Makanan yang Menyehatkan Bagi Golongan Darah AB

Ada beberapa makakanan yang dipercaya baik untuk dikonsumsi olah orang-orang yang memiliki golongan darah AB. Makanan ini lebih menyehatkan bagi golongan darah AB dibandingkan jenis makanan lainnya. Jenis makanan yang baik atau perlu dihindari untuk setiap golongan darah biasanya akan ditentukan berdasarkan diet golongan darah, yaitu rekomendasi pengaturan pola makan berdasarkan golongan darah seseorang.

Teori diet gologan darah ini mengklaim dapat membuat tubuh sesorang yang mengikuti diet tersebut dapat mencerna makanan secara efisien. Selain itu, diet golongan darah juga mengklaim bahwa pola makan tersebut dapat menjaga berat badan tetap stabil dan ideal hingga mengurangi risiko beberapa penyakit, misalnya diabetes, tekanan darah tinggi, hingga penyakit jantung.

Ragam Makanan untuk Golongan Darah AB

Orang-orang yang memiliki golongan darah Ab disebut memiliki asam lambung yang cenderung rendah. Berdasarkan rekomendasi diet golongan darah. Beriku tini merupakan beberapa pilihan makanan yang baik dikonsumsi oleh para pemiliki golongan darah AB, yaitu:

  • Makanan laut, seperti udang, kerang, rumput laut, dan ikan
  • Susu
  • Tahu
  • Sayuran hijau, seperti bayam dan kubis
  • Buah-buahan, seperti apel, jeruk, dan manga

Selain anjuran untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu, ada beberapa jenis makanna yang harus dihindari jika berniat untuk melakukann diet golongan darah AB, yaitu daging-dagingan, termasuk daging asap dan daging olahan, munuman berkafein, serta minuman beralkohol. Salah satu kunci yang harus diperhatikan agar diet golongan darah ini efektif adalah kandungan lektin di dalam makanan. Mengonsumsi makanan yang mengandung lektin yang tidak tepat dapat menyebabkan efek negative, misalnya saja penggumpalan darah.

Untuk mengoptimalkan diet golongan darah ini, maka pemilih golingan darah AB disarankan untuk melakukan olah raga secara rutin serta membatasi konsumsi makanan olahan serta makanan yang mengandung kadar gula tinggi, misalnya es krim dan permen.

Apakah Diet GOlongan Darah AB Terbukti Efektif Secara Ilmiah?

Meskipun terdengar menarik untuk mencobanya, hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang cukup untuk membuktikan bahwa diet berdasarkan golongan darah, termasuk golongan darah AB, efektif untuk menurunkan berat badan atau mencegah penyakit tertentu. Diet ini tidak terbukti lebih sehat atau lebih bermanfaat dibandingkan dengan jenis deit lainnya.

Berbagai studipun menunjukkan bahwa diet jenis ini tidak secara signifikan memberikan efektif atau manfaat terhadap kesehatan. Diet tersebut juga tidak terbukti efektif dapat menurunkan berat badan. Walaupun demikian, ada beberapa orang yang berhasil menurunkan berat badan setelah menjalankan diet golongan darah ini. Namun, banyak yang meyakini bahwa keberhasulan tersebut lebih dipengaruhi oleh factor lain, seperti pembatasan asupan kalori dari makanan dan minuman serta rutin berolah raga.

Diet berdasarkan golongan darah juga dapat dijalankan apabila anda dalam kondisi sehat. Akan tetapi, jika anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, misalnya diabetes atau kolesterol tinggi, diet ini tidak cocok diterapkan, hal ini dikarenakan mungkin ada makanan yang perlu anda hindari.

Mengikuti program diet golongan darah dan hanya mengonsumsi makanan untuk golongan darah AB sebetulnya tetap diperbolehkan, tetapi sebaiknya dilakukan dalam pengawasan dokter dan dengan tujuan untuk membuat tubuh sehat.

Jangan pernah mengorbankan kesehatan anda hanya demi menurunkan berat badan. Kesehatan anda adalah yang paling penting dibandingkan dengan menurunkan berat badan. Untuk memastikan apakah jenis diet ini benar-benar ekfektif dan sesuai dengan kondisi kesehatan anda, sebaiknya konsutasikan dengan dokter terlebih dahulu.