Nggak Perlu ke Salon, Cara Bleaching ini aman lho!

371

Tren mode saat ini, tak jarang setiap wanita berusaha untuk mewarnai rambutnya. Mereka selalu membuat jadwal wajib untuk pergi salon demi merawat mahkotanya. Tetapi, tidak semua wanita memiliki waktu untuk pergi ke salon. Untuk itu, sekarang banyak produk-produk perawatan rambut untuk mempermudah para wanita yang ingin merawat rambutnya sendiri di rumah tanpa harus ke salon. Salah satu produk perawatan rambut yang beredar adalah produk cat rambut. 

Namun tidak semudah itu untuk melakukan pengecatan rambut sendiri, sebelum di cat ada baiknya jika kalian melakukan bleaching terlebih dahulu. Bleaching? Apa itu bleaching? Dan bagaimana caranya bleaching? Haruskah ke salon dulu atau bisa juga dilakukan di rumah?. 

Baiklah kali ini kami akan berbagi tips cara bleaching sendiri di rumah dengan aman agar rambut kalian tidak rusak. Sebelum masuk ke tipsnya, akan lebih baik jika kamu mengetahui dulu tentang bleaching. Bleaching merupakan langkah utama sebelum melakukan proses pengecatan rambut. Bleaching dilakukan untuk melunturkan pigmen hitam atau pigmen asli pada rambut, agar bisa diisi dengan warna yang lainnya, seperti ungu, biru, hijau, dsb. Berikut adalah langkah aman untuk melakukan bleaching sendiri di rumah dengan aman :

1. Kondisi kesehatan rambut.

Ini adalah hal yang paling penting kamu harus memastikan kondisi rambutmu sebelum melakukan bleaching. Patikn terlebih dahulu bahwa rambutmu dalam kondisi sehat, karena pada dasarnya obat bleaching termasuk obat keras dan bisa merusak rambut kamu, bahkan secara permanen.Kondisi sehat disini yang dimaksud adalah rambutmu tidak akan mengalami kondisi kering setelah diwarnai atau dilakukan dikeriting, ataupun smoothing.

2. Gunakan Conditioner 2 Jam Sebelum Bleaching.

Ini adalah salah sat trik untuk tetap menjaga rambutmu tetap lembab saat terkena obat bleaching. Gunakan conditioner secara merata dan diamkan selama 2 jam, lalu bilas dengan bersih.

3. Menyiapkan Peralatan.

Siapkan peralatan yang kamu butuhkan untuk bleaching seperti satu set obat bleaching, jepit rambut, haircomb, sisir, aluminium foil, dan sarung tangan.

4. Meracik Krim Bleaching.

Setelah kamu menyiapkan perelatan, saatnya untuk meracik krim bleaching. Campurkanlah bubuk bleaching dan krim developer hingga merata. Biasanya di setiap produk bleaching terdapat panduan yang tertulis di kotaknya yang bisa kamu ikuti.

5. Gunakan pada Area Rambut yang ingin dibleaching.

Gunakanlah bleaching pada area rambut yang kamu inginkan, jika di rumah lebih baik meminta bantuan orang tua atau saudara untuk melakukan bleaching. Hal itu bertujuan agar hasilnya bisa lebih maksimal. Ingat untuk lebih aman saat bleaching, gunakanlah sarung tangan. Jika kamu ingin melakukan highlight pada rambut, kamu bisa menggunakan aluminium foil untuk membungkus rambut yang sedang di bleaching. 

6. Diamkan Sejenak.

Setelah selesai mengaplikasikan krim bleaching, kamu harus mendiamkannya sejenak. Jika kamu menginginkan warna yang sedikit cerah, kamu cukup mendiamkannya selama 15 menit, tetapi jika kamu ingin mendapatkan warna lebih pucat kamu bisa mendiamkannya selama 45 menit. Gunakan bantuan pengatur waktu, agar kamu tidak ketiduran. Karena jika kamu sampai ketiduran bisa mengakibatkan kerusakan pada rambutmu, sebab terlalu lama didiamkan.

7. Keramas dengan Conditioner.

Setelah selesai, kamu bisa langsung keramas dnegan menggunakan condisioner.

8. Warnai Rambut.

Setelah selesai keramas, kamu bisa langsung melakukan pengecatan rambut sesuai yang kamu inginkan. Setelah itu, segera bilas rambut dengan air hangat yang diikuti dengan air dingin untuk menutup kutikula rambut yang terbuka. 

Disarankan bagi kamu, jika tidak percaya diri untuk melakukan bleaching sendiri di rumah, kamu bisa meminta bantuan teman atau saudara yang sudah bisa melakukan bleaching. Jangan mengambil resiko, jika tidak ingin mahkotamu rusak. Sayangi rambutmu !

[zombify_post]

Previous articleManfaat Dan Efek Samping Jamu Pelancar Menstruasi, Plus 7 Pilihan Jamu Alami Yang Aman Untuk Dikonsumsi
Next articleMitos Hydra : Sang Monster Mitologi Yunani Yang dapat menumbuhkan kepalanya tiap dipotong.