Mahasiswa Tingkat Akhir, Bacalah Ini Sebelum Mulai Mengerjakan Skripsi!

Skripsi menjadi perjuangan paripurna untuk lepas dari pertanyaan toxic adik tingkat “Kapan sidang, Mas?”, “Kok belum wisuda, Mbak?”1 min


0

Menulis skripsi merupakan kewajiban mahasiswa tingkat akhir pada jenjang Strata 1 (S-1) demi menambah gelar sesuai dengan jurusan perkuliahan di ujung nama mereka. Semua mahasiswa tidak luput dari kewajiban ini, mulai dari mahasiswa aktivis, mahasiswa ambis(ius), hingga mahasiswa anarkis. Skripsi menjadi perjuangan paripurna untuk lepas dari pertanyaan toxic adik tingkat “Kapan sidang, Mas?”, “Kok belum wisuda, Mbak?”, “Skripsi udah sampai bab berapa?”. 

Nah, dalam tulisan ini akan coba disuguhkan tips mengerjakan skripsi paling manjur bagi mahasiswa tingkat akhir. Ini berlaku untuk siapapun dan jurusan apapun. Baik bagi yang mengerjakan skripsi berdasarkan idealisme, ingin menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas, ataupun yang mengerjakan dengan motivasi “yang penting lulus”. Semoga bermanfaat!

Sudah siapkah aku???
Jika aku berada di Jogja dan ingin pulang kampung ke Lombok melalui jalur darat, maka aku harus menyiapkan fisik yang bugar, camilan yang cukup untuk satu setengah hari perjalanan, serta power bank yang full. Akan tetapi, ketika aku memilih menggunakan jalur atas alias pesawat terbang, aku rasa ketiga hal di atas tidak aku perlukan karena perjalanan hanya butuh waktu 1 jam 20 menit. Itu pun hanya duduk, tidur, sesekali liat awan dari jendela, sampai deh di Lombok. Namun harga yang dibayar untuk dua pilihan jalur di atas tentu berbeda. Lewat jalur darat tidak akan memakan biaya hingga 500 ribu rupiah, sedangkan lewat jalur atas tentunya akan lebih mahal. Mau pilih jalur manapun aku pasti sampai di Lombok, tapi persiapannya yang berbeda. Kalau aku menyiapkan dana di bawah 500 ribu ya terpaksa lewat jalur darat. Akan tetapi, kalau aku menyiapkan budget 1 juta kenapa tidak menggunakan jalur atas agar lebih cepat sampai?
Kurang lebih mengerjakan skripsi ya seperti itu. Jika Kamu mulai menulis skripsi di bulan Februari, lantas tujuan perjalanan Kamu adalah wisuda pada bulan Agustus, maka sesuaikan lah persiapan yang Kamu harus lakukan.
Lantas persiapan apa yang bersifat fundamental untuk mengerjakan skripsi? 1) penguasaan teori; 2) pengetahuan PUEBI (Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia); 3) motivasi; 4) rencana pengerjaan yang disusun secara detail. Poin nomor 2 terkesan remeh, memang, akan tetapi sering kali aspek itu yang membuat mahasiswa lama mengerjakan skripsinya. Pun poin nomor 3, terasa sangat bullshit, akan tetapi, percayalah motivasi itu akan jadi bahan bakar Kamu dalam mengerjakan skripsi. Ada yang motivasinya biar cepat selo, biar ngga bayar UKT, biar bikin orang tua bangga, atau biar cepat menikah. Terserah Kamu! Yang penting kalau bisa usahakanlah Kamu punya motivasi!

Baca Juga:  Ternyata Afgan Pernah Diejek 'Mau Jadi Artis?' Saat OSPEK dan Jadi Nyata!

Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality