Lakukan Hal Ini Bila Ingin Sukses Jadi Freelance Writer

97

Kesuksesan bukanlah hanya datang dari satu jenis pekerjaan saja. Mungkin kebanyakan kalangan yang sukses karena bekerja di kantoran dan tempat lainnya dengan basis yang sangat besar. Namun pada kenyataannya kesuksesan bisa saja datang dari semua jenis pekerjaan.

Hanya saja bagaimana bisa menjalaninya dengan tekun dan tidak mudah menyerah, bahkan tidak putus di tengah jalan ketika menjalani pekerjaan tersebut.

Bila anda ingin berkarier sebagai freelance writer atau yang sudah menjalaninya saat ini. ada cara bagus bisa anda terapkan agar tidak menyerah di tengah jalan nantinya pada saat beraktivitas.

Hal tersebut diantaranya sebagai berikut ini.

1. Tentukan tema yang paling disukai

Menjadi freelance writer kadang kala memang menuntut penulis untuk menguasai banyak tema. Bahkan sering juga mendapatkan tema belum pernah dicoba sebelumnya. hal ini biasanya menuruti semua permintaan konsumen yang mungkin memesan tulisan dari kita.

Namun jika anda tidak sedang menerima pesanan, ada baiknya mencari tema tertentu untuk ditulis. Salah satunya tema yang berkaitan dengan hobi. Atau bisa juga memilih tema sesuai dengan karakter masing-masing.

Hal ini berguna agar tidak mudah bosan dan bisa mendapatkan ide setiap waktunya. Cara ini sangat cocok menghindari kejenuhan yang akan dialami ke depannya dalam karier anda saat menjadi freelance writer.

2. Cari media yang bisa menampung semua tulisan kamu

Pada awal menulis, mungkin hanya ingin menuangkan semua ide di kepala saja tanpa berfikir agar orang lain bisa menikmati hasil tulisan yang sudah dibuat sebelumnya. Namun perasaan ingin berbagai melalui tulisan bisa saja timbul kapan pun. Bahkan ada keinginan untuk membagikan tulisan agar bisa dinikmati orang lain.

Bila sudah memiliki keinginan seperti ini, ada baiknya mencari media yang cocok untuk menampung semua ide anda. Misalnya berupa media yang bisa bekerja sama guna memasarkan semua ide anda dalam bentuk tulisan, sampai bisa dinikmati orang banyak lagi ke depannya.

3. Lengkapi fasilitas

Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini akan memudahkan semua orang untuk mendapatkan ide. Terutama bagi seseorang dengan profesi freelance writer. Bila anda sebagai freelance writer, ada baiknya memperlengkapi diri dengan fasilitas yang mendukung. Hal ini berguna agar mudah mendapatkan semua ide nantinya dan bisa dituangkan dalam sebuah tulisan.

Bisa saja memperlengkapi diri dengan perangkat komputer, tablet, smartphone serta tidak lupa juga jaringan internet. dengan semua fasilitas ini anda sudah bisa mencari semua ide yang ada di dunia maya. Selanjutnya bisa diolah kembali dalam bentuk tulisan.

4. Lakukan manajemen waktu yang tepat

Seorang freelance writer memang bekerja tidak terikat dengan waktu. Bahkan mereka bisa bekerja kapan pun dan dimana pun. Namun sekalipun tidak terikat dengan waktu, ada baiknya menggunakan waktu dengan sebaik mungkin. Salah satunya manajemen waktu yang lebih baik lagi.

Hal ini bukan hanya berguna untuk menjaga konsisten dalam diri, melainkan juga berguna menjaga stamina dalam tubuh masing-masing. Jelas sekali tanpa stamina yang cukup tidak akan mudah mendapatkan semua ide untuk dituangkan dalam bentuk tulisan.

5. Manajemen keuangan

Manajemen keuangan atau finansial memang hal yang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan semua orang. Termasuk juga bagi seorang freelance writer. Freelance writer akan memiliki keuangan berbeda dengan profesi pekerjaan lainnya.

Seorang freelance bergantung pada tulisan yang sudah dibuat sebelumnya. bisa dikatakan jika tidak menulis maka mereka tidak akan mendapatkan uang.

Maka dari itu perlu mengatur uang dengan benar agar bisa mencukupi kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi sering mencari ide ditempat berbeda. Jelas hal tersebut membutuhkan biaya setiap kali berangkat ke tempat yang di tuju.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar profesi freelance writer yang anda jalani semakin berkembang. Bahkan bisa sukses ke depannya. Jelasnya jangan mudah berputus asa, karena semua jenis pekerjaan akan mendapati semua halangan ketika dijalani.

[zombify_post]

Previous articleGlenn Fredly Siap Kembali Ke Awal
Next articleKeuntungan Memiliki Teman Pemaaf. Apa Kamu Sudah Memilikinya?