Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan, Mampu Cegah Anemia Hingga Penyakit Jantung!

100

Rumput laut merupakan sejenis ganggang yang tumbuh di pinggiran pantai hingga ketengah laut dengan kandungan nutrisi yang melimpah. Beberapa kandungan bergizi yang ada didalam rumput laut antara lain adalah karbohidrat, protein, vitamin, serat, antioksidan dan juga mineral.

Hampir di seluruh dunia memiliki kuliner yang terbuat dari olahan rumput laut. Baik itu dijadikan sebagai tambahan untuk makanan penutup seperti eskrim, hingga diolah menjadi makanan berat seperti sandwich, salad bahkan sebagai bahan campuran untuk mie.

Dengan berbagai kandungan yang dimiliki oleh rumput laut, tentunya banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengkonsumsi rumput laut. 

Berikut ini penulis akan membagikan beberapa manfaat rumput laut terhadap kesehatan. 

1. Membantu menurunkan berat badan

Banyak yang belum tau jika sebenarnya, mengkonsumsi makanan olahan dari rumput laut dapat membantu program diet. Karena rumput laut memiliki kandungan serat yang dapat mencegah pembentukan lemak hingga meningkatkan pemecahan lemak pada tubuh.

Dan kelebihan lainnya adalah rumput laut merupakan makanan yang cenderung rendah kalori. Sehingga tidak perlu takut untuk mengkonsumsi makanan ini sebagai pengganti makanan pokok disaat menjalani program diet.

2. Menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian paling lazim di seluruh dunia. Beberapa penyebab terjadinya gagal jantung adalah meningkatnya jumlah kolesterol dalam tubuh dan juga faktor lain seperti pembekuan darah dan penyumbatan pembuluh darah.

Dengan mmengkonsumsi rumput laut, dapat berguna untuk menurunkan tingkat kadar kolesterol didalam darah. Selain itu, kandungan karbohidrat di dalam rumput laut dapat membantu mencegah terjadinya pembekuan darah pada tubuh. 

Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya komplikasi akibat gagal jantung.

3. Meningkatkan fungsi tiroid

Manfaat berikutnya dari mengkonsumsi rumput laut adalah meningkatkan fungsi dari tiroid. 

Tiroid sendiri adalah salah satu kelenjar dalam tubuh yang memiliki peran penting bagi tubuh untuk mencegah beberapa jenis gangguang kesehatan.Seperti kelelahan yang berlebih, mencegah terserang penyakit gondok, bahkan hingga mencegah gangguan pada jantung.

Dan untuk melakukan hal ini, kelenjar tiroid memerlukan yodium. Seperti yang kita ketahui, yodium terdapat pada garam dapur. Namun, siapa sangka jika rumput laut juga memiliki kandungan yodium didalamnya. Tidak hanya itu, rumput laut juga mengandung asam amino.

Kedua senyawa ini dapat membantu kinerja dari kelenjar tiroid untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan.

4. Mengurangi risiko terserang penyakit kanker

Salah satu manfaat dari rumput laut adalah dapat berfungsi sebagai pengatur kadar esterogen didalam tubuh. Bagi seorang wanita, hal ini akan berguna untuk mengurangi resiko terserang kanker payudara.

Selain itu, juga diketahui bahwa rumput laut memiliki kandungan serat larut yang berguna untuk menekan perkembangan kanker usus besar didalam tubuh manusia. 

Kemudian, rumput laut juga memiliki kandungan polisakarida sulfat dan glikoprotein yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan sel-sel kanker dan virus.

5. Mencegah anemia

Sebagian besar orang di Indonesia tidak menyadari gejala yang satu ini. Mudah merasa lelah dan lesu mungkin dianggap sepele. Namun, mungkin saja ini merupakan pertanda jika kamu sedang terserang anemia.

Anemia adalah gangguan kesehatan yang diakibatkan karena kurangnya zat besi dalam tubuh seseorang. Zat besi sendiri memiliki fungsi untuk memproduksi energi yang diperlukan oleh tubuh manusia untuk menjalankan aktivitasnya.

Salah satu cara untuk mencegah atau mengatasai masalah anemia adalaah dengan mengkonsumsi makanan olahan dari rumput laut. Hal ini dikarenakan rumput laut memiliki banyak kandungan zat besi. Diperkirakan, didalam satu mangkok kecil rumput laut, dapat memberikan sekitar 0,8 mg zat besi. Hal ini tentunya dapat membantu mencukupi kebutuhan zat besi didalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat dari rumput laut terhadap kesehatan manusia. Dengan mengkonsumsi rumput laut secukupnya, tentu akan membantu kamu untuk menjaga kondisi tubuh dari serangan penyakit.

[zombify_post]

Previous articleKenapa Bisa Mahal? Ini Alasan Logo Bisa Bernilai Miliaran
Next articleMengapa Seseorang Fobia dengan Badut? Ternyata, Ini Penyebabnya!