Nazar Sebelum Nikah, Pria Sukabumi Ini Nekat Keliling Indonesia

Dengan alasanya niatnya ingin menunaikan nazar sebelum dirinya menikah, seorang pemuda asal Sukabumi nekat menjelajahi Indonesia hanya dengan membawa perbekalan yang sangat pas-pasan.

Ya,pria satu ini bermaksud ingin mendatangi sejumlah lokasi wisata di daerah-daerah yang nantinya ia singgahi selama berkeliling Indonesia.

Total sudah tiga minggu lebih, pria yang memiliki nama asli Firdan Abdullah tersebut melakukan perjalanan yang rutenya setelah Semarang langsung ke Solo, dan saat ini menyinggahi daerah Banyuwangi, Jawa Timur.

Sejumlah lokasi wisata pun berhasil diabadikan oleh Firman Abdullah yang kemudian unggah di akun Instagram pribadinya yakni @firdanabdullah. Bukan cuma itu, Firman Abdullah juga menyempatkan untuk mengunggah konten video perjalananya di kanal Youtube-nya yang bernama Firdan Abdullah.

“Saya hanya punya bekal Rp 200 ribu. Awalnya mau sendirian saja, namun kebetulan ada teman kuliah dulu mau ikut, akhirnya saya berdua. Total bawa bekal Rp 3,5 juta.” ungkap Firman Abdullah.

“Dan ini memang niat saya sebelum nikah, maunya bisa keliling Indonesia. Targetnya sih bisa selesai selama satu setengah tahun,” pungkas Firdan.

Firdan Abdullan yang diketahui merupakan mahasiswa jebolan fakultas Teknik Informatika di Universitas Muhammadiyah, Sukabumi dalam melakukan perjalanannya sama sekali tidak mau merepotkan orang lain.

Firdan memilih menggunakan aplikasi khusus backpacker dan mencari tempat bermalam. Selain itu, Firman juga mengandalkan kemampuan fotografinya untuk ia tawarkan kepada pengunjung objek wisata yang ia kunjungi selama perjalanan untuk mendapatkan cuan.

“Kadang kan ada ya nekat traveling tapi jadinya malah bikin susah orang lain. Sebisa mungkin saya ingin menghindari hal seperti itu. Meskipun kanal YouTube juga monetisasi belum seberapa, tapi saya kadang nawarin ke pengunjung berfoto. Bahkan sempat kepikiran juga buat ngamen atau bagaimana yang penting nggak nyusahin orang,” jelas Firdan.

“Tapi untuk akses bisa masuk ke tempat wisata, kalau memang nggak ada yang ngajakin, seperti orang lokal kemarin kan ada temen-temen kayak di Solo mereka yang ngajakin. Kalau nggak ada yang ngajakin mah, ya udah jangan maksain, kita singgah di kota-kota saja atau kalau perlu ya rogoh uang sendiri,” pungkas Firdan lagi.

Dari hasil perjalananya selama beberapa minggu, Firdan mengaku sudah mendatangi beberapa tempat wisata yang indah di lokasi yang ia singgahi. Dan kesemua destinasi wisata tersebut tidak ada yang luput dari jepretannya. Tak lupa, Firdan juga menceritakan bagaimana keramahan penduduk selama ia tinggal sementara di kota mereka.

“Indonesia memang ramah senyum, ramah penduduknya. Selama pandemi virus COVID-19 saya tidak lepas juga dari protokol kesehatan,” imbuh Firdan.

Rencananya, selepas bertualang di sepanjang Jawa Timur, Firdan bakal melanjutkan perjalanannya menuju ke Pulau Dewata Bali, kemudian mengarah Lombok.

Adapun untuk bisa menjangkau daerah-daerah selanjutnya, Firdan dan temannya berencana bakal mengandalkan transportasi dengan ala-ala gaya nebeng.

Firdan pun berharap, selama dirinya berkeliling Indonesia, channel YouTubenya sudah bisa menghasilkan banyak cuan agar dirinya bisa terus mendapatkan cuan untuk terus berkeliling negeri tercinta.

“YouTube jalan aja gitu, ada video baru kita unggah. Ya mudah-mudahan hasil monetisasi nanti bisa buat tambahan bekal selama dalam perjalanan nanti. Minggu depan mau ke Bali, baru lanjut ke Lombok, nah sepertinya kalau sudah di Lombok bakalan lebih susah karena nggak ada teman atau kenalan seperti di Jawa. Makanya saya mungkin akan mencoba lebih banyak nebeng,” tandas Firdan.