Manfaat Memberikan Mainan Boneka Pada Buah Hati

282

Mainan boneka bisa dikatakan salah satu mainan yang sangat disukai oleh si buah hati, bahkan mainan boneka ini bukan hanya disukai buah hati perempuan saja, namun terkadang disukai buah hati laki-laki juga. Namun lebih seringnya memang disukai dan diberikan pada buah hati perempuan sampai saat ini oleh orang tuanya.

Selain mainan boneka sangat disukai anak-anak dan sering diberikan oleh orang tuanya, baik itu dalam rangka merayakan ulang tahun atau hanya sekadar hadiah untuk anaknya. Namun yang jelas selain membuat anak senang akan mainan boneka, ternyata dibalik itu semua ada manfaat lain yang bisa didapatkan.

Berikut Ini Beberapa Manfaat Bila Memberikan Mainan Boneka Pada Buah Hati Anda Saat Ini, Diantaranya Yakni:

1. Melatih Rasa Empati Anak

Pada saat anak diberikan sebuah mainan berupa boneka, tidak jarang anak tersebut akan merasa senang atas pemberian tersebut. Bahkan tidak sedikit juga anak tersebut akan menyayangi bonekanya, misalnya dengan membawanya ketika tidur, pada saat bermain dan lain sebagainya yang termasuk dalam aktivitas dirinya sehari-hari.

Tanpa disadari rasa sayang dimiliki anak ini lah yang disebut dengan rasa empati. Dengan demikian dirinya secara tidak langsung belajar bagaimana mempedulikan lingkungan sekitar salah satunya dengan menyayangi boneka tersebut.

2. Mengasah Jiwa Sosial

Pada saat anak diberikan mainan boneka, jelas dirinya akan langsung mengajak boneka tersebut bermain. Dengan demikian tidak jarang dari anak tersebut akan berimajinasi seakan boneka tersebut benda hidup atau sebagai teman nyata saat bermain. Hal ini yang sering membuat si kecil akan berbicara pada boneka, dan hal tersebut juga yang merupakan tindakan mengasah jiwa sosial dalam dirinya.

3. Melatih Si Kecil Berbicara

Melatih buah hati berbicara ketika bermain boneka jelas hal ini bisa dikatakan benar. Sering kali kita melihat anak kecil akan berbicara dengan boneka kesayangannya bahkan seolah boneka tersebut bisa menjawab dari pertanyaan yang sedang disampaikan. Dengan berbicara terus menerus pada boneka yang diajak main, jelas hal ini bisa membuat si kecil lebih terlatih untuk berbicara kedepannya.

4. Melatih Untuk Menyayangi Adiknya

Banyak dari anak kecil akan marah bila mainannya diambil, terlebih bila mainan tersebut ialah boneka kesayangannya. Dengan rasa kesal yang dimiliki dirinya ini pada saat diambil bonekanya, hal ini sebenarnya ada rasa tanggung jawab yang dimiliki anak kecil tersebut untuk menjaga boneka tersebut.

Tanpa disadari dengan adanya tanggung jawab yang dimiliki ini, maka ketika dirinya mendapatkan adik bayi lagi nantinya, jelas dirinya akan menyayangi adiknya tersebut layaknya seperti sedang bermain boneka sebelumnya.

5. Menguatkan Imajinasi

Kebanyakan dari seorang anak kecil bila sedang bermain dengan sebuah boneka, sering kali mereka akan memainkan sebuah peran. Misalnya bermain dokter, maka si kecil akan berperan menjadi dokter dan boneka tersebut akan menjadi pasiennya.

Dengan tidak sadar sebenarnya hal tersebut salah satu dari cara untuk mengasah atau menguatkan imajinasi dalam dirinya. Dengan imajinasi yang sering terlatih ini tidak menutup kemungkinan dirinya akan mengetahui banyak hal di waktu mendatang.

Nah itulah sebenarnya beberapa manfaat memberikan mainan boneka pada buah hati yang bisa anda ketahui sebagai orang tua. Memberikan mainan boneka jauh lebih baik bila dibandingkan memberikan mainan yang bisa membuat si kecil tidak aman.

Misalnya memberikan mainan yang bersifat keras, hal tersebut jelas bisa melukai dirinya. Namun dengan mainan boneka tidak akan terjadi demikian dikarenakan memiliki tekstur yang lembut namun bisa membuat manfaat yang sangat besar pada si kecil.

[zombify_post]

Previous articleEmpat Jenis Masker Yang Wajib Kamu Ketahui
Next articleLakukan Hal Ini Agar Usaha Sahabat Semakin Maju