Mudah Jatuh Cinta karena Kecerdasan, Inilah Tanda Sapioseksual!

Kebanyakan orang akan kagum pada seseorang karena visualnya atau kepribadiannya. Sementara itu, kecerdasan juga kadang dianggap sebagai sesuatu yang membaut orang lain tampak makin menarik. Namun, berbeda dengan beberapa orang dengan sapioseksual. Sapioseksual melihat kecerdasan sebagai hal yang paling penting sebelum menjalani hubungan, mereka pun akan tertarik secara seksual pada orang yang cerdas. Bahkan, kecerdasan ini dianggap sebagai keharusan. Walaupun begitu, sebenarnya sapioseksual bukanlah kecenderungan seksual yang bernilai negatif.

Berikut ini merupakan tanda-tanda seorang sapioseksual, yaitu:

Lebih tertarik pada kecerdasan orang lain dari pada penampilan ataupun kepribadian

Seorang sapioseksual akan lebih tertarik berdasarkan kecerdasan orang lain, dari pada tertarik pada penampilan fisik. Jadi sapioseksual mungkin akan lebih tertarik untuk mendiskusikan buku atau politik dengan seseorang pada saat masa perkenalan dari pada hal-hal yang sifatnya romantis seperti kebanyakan orang. Dalam mencari pasangan pun, seorang sapioseksual lebih berfokus pada karier atau tujuan akademis dari pada mencari seseorang dengan fisik yang menerak atau kepribadian yang menarik.

Suka dengan perdebatan

Jika seseorang menantang kamu  untuk berdebat, kemudian kamu merasakan bahwa kamu jadi sangat tertarik pada orang tersebut pada tingkat yang lebih dalam. Dari sana kamu akan menemukan rekan yang selalu memperluas wawasanmu, dan tidak segan untuk menggunakan pengetahuannya untuk mengujimu. Kamu juga tidak akan menganggap orang seperti ini sebagai orang keras kepala atau sok pintar. Justru jamu akan mengagumi semangat dan percakaapnnya yang terdengar cerdas. Jika kamu merasakan hal itu, mungkin bisa jadi kamu adalah seorang sapioseksual

Membenci obrolan ringan

Sapioseksual merasa tidak nyaman ketika lawan berbicara tidak dapat melakukan percakapan yang mendalam denganmu. Baginya, obrolan ringan adalah sesuatu yang membosankan, sehingga sapioseksual  lebih baik diam saja daripada harus menjawab celotehan orang lain. Sebaliknya, sapioseksual akan mengagumi lawan bicara yang menggunakan kecerdasan untuk meneruskan percakapan, memberikan opini, atau membuka percakapan dengan tema yang berat.

 Membenci tindakan yang bodoh dan brutal

Sapioseksual akan malas jika harus berhadapan dengan orang-orang yang menunjukkan sikap berlebihan hanya untuk menegaskan diri. Sapioseksual juga tidak memiliki toleransi terhadap orang yang mudah menjadi emosional, atau cemas karena terbawa suasa. Sebaliknya sapioseksual akan merasa tertarik dan kagum ketika bertemu dengan seseorang yang dapat menghadapi situasi sulit dengan ketenangan dan kecerdasan. Dia juga akan sangat mengagumi mereka yang dapat merasionalisasi perasaan mereka dan tidak mudah lepas kendali atau meledak-ledak setiap menghadapi suatu masalah.

Pendengar yang baik

Seorang sapioseksual merupakan pendengar yang baik. Dia bisa menikmati ketika orang lain bisa mengajarinya banyak hal. Hal ini dapat mengasah keterampilanmu dalam mendengarkan. Kamu menjadi kagum ketika seseorang fokus dan terus berusaha mempelajari sesuatu yang dianggap menarik. Melihat seseorang yang begitu bersemangat dalam mengejar pengetahuan membuat perasaan dipenuhi dengan kekaguman. Karenanya sapioseksual tidak memiliki masalah jika harus duduk diam dan mendengarkan orang tersebut berbicara selama berjam-jam.

Itulah merupakan ebberapa tanda-tanda sapioseksual. Walaupun terkadang dianggap sebagai orientasi seksual, namun sebagian ahli menganggap bahwa sapioseksual sebenarnya hanyalah preferensi seseorang dalam mencari pasangan.