Mau Mulai Bisnis Ritel, Yuk Temukan Tips dan Trik Jitu Ala Pengusaha UMKM Sukses!

73
Mau Mulai Bisnis Ritel, Yuk Temukan Tips dan Trik Jitu Ala Pengusaha UMKM Sukses!
Source : Ig/@Sandiuno

Mau Mulai Bisnis Ritel, Yuk Temukan Tips dan Trik Jitu Ala Pengusaha UMKM Sukses!– Memulai bisnis ritel baik di usia muda maupun tua bukanlah perkara yang mudah. Selain tantangan dari luar, persaingan antara para pelaku usaha pun ikut mempengaruhi.

Untuk mencapai tujuan bisnis yang diinginkan, seorang pelaku usaha harus dibekali dengan pengetahuan dan pengalaman dari para pengusaha sukses.

Pengusaha sukses yang telah lama berkecimpung di bisnis retail telah mengalami jatuh bangun dalam mengembangkan usaha nya.

Oleh sebab itulah, perjalanan bisnisnya dapat dijadikan pembelajaran bagi para pemula yang ingin memulai suatu usaha. Berikut tips dan trik pengusaha UMKM sukses yang layak untuk ditiru !

Tips Sukses ala Rosan Roeslani

Source : Ig/@rosansoeslani

Menurut Rosan Roeslani, pengusaha sukses yang kini menjadi Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (KADIN) untuk memulai membangun suatu usaha perlu menerapkan beberapa tips dan trik seperti berikut :

Pelajari Tren Yang Sedang Terjadi

Dalam sebuah bisnis pasti ada suatu siklus dimana tren dapat naik serta turun mengikuti perkembangan pasar.

Sebagai pemula, sebaiknya mencermati apakah tren tersebut berada di awal atau akan akhir sehingga dapat menentukan apakah akan mengikuti tren tersebut atau tidak.

Berani Mengambil Resiko

Hal penting lain yang harus dimiliki oleh pengusaha adalah sikap berani untuk mengambil setiap resiko yang ada.

Sebagai seorang pengusaha harus berani melangkah dan mengambil keputusan, karena jika tidak memiliki sikap tersebut maka kesuksesan akan sulit untuk diraih.

Menikmati Setiap Proses Yang Ada

Dalam menjalankan sebuah bisnis, keadaan jatuh maupun bangun merupakan hal yang wajar. Untuk mencapai kesuksesan, pelaku usaha harus dapat menikmati setiap proses yang sedang terjadi.

Putus asa tidak ada dalam kamus seorang pengusaha, karena saat kegagalan terjadi itu berarti harus dilakukan  evaluasi dan perubahan strategi kedepannya.

Tips Sukses ala Chairul Tanjung

Source: Ig/@Chairultanjung

Chairul Tanjung merupakan nama yang sudah pasti tidak asing dikalangan para pengusaha di Indonesia.

Meski telah memiliki puluhan perusahaan bernilai milyaran rupiah, namun siapa yang menyangka bahwa ia mengawali usaha nya sebagai seorang penjual  alat – alat kesehatan.

Meski usaha pertama nya tersebut gagal, nyata nya hal tersebut tak membuatnya putus asa. Menjadi suatu pelajaran yang berharga, ia pun kembali membangun usaha lainnya sampai mencapai kesuksesan seperti sekarang ini.

Dari setiap kegagalan dan keberhasilan yang ia temui, Chairul Tanjung menyampaikan ada beberapa  tips dan trik pengusaha yang harus kita cermati untuk membangun usaha baru.

Membangun  Relasi

Dalam membangun sebuah bisnis, relasi diibaratkan sebuah pondasi yang mampu menopang suatu usaha. Tak hanya terhadap konsumen, hubungan yang baik harus tetap dibangun dengan vendor maupun investor.

Kerja Cerdas

Untuk membangun suatu usaha, sebagai seorang pemula tak hanya dituntut untuk bekerja keras namun juga kerja cerdas.

Yang dimaksud dengan kerja cerdas adalah menemukan ide bisnis yang sesuai dengan perkembangan pasar saat ini.

Menentukan strategi yang tepat dengan memanfaatkan banyak fasilitas bagi UMKM juga merupakan salah satu wujud dari kerja cerdas.

Dengan banyaknya fasilitas yang ditawarkan, para pemula dapat membangun usaha untuk mencapai hasil yang lebih maksimal.

Fokus pada bisnis

Salah satu tips yang cukup penting adalah fokus pada usaha yang dijalankan saat ini. Sebagai permulaan, sebaiknya jangan terlalu fokus terhadap hasil namun lebih mementingkan perkembangan bisnisnya.

Baca Juga : 5 Inspirasi Sederhana Untuk Membuat Rumah Tambah Estetik

Evaluasi setiap kesalahan yang terjadi dan gunakan untuk membuat strategi baru.  Lihatlah setiap peluang yang ada disekitar, seperti penawaran vendor dengan harga menarik, pemberian modal lunak maupun pengembangan bisnis lainnya.

Tips Sukses ala Erick Thohir

Source: Ig/@Erickthohir

Menjabat sebagai seorang menteri BUMN tak membuat Erick Thohir melupakan jejaknya sebagai seorang pengusaha.

Pada berbagai kesempatan, ia selalu menyampaikan berbagai tips dan trik jika ingin memulai suatu usaha.

Manfaatkan Kesempatan yang Ada

Sebagai pemula, pengusaha harus dapat peka terhadap situasi dan kesempatan yang ada. Jangan pernah ragu untuk mencoba sesuatu yang baru, dan mengambil setiap kesempatan yang datang.

Bersikap Ekspertis

Salah satu sikap yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha adalah ekspertis atau berpikir kreatif guna mengembangkan sebuah usaha.

Dunia bisnis terus berkembang secara dinamis, karena itu seorang pengusaha harus berani membuat inovasi baru agar usahanya terus berkembang.

Dari berbagai pengalaman para pengusaha diatas maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa banyak tips dan trik pengusaha yang layak diterapkan oleh para pemula.

Bisnis digital seperti penjualan pulsa, kuota dan voucher berlangganan menjadi tren yang mampu mendatangkan rupiah dan layak untuk dicoba.

Meski dimulai dari bisnis ritel, pemula juga harus mulai membangun relasi serta memanfaatkan kesempatan yang ada.

Mencari vendor serta konsumen yang terpercaya merupakan salah satu cara untuk membangun relasi yang baik.

Bagi para pemula untuk dapat menerapkan berbagai  tips dan trik pengusaha dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Seperti https://99usahaku.telkomsel.com/  yang merupakan satu – satunya marketplace yang mendukung penuh usaha para pelaku UMKM di Indonesia.

Marketplace ini tidak hanya menyediakan produk yang siap untuk dijual kembali, namun juga modal usaha hingga ratusan juta rupiah.

Para pelaku usaha juga dapat memanfaatkan berbagai fasilitas persembahan dari https://99usahaku.telkomsel.com/  guna mengembangkan usahannya.

Tunggu apalagi, yuk bergabung dengan https://99usahaku.telkomsel.com/  dan bikin usaha barumu!

 

Previous articleKurban Sapi Hingga 1 Ton, Ini Momen Seru Idul Adha Artis Di Tahun 2022
Next articleSmash! Hesti dan Erika babat habis Pasangan Raisa Anya di Pertandingan Tepok Bulu