Lagi Viral! Inilah Desa 'Nepal van Java' Di Majalengka

Beberapa waktu lalu, viral di sosial media sebuah desa nan cantik di Magelang yang dianggap sangat mirip dengan Nepal. Namun penting buat para traveler tahu kalau ternyata desa di Majalengka ini ada juga lho yang disebut-sebut mirip dengan Nepal van Java ala Magelang.

Untuk diketahui, di provinsi Jawa Barat juga terdapat sebuah dusun yang mempunyai pemukiman penduduk bertumpuk layaknya seperti di negara Nepal sana.

Pemukiman penduduk tersebut juga tidak kalah indah dan cantik dengan Dusun Butuh yang ada di Desa Temanggung, Magelang, Jawa Tengah yang diklaim sebagai Nepal van Java ala Majalengka.

Kawasan indah mirip Nepal di Majalengka ini diketahui berlokasi di Dusun Cibuluh yang masuk dalam wilayah Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura, Majalengka. Dusun Cibuluh ini diapit perbukitan di lereng Gunung Ciremai.

Dusun Cibuluh di Majalengka ini mendadak ramai diperbincangkan banyak warganet di sosial media instagram pasca akun yang bernama @exploremajalengka memposting sebuah video yang diketahui dibuat oleh akun @alanland1.

Video buatan @alanland1 tersebut seperti sengaja diambil dengan menggunakan drone guna menunjukkan sekaligus memamerkan keindahan Dusun Cibuluh dari atas. Tampak rumah-rumah penduduk bertumpuk sangat mirip dengan pemukiman Sherpa yang ada di Negara Nepal.

Selain memiliki letak pemukiman bertumpuk yang unik, Dusun Cibuluh juga terlihat mempunyai sistem terasering yang sejatinya memang begitu terkenal di Majalengka.

Dusun Cibuluh sendiri saat ini diketahui didiami sekitar 800 orang penduduk yang mana sebagian masyarakatnya berprofesi sebagai petani dengan menanam sayur-sayuran seperti wortel, kentang, bawang dan kol.

Dengan video @alanland1 yang mempertontonkan keindahan Dusun Cibuluh dari atas membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk datang dan sekadar untuk berfoto atau berswafoto, termasuk mengambil dokumentasi video untuk keperluan konten, hehehe.

Salah seorang traveler yang diketahui bernama Rohma asal dari Cirebon mengaku kalau dirinya dan seorang rekannya sengaja datang ke Dusun Cibuluh untuk melihat langsung daerah tersebut yang disebut-sebut mirip dengan pemukiman Sherpa di negara Nepal.

“Awalnya saya melihat video di instagram dusun Cibuluh ini katanya dianggap mirip sama yang di Nepal. Karena penasaran jadi sengaja ke sini,” ucap Rohman.

Selain kemiripan Dusun Cibuluh dengan pemukiman Sherpa di negara Nepal, keberadaan dua tempat wisata yang dekat dengan Dusun Cibuluh yakni Terasering Panyaweuyan dan Bukit Mercury Sayang Kaak juga turut menambah daya tarik bagi para travele yang ingin datang berkunjung sekaligus menuntaskan rasa penasarannya terhadap Nepal di Majalengka ini.

Kepala Dusun Cibuluh, Iin Parlina mengaku senang dusunnya akhirnya mulai banyak dikenal masyarakat luas. Iin Parlina berharap fenomena naiknya nama Dusun Cibuluh bisa memberi imbas yang positif untuk perekonomian warga dusun.

Menurut Iin Parlina, sejak video @alanland1 viral di sosial media, hingga saat ini ada banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke Dusun Cibuluh hanya sekadar untuk berfoto dan membuat video-video karena dianggap punya kemiripan dengan Nepal.

“Saya merasa bangga Dusun Cibuluh ini bisa dikenal masyarakat luas. Padahal dusun ini letaknya hampir ada di ujung Majalengka, Alhamdulilah sekarang banyak yang datang ke sini,” ucap Iin Parlina.