Minuman yang dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Ternyata ada beberapa minuman yang menghasilkan manfaat bagi kesehatan otak. Minuman-minuman itu mengandung nootropik, antioksidan hingga probiotik. Nootropik ini adalah kelas senyawa alami atau sintetis yang dapat meningkatkan fungsi otak. Selain suplemen, ada juga minuman yang mengandung senyawa nootropil alami.

Berikut ini 7 minuman yang dapat meningkatkan kesehatan otak, yaitu di antaranya adalah:

Kopi

Kopi termasuk nootropik, suplemen atau obat alami yang memiliki efek menguntungkan pada fungsi otak. Sebagian besar manfaat berasal dari kandungan kafein, meskipun kopi juga mengandung senyawa lain seperti asam klorogenat antioksidan yang mempengaruhi otak. Sebuah ulasan mencatat bahwa kafein dapat meningkatkan fokus, kewaspadaan, waktu reaksi, dan memori dalam dosis 40-300 mg. Hal itu setara degan 0,5-3 cangkir (120-720 ml) kopi. Perlu diketahui bahwa kafein aman pada kadar hingga 400 mg per hari atau sekitar 4 cangkir (945 ml) kopi.

Teh hijau

Teh hijau juga memiliki kandungan kafein, namun kandungannya lebih rendah dari pada kopi. Namun, teh hijau juga menawarkan dua senyawa nootropik yang menjanjikan. Dua senyawa tersebut adalah L-theanine dan epigallocatechin gallete (EGCG). Studi menunjukkan bahwa L-theanine dapat meningkatkan relaksasi.

L-theanine yang dikombinasikan dengan kafein dapat meningkatkan fokus. Sebuah review terhadap 21 penelitian pada manusia menemukan bahwa teh hijau secara keseluruhan dapat mendukung fokus, perhatian, dan memori. Selain itu, EGCG juga dapat masuk melalui sawar darah otak (Blood-brain Barrier). Artinya EGCG ini dapat memberikan efek yang menguntungkan pada otak bahkan dapat memerangi penyakit neurodegenaratif.

Kombucha

Kombucha adalah minuman fermentasi yang biasanya dibuat dari teh hijau atau teh hitam yang ditambah buah atau tumbuhan. Manfaat utama dari minuman ini adalah memasukkan bakteri menguntungkan atau probiotik ke dalam usus. Secara teoritis, kesehatan usus yang lebih baik dapat meningkatkan fungsi otak melalui poros otak-usus, yaitu jalur komunikasi dua arah antara usus dan otak. Namun, masih sedikit penelitian yang mendukung minum Kombucha khusus meningkatkan fungsi otak.

Jus Jeruk

Jus jeruk ini memiliki kandungan vitamin C yang kaya. Dari satu cangkir (240 ml) terkandung 93% dari Daily Value (DV). Menariknya, vitamin ini mungkin menawarkan manfaat pelindung saraf.

Jus Blueberry

Blue berry ini kaya akan senyawa tanaman polifenol yang dapat memberikan manfaat peningkatan otak. Manfaat itu didapat dari antosianin, antioksidan yang memberikan warna ungu kebiruan pada buah tersebut. Akan tetapi, sebuah review studi yang melibatkan hampir 400 orang menemukan hasil yang beragam. Efek positif terkuat terkait memori jangka pendek dan jangka panjang lebih baik.

Kunyit latte

Minuman yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak adalah kunyit latte. Kunyit mengandung antioksidan kurkumin yang dapat meningkatkan produksi faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF) tubuh anda. BDNF yang rendah dikaitkan dengan defisit mental dan gangguan neurologis, jadi peningkatan kadar BDNF dapat meningkatkan fungsi otak.

Kefir

Minuman yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan otak yang terakhir adalah Kefir. Seperti hal nya kombucha, kefir adalah nama minuman fermentasi yang dikemas dengan probiotik. Namun, kefir ini terbuat dari susu fermentasi, bukan teh. Itu dapat membantu fungsi otak dengan mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus anda. Kefir ini bisa dibuat sendiri, maupun dibeli dalam kondisi siap minum.

Itulah ketujuh minuman yang dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak. Rutinlah untuk meminum salah satu minum yang di atas, maka otak anda akan terjaga kesehatannya.