaga pun menimbulkan kericuhan diantara para pengikutnya,  serta penentuan siapa yang akan menjadi penerusnya. Termasuk salah satunya Katsuie,  serta pengikut Oda yang lain,  bernama Toyotomi Hideyoshi.

Namun nahas,  Katsuie dikalahkan oleh Hideyoshi dalam sengketa penentuan penerus Nobunaga ini. Katsuie yang telah kalah pun terpaksa melarikan diri ke kediamannya di kuil Kitanosho bersama Oichi,  dan ia pun berencana untuk melakukan seppuku. Sebelum melakukan seppuku,  ia memerintahkan Oichi untuk pergi,  namun kali ini Oichi menolak,  karena ia tidak ingin lagi meninggalkan suaminya menjelang maut seperti ia meninggalkan Nagamasa dahulu,  dan akhirnya ia pun menyongsong ajal bersama dengan Katsuie di kastil Kitanosho yang telah terbakar.

Tragisnya kehidupan Putri Oichi,  meskipun berasal dari keluarga terhormat dan merupakan adik dari daimyo paling berkuasa dan ditakuti saat itu,  tidak membuat hidupnya bahagia dan justru mengalami banyak tekanan hingga berakhir tragis. Disaat ia akhirnya telah mendapatkan kebahagiaan bersama suami yang dicintainya,  Nagamasa, ternyata kebahagiaan itupun akhirnya kandas dan lagi-lagi ia pun terus hidup dalam penderitaan hingga akhir ajalnya.

Namun satu yang bisa kita teladani dari Oichi adalah kesetiaannya. Dedikasi dirinya untuk tidak mengulangi penyesalan yang sama sangat konsisten meskipun nyawa sebagai taruhannya. Untuk kamu,  sanggupkah kamu untuk setia sehidup semati terhadap pasangan yang kamu cintai?

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

 

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality