Pentingnya Miliki Kemampuan Public Speaking

445

Public speaking merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki setiap orang. Bagaimanapun lingkungan sosialnya sehari-hari atau apapun profesinya. kemampuan ini tidak bisa diremehkan. Contohnya saja seorang programmer. Dalam pekerjaannya, orang dengan profesi tersebut memang tidak dituntut untuk berinteraksi dengan orang lain. Akan tetapi mereka tetap perlu memiliki keberanian dan kemampuan untuk berbicara dalam hal menjelaskan hal-hal detail yang berkaitan dengan kemampuan mereka, program/sistem komputer yang akan dibuat, dan sebagainya.

Kemampuan public speaking yang baik adalah kunci utama terjadinya komunikasi yang baik pula antara satu pihak dengan pihak yang lain. Sebagaimana kita tahu bahwa bahkan dengan adanya interaksi verbal antar pihak, kesalahpahaman yang memicu suasana atau hubungan memburuk masih bisa terjadi. Bagaimana jadinya jika tidak ada komunikasi sama sekali? Pada dasarnya, kita sebagai manusia sudah ditakdirkan menjadi makhluk sosial yang saling membutuhkan di mana komunikasi bisa diumpakan sebagai tali penghubung. Dalam praktiknya sendiri, kamu bukan hanya dituntut untuk bisa berbicara di depan orang lain. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti penggunaan bahasa dan etika.

Berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan dengan memiliki kemampuan ini yaitu yang pertama, memudahkan kamu memahami materi saat mengikuti pelajaran di kelas atau suatu forum. Dalam proses pemahaman yang dibantu oleh tutor, tentunya interaksi diperlukan agar kamu bisa lebih paham dengan apa yang kamu lihat dan dengar. Namun rasa percaya diri untuk mengangkat tangan dan mengajukan pertanyaan saja tidak cukup. Kamu harus bisa juga merangkai kata agar orang lain memahami apa yang kamu pertanyakan dan kurang pahami. Begitu juga sebaliknya saat kamu berada di posisi sebagai seorang pelatih yang harus memberikan materi. Penggunaan bahasa sangat menentukan apakah maksud dari ucapanmu bisa tersampaikan dengan baik atau tidak. Itu sebabnya dalam ilmu komunikasi, kamu harus mengetahui dari kategori usia atau sosial mana pendengar atau lawan bicaramu berasal.

Kamu akan sangat merasakan manfaat kemampuan public speaking saat sudah menginjak masa mencari kerja. Setiap kandidat dalam proses perekrutan akan selalu dihadapkan pada dua tahap yaitu tes dan interview atau wawancara. Mungkin tidak semua perusahaan melaksanakan tes tertulis, namun tidak ada perusahaan yang tidak melakukan tes wawancara. Pada tahap ini, kamu akan dihadapkan dengan berbagai pertanyaan mulai dari yang paling mendasar seperti data diri hingga hal-hal mendetail mengenai pengalaman kerja dan pandanganmu jika berada di situasi-situasi tertentu yang pada akhirnya akan mempengaruhi penilaian personalia terhadap sifat dan karakter dirimu sendiri. Banyak orang bahkan menganggap bahwa tes wawancara lebih penting daripada tes tertulis. Hal ini dikarenakan tes tertulis hanya menunjukkan nilai kemampuan berpikir, sedangkan dalam dunia kerja kebanyakan perusahaan lebih mengutamakan etika yang baik dari karyawan yang bisa dinilai lebih objektif melalui proses wawancara. Oleh karena itu, kamu perlu memperbaiki atau meningkatkan cara berkomunikasi setidaknya untuk mempersiapkan diri saat menghadapi wawancara kerja.

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, dengan meningkatkan kemampuan public speaking, kamu juga secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan diri yang lain seperti kepercayaan diri, selalu ingin belajar hal-hal baru, dan berempati. Menjalin komunikasi yang baik juga bisa membuatmu memiliki banyak teman dan relasi yang bukan hanya mendukung kehidupan sosialmu, namun juga akan sangat berguna bagi karier maupun usahamu. Ingat! Orang-orang disekitarmu bisa menjadi penghubung menuju pekerjaan impian maupun kesuksesan dalam menyebarluaskan baiknya kualitas dari produk atau jasa dari usaha yang kamu bangun.

[zombify_post]

Previous articleKebiasaan Mudah Lapar Padahal Sudah Makan Banyak, Salah Satunya di Sebabkan Olahraga !
Next article5 Daftar Film Biopik paling Epik