Mitos Hydra : Sang Monster Mitologi Yunani Yang dapat menumbuhkan kepalanya tiap dipotong.

706

Mahluk mitologi merupakan salah satu kisah yang sudah banyak berada dalam pemikiran setiap manusia. Selain diceritakan secara turun – temurun melalui cerita rakyat yang sudah melegenda, terkadang mahluk mitologi juga berasal dari sejarah yang dituliskan pada jaman dahulu.

Tidak hanya di negara berkembang saja, mitos mengenai mahluk mitologi juga berada di negara – negara maju. Seperti kisah Thunder Bird di Amerika Serikat, Yamata No Orochi di Jepang,  dan masih banyak lagi mahluk – mahluk mitologi di berbagai belahan dunia.

Salah satu kisah mitologi yang paling sering diceritakan dan menjadi populer di seluruh dunia adalah mitologi dari Negeri Para Dewa, Yunani. Mulai dari kisah Zeus sang raja para dewa, Hercules sang putra Zeus, hingga kisah Hydra, sang monster berkepala 5.

Hydra diceritakan sebagai mahluk mitologi dari Yunani yang cukup sering diangkat ke layar kaca. ia sering digambarkan sebagai sosok monster buas yang terlihat sperti naga yang memiliki  atau 9 kepala.  Hydra dikenal sebagai salah satu musuh yang harus dikalahkan Hercules dalam misinya melaksanakan 12 tugas dewa.

Salah satu keunikan milik hydra adalah kepalanya yang dapat tumbuh kembali setelah dipotong. Bahkan kepalanya dapat tumbuh menjadi 2.  Seperti yang ditunjukan pada film Percy Jackson & the Olympians: The Lightning Thief. 

ketika adegan Percy sang putra dari dewa laut, Poseidon, mencoba untuk memotong kepala Hydra untuk mendapatkan kelereng yang berfungsi sebagai alat teleportasi untuk menuju dunia bawah milik Hades, sang dewa kematian.

Disaat ia memotong kepala si naga Hydra, kepala monster ini malah tumbuh kembali menjadi 10 kepala.

Hydra sebenarnya memiliki nama lain, yaitu Hydra Lerna.hal ini berdasarkan asal usul tempat tinggal dari Hydra. 

Konon, meurut legenda Yunani kuno, Hydra merupakan monster yan tinggal di area rawa – rawa yang ada di danau Lerna. Danau ini berada di wilayah Argolid.

Dipercaya bahwa Hydra merupakan monster yang menjadi penjaga pintu masuk menuju dunia bawah atau dunia kematian dan permukaan.

Selain terkenal sebagai hewan yang sangat ganas dan brutal, ia juga dipercaya memiliki racun yang sangat mematikan dari nafasnya setiap ia melangkah. Saking berbahayanya, semua tumbuhan akan layu jika dilewati oleh Hydra.

Bahkan menurut mitologi Yunani dan Romawi kuno, ketika Hydra keluar dari gua tempatnya tinggal, seluruh masyarakat di desa yang ada disekitarnya akan merasakan teror yang sangat  menakutkan.

Jika merujuk pada kisah-kisah mitologi, konon Hydra dikalahkan oleh Hercules atau Herakles yang dikenal menurut mitologi Romawi kuno. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, membunuh Hydra merupakan salah satu tugas yang wajib dilakukan oleh Hercules untuk melakukan penebusan dosa dari 12 tugasnya.

Akan tetapi, legenda menyebutkan bahwa Hercules tidak melakukan tugas ini sendirian untuk membunuh Hydra. Pasalnya ia tidak mampu melawan kemampuan Hydra yang dapat menumbuhkan kepalanya menjadi 2 setiap kali dipotong. 

Dikisahkan bahwa Hercules menerima bantuan dari saudara – saudaranya untuk mengalahkan sang monster ini.

Hingga kini, legenda mengenai Naga berkepala 5 ini sangat populer di seluruh dunia. Bahkan, banyak kisah-kisah mitologi yang diangkat ke layar lebar dan menceritakan kisah ini. Misalnya pada film Hercules, Percy Jackson serta di game-game terkenal seperti game God Of War.

Bahkan, banyak yang menyebutkan bahwa legenda ular berkepala 8 di Jepang atau Yamata No Orochi merupakan penggambaran sosok Hydra di Asia.

[zombify_post]

Previous articleNggak Perlu ke Salon, Cara Bleaching ini aman lho!
Next articleSangat Absurd! Inilah 5 Hal Aneh Pernah Dilakukan Para Filsuf Terkenal Dunia ​