Menjaga Hubungan Pertemanan yang Sempat Terputus

321

Kamu tentunya pernah menjalin hubungan pertemanan yang sangat dekat dengan seseorang, entah itu teman di sekolah, tetangga, teman di tempat les, dan lain-lain. Namun karena satu atau dua hal, kalian harus terpisah dan tidak memungkinkan bertemu dalam waktu yang cukup lama. Di masa depan hanya akan ada dua kemungkinan, tidak bertemu dan bertemu lagi. Meski bertemu kembali, umumnya seseorang akan merasa canggung, benar? Keseharian, aktivitas, dan lingkunganmu dengan mereka sudah jauh berbeda sekarang. Dalam menghadapi hal seperti ini, jangan biarkan situasi tersebut berlangsung lama ya.

Saat kamu tidak sengaja bertemu teman lama, jangan menunggu siapa yang akan menyapa terlebih dahulu! Ambillah inisiatif untuk menyapa dan membuka obrolan. Kamu bisa bertanya tentang kabar, apa yang dilakukannya selama ini, dan hal-hal ringan lainnya. Percayalah, hal seperti ini akan mencairkan suasana yang kaku. Lama-lama, temanmu pun akan mulai merasa bahwa kamu masih mengingatnya dengan baik dan mereka terpancing untuk mengobrol lebih banyak lagi. Jika kamu sempat kehilangan kontak sebelumnya, maka kamu bisa bertukar kontak dan saling mengikuti akun sosial media masing-masing. Bahan obrolan pun biasanya akan semakin banyak saat membahas terakhir kali kalian bertemu dan apa yang membuat hubungan pertemanan sempat terputus tanpa kabar sekalipun.

Obrolan mendasar yang dilakukan sebelumnya bukan berarti kamu ingin mencampuri urusannya, tapi hal itu dilakukan agar kamu mengetahui kondisi dan situasi pada kehidupan temanmu saat ini. Selain dirimu sendiri, tentunya banyak juga hal yang terjadi dan dilalui oleh mereka. Dengan begitu kamu bisa mulai membaca situasi dalam mengambil tindakan. Tidak semua orang memberi respon yang baik. Jika hal ini terjadi, kamu tidak perlu lagi terlalu antusias. Mungkin mereka memang sedang tidak berada pada suasana hati yang baik, sedang menghadapi masalah, ataupun alasan-alasan pribadi lainnya. Meski demikian, janganlah berkecil hati. Setidaknya kamu sudah melakukan yang terbaik dan berusaha memperbaiki situasi.

Berbeda jika respon yang kamu dapatkan jauh lebih baik yaitu temanmu sama atau lebih antusias. Artinya situasi canggung pun sudah berhasil dilalui. Kini kamu bisa mengusulkan untuk mengunjungi atau melakukan aktivitas menyenangkan bersama dan menentukan waktu yang tepat, misalnya di akhir pekan atau kapanpun saatkamu dan temanmu sama-sama memiliki waktu luang. Cobalah dengan hal-hal yang kalian sering lakukan bersama di masa lalu. Atau jika tidak mungkin, kalian bisa merencanakan hal lain yang lebih kekinian untuk dilakukan bersama. Melakukan hal bersama-sama sangat efektif dalam upaya membangun hubungan yang erat bersama orang lain. Saat bersama, kamu dan teman akan melihat dan merasakan hal yang sama sehingga atmosfer yang selama ini terasa sangat jauh berbeda mulai berada pada posisi yang sama. Kalian bisa saling mengomentari penampilan, memberi pendapat untuk apa yang akan dilakukan dan tempat apa yang akan dituju selanjutnya, dan sebagainya.

Membangun hubungan yang sempat renggang atau bahkan sempat terputus memang tidak mudah. Butuh waktu untuk sama-sama menyesuaikan diri dalam kondisi dan situasi yang berbeda. Oleh karena itu jangan terburu-buru dan memaksakan hubungan menjadi akrab kembali dalam waktu singkat. Anggaplah seperti saat kamu mulai berkenalan dengan orang baru di sekolah atau di tempat kerja. Bersikaplah ramah dan sopan. Biarkan keakraban itu kembali melalui proses alami. Kamu tentu tidak ingin tiba-tiba ditanya banyak hal atau diajak ini itu oleh orang yang sudah bertahun-tahun tidak bertemu, kan?

Setelah merasa hubungan kembali akrab, maka selamat! Usahamu telah berhasil. Ke depannya, kamu hanya perlu menjaga komunikasi untuk mempertahankan kehangatan hubungan pertemanan kalian.

[zombify_post]

Previous article5 Daftar Film Biopik paling Epik
Next article5 Anime Isekai yang Mesti Ditonton saat New Normal