Olahan Daging Yang Wajib Dicoba Menjelang Idul Adha

66

Menjelang idul Adha, seringkali banyak orang yang berqurban dan membagikan daging hasil qurbannya kepada orang-orang yang memang layak untuk mendapatkannya. Pada hari itu juga, setiap orang mungkin memiliki stock daging di rumahnya sebagai bahan makanan yang akan diolah untuk menjadi berbagai jenis makanan yang lezat dan nikmat.

Terkadang para ibu rumah tangga seringkali bingung dalam mengolah bahan makanan berbahan dasar daging tersebut. Disamping pengolahannya yang ribet juga aroma bau nya yang mungkin seringkali membuat para ibu enggan untuk mengolahnya. Sehingga daging yang sering dibagikan oleh para tetangga yang berqurban seringkali tidak terolah dan hanya tersimpan di lemari es saja.

Seiring dengan berkembangnya waktu, sudah banyak berbagai macam olahan daging yang memang sudah terkenal di kalangan masyarakat pecinta kuliner. Namun juga tidak terlepas dari bumbu rempah-rempah khas nusantara  yang membuat setiap olahan masakan terasa mewah dan lezat. Salah satu contohnya untuk olahan sate daging, dimana disetiap pembuatannya tidak terlepas dari bumbu rempah-rempah khas nusantara didalamnya yang menajdikannya terkenal hingga ke manca nagera.

Berbicara olahan daging yang sering kita jumpai menjelang Idul Adha, seringkali kita menjumpai berbagai aneka sayur daging dan sate dalam setiap olahannya. Yang mungkin di setiap daerah itu berbeda-beda dalam pengolahannya namun tentunya tetap  memakai bumbu rempah-rempah khas nusantara yang menjadikan rasanya tiada duanya dan bisa mengalahkan masakan hotel bintang lima sekalipun.

Berikut kita ulas sedikit beberapa olahan daging yang mungkin wajib dicoaba ketika menjelang Idul Adha dan mungkin bisa menjadi rekomendasi menu makanan setiap hari dengan berbahan dasar daging.

Olahan Daging Sate

Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan makanan nusantara ini. Makanan yang bahan utamanya daging ini sudah menjadi menu makanan yang sudah biasa dibuat dan disantap oleh para pecinta kuliner. Ya, itulah sate, makanan yang berbahan dasar daging yang penyajiannya dilakukan dengan cara ditusuk oleh kayu yang dipotong pendek-pendek.

Menjelang Idul Adha, biasanya olahan makanan satu ini menjadi pilihan menu santapan keluarga. Dimana pada hari Idul Adha biasanya sering dibagikan daging qurban yang dibagikan oleh tetangga yang berqurban dan pada hari itu pula kumpulan asap biasanya sering terlihat dari beberapa rumah menanadakan bahwa pada hari raya Idul Adha orang-orang sering mengolah daging yang diterimanya pada waktu itu dengan cara dibuat sate.

Tentunya di tiap daerah memiliki nama dan cara yang berbeda-beda dalam pengolahan daging untuk diolah menjadi sate. Diantara nama-nama olahan sate yang terdapat di nusantara adalah sate Madura, sate padang, sate ponorogo, sate maranggi dan masih banyak lagi. Namun diantara sekian banyak olahan sate yang ada, sate maranggi yang paling terkenal dan banyak diminati oleh para pecinta kuliner. 

Sate maranggi ini adalah sate khas Sunda yang pada awalnya berasal dari kota Purwakarta, Cianjur, dan Bandung. Bahan utama dari olahan sate ini adalah daging ayam, sapi, dan kambing dan bumbu khas utamanya yang kaya akan rempah-rempah. Biasanya sate maranggi ini dibuat dengan bumbu khusus yaitu bumbu yang terbuat dari pucuk bunga kecombrang dan tepung ketan. Dimana dengan kecombrang tersebut membuat sate maranggi  memberikan aroma dan rasa yang seperti mentol.

Sate maranggi ini biasanya dihidangkan bersama ketan atau nasi putih. Ketika hari raya idul Adha tiba, orang-orang biasa menyajikan sate maranggi ini bersama ketupat dan bumbu-bumbunya yang khas lebaran Idul Adha. Sungguh hidangan yang menggiurkan bukan.

Olahan Sop Berbahan Dasar Daging

Tentunya mendengar kata sop kita pasti langsung tertuju pada olahan sayur sop yang bahan utamanya berbagai jenis sayuran. Kali ini, dengan menggunakan bahan dasar daging pun kita bisa membuat menu makanan sop ini. Menjelang Idul Adha, biasanya sering kita temukan berbagai jenis olahan sop daging dengna cita rasa dan cara pembuatan yang berbeda-beda di tiap daerah.

Salah satu yang sangat familiar di kalangan pecinta kuliner adalah sop semur daging. Menu makanan satu ini menjadi favorit dikala hari raya tiba, dan tentunya menjadi olahan utama ketika Idul Adha. Ciri khas menu kanana satu ini adalah rempah-rempahnya yang sangat banyak dan menjadikan rasanya juga mewah dan nikmat.

Diantara menu-menu makanan berbahan dasar dagingyang barusan diulas, menu mana yang akan menjadi pilihan kalian ketika Idul Adha tiba?

[zombify_post]

Previous articleNew Normal, Tetap Menjadi Kaum Perebahan Atau Menjadi Kaum Perubahan?
Next articleRespon Masyarakat Dalam Menyambut Dibukanya Kembali Car Free Day Disaat New Normal