Manfaat Dan Efek Samping Jamu Pelancar Menstruasi, Plus 7 Pilihan Jamu Alami Yang Aman Untuk Dikonsumsi

Penyebab dari tidak teraturnya siklus haid setiap cewek itu beragam, bisa karena hormon, stress, atau ganggunan kesehatan lainnya. Orang tua jaman dulu selalu menyarankan untuk meminum jamu agar siklus menstruasi kita lancar. Tetapi sekarang ada beberapa jamu yang sudah dicampurkan dengan bahan kimia. Lalu apa saja sih manfaat dan efek samping dari minum jamu pelancar haid? Dan jamu alami yang aman untuk dikonsumsi?. Simaklah ulasannya berikut ini.

  1. 1 Manfaat Jamu untuk tubuh


    a. Melancarkan siklus haid

    Sudah menjadi rahasia umum jika jamu bisa melancarkan haid, bagi cewek yang siklus haidnya tidak teratur, jamu adalah salah satu solusi untuk kalian. Agar siklus haid kalian bisa teratur, kalian bisa meminum jamu dnegan teratur, misal seminggu 2-3 kali.

    b. Meredakan nyeri saat menstruasi

    Mengalami nyeri perut selama datang bulan adalah hal yang wajar dialamioleh para cewek. Tidak perlu khawatir, nyeri tersebut bisa teratasi dengan minum jamu. 

    c. Meringankan PMS

    Sudah menjadi hal yang wajar jika cewek mengalami PMS menjelang datang bulan. Bisa berupa kram perut, perut kembung, sampai nyeri otot dan sendi serta punggung. Kondisi ini juga bisa diatasi dengan minum jamu pelancar haid. 

  2. 2 Efek samping yang ditibulkan dari meminum jamu


    Jamu memiliki banyak efek samping bagi tubuh, beberapa efek samping diantaranya:

    Perubahan mood

    Mual dan muntah

    Risiko keguguran

  3. 3 7 jamu alami yang aman untuk dikonsumsi


    Berikut ini adalah 7 jamu alami yang aman untuk dikonsumsi, agar siklus haid kalian lancar :

    a. Kayu manis

    Cara membuat dengan cara mencampurkan 500 miligram kayu manis dengan air hangat atau teh hangat. Lalu minum tiga kali dalam sehari. 

    b. Cuka apel

    Cara mengonsumsinya adalah dengan mencampurkan 15 gram cuka apel dengan segelas air atau satu sendok makan madu. 

    c. Kunyit

    Untuk mengonsumsinya, cukup campurkan 100-500 miligram kunyit bubuk atau kunyit yang sudah diparut dengan air. Lalu minumlah dua kali sehari.

    d. Jahe

    Caranya yaitu campurkan 2,5 hingga 3 miligram ekstrak jahe dengan air atau teh hangat.

    e. Nanas

    Kalian bisa memakannya secara langsung atau mengolahnya terlebih dahulu, seperti dijadikan jus. Pastikan kalian untuk mengonsumsinya secara rutin hingga kalian memperoleh hasil yang diinginkan.

    f. Wortel

    Apabila mengalami terlambat datang bulan, kalian bisa membuat jus wortel yang dicampur sedikit dengan madu. Wortel mengandung vitamin A, C, dan zat besi sehingga bisa membuat tubuh terasa lebih bugar. 

    g. Daun pepaya atau kates

    Jamu pelancar menstruasi alami yang terakhir yaitu daun kates atau daun pepaya bisa menjadi pilihan untuk kamu. Karena daun pepaya atau kates mengandung vitamin A, B, C, D, E, serta kalsium. Cara membuatnya yaitu kalian cukup memasukkan daun pepaya ke dalam dua gelas air, lalu tambahkan asam jawa dan garam. Rebus daun pepaya beserta asam jawa dan garam tadi hingga mendidih dan berkurang menjadi 1 gelas. 

    Itulah beberapa jamu yang bisa menjadi pilihan untuk kamu konsumsi. Semoga jamu tersebut bisa membuat siklus menstruasimu menjadi teratur. Jangan lupa untuk tetap mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, istirahat dengan cukup, olahraga yang cukup dan kurangi stres. Selain itu, kita juga harus bisa selektif dalam memilih informasi yang beredar. Jangan mudah percaya dengan produk yang belum teruji. Sayangi tubuh anda dan pilih minuman dengan bijak.