Makanan Yang dapat Meningkatkan Stress

Apakah kamu tahu? Beberapa jenis makanan tertentu ternyata dapat menekan stress, dan ada juga yang ternyata dapat meningkatkan stress. Jenis makanan ini, dapat membuat stress mu meningkat jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan. Nah, berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan stress, yaitu di antaranya adalah:

Gula

Makanan yang pertama yang dapat meningkatkan stress adalah Gula. Gula merupakan makanan yang harus kamu hindari ketika melakukan diet untuk mengurangi tingkat stress. Jika kamu makan terlalu banyak gula, dapat menyebabkan kortisol lebih banyak hingga akhirnya akan berdampak pada masalah tidur, mengganggu sistem kekebalan tubuh, sakit kepala, peningkatan stress serta akan membuat kamu menginginkan memakan makanan yang tidak sehat.

Karbohidrat Olahan

Makanan kedua yang dapat meningkatkan stress adalah karbohidrat olahan. Karbohidrat olahan ini memang merupakan makanan enak, namun tidak ada gunanya bagi tubuh mu. Makanan ini justru dapat menyebabkan kadar gula darah berfluktuasi yang dapat membuat kamu merasa mudah tersinggung dan murung.

Alkohol

Makanan atau minuman ketiga yang dapat meningkatkan stress adalah  Alkohol. Segelas anggur memang bisa membuat mu rileks setelah menjalani hari yang sibuk. Namun meminum alcohol yang banyak dapat meningkatkan stress dalam hidup mu. Sebab, terlalu banyak minum alcohol dapat melepaskan hormone yang membaut mu merasa cemas dan stress.

Terlalu banyak meminum kafein

Makanan atau minuman keempat yang dapat meningkatkan stress adalah terlalu banyak meminum kafein. Jika kamu terbiasa meminum beberapa cangkir kopi dalam sehari, itu mungkin bisa membuatmu merasa gelisah dan cemas. Untuk menjauhkan stress kamu bisa meminum kopi hanya satu cangkir dalam sehari.

Tepung Putih

Makanan kelima yang dapat meningkatkan stress adalah tepung putih. Tepung olahan atau tepung putih ini merupakan karbohidrat murni tidak memiliki serat. Itu mudah dicerna menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Pada gilirannya kortisol akan lepas, dan dapat menyebabkan stress.

Garam

Makanan keenam yang dapat meningkatkan stress adalah garam. Terlalu banyak memakan makanan yang mengandung garam dapat menyebabkan retensi air di dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Daging Olahan

Makanan ketujuh yang dapat meningkatkan stress adalah daging olahan. Daging olahan ini misalnya, hot dog, sosis, dan dendeng. Dalam proses pembuatannya, pabrik membaurnya dengan natrium dan aditif sehingga rasanya bisa enak dan tahan lama. Hal ini dapat menurunkan tingkat energimu serta dapat menyebabkan meningkatnya tingkat stress.

Makanan yang digoreng

Makanan yang kedelapan yang dapat meningkatkan stress adalah makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng dapat menurunkan tingkat energy serta dapat meningkatkan stress. Jika kamu mengonsumsinya maka akan membuat mu merasa lesu dan tidak nyaman. Kamu dapat menggunakan metode lain dalam memasak, misalnya memanggang, menumis, dari pada menggoreng makanan mu.

Catatan

Kunci dari semua ini adalah mengontrol segalanya. jika kamu mau memakan makanan yang ada di daftar di atas, maka kamu harus bisa mengontrolnya dan harus tetap pastikan untuk tidak berlebihan dalam memakannya.