Penyakit Langka yang Aneh dan Mematikan di Dunia

482

Didunia ini terdapat 1 dari 20 orang yang hidup dengan penyakit langka. Disebut sebagai penyakit langka karena hanya mempengaruhi sejumlah kecil populasi saja. Penyakit tersebut rendah dalam prevalensi dan berbeda dari orang ke orangnya. Diperkirakan bahwa 80% dari gangguan ini berasal dari genetik, dan 75% lainnya memiliki gejala neurologis.

Penyakit langka ini dianggap mematikan bagi yang mengalaminya. Karena orang dengan kondisi langka akan berebda dengan kebanyakan orang, tanpa dukungan dari lingkungan disekitarnya, maka akan banyak peluang yang ia tinggalkan. Berikut ini merupakan beberapa jenis penyakit langka yang ada di dunia.

Exploding head Syndrome

Penyakit langka yang pertama adalah Exploding Head Syndrome. Penyakit ini sepertini scenario dalam film horror, namun sebenarnya ini merupakan kondisi medis serius yang mempengaruhi ribuan orang diseluruh dunia. gejala penyakit ini adalah tidur yang terganggu kilatan cahaya terang, sesak nafas, peningkatan denyut jantung, disertai suara yang terdengar seperti sebuah bom yang meledak, atau suara yang sangat keras dalam kepala seseorang ketika mencoba untuk tidur. Tidak ada gejala sakit, bengkak atau masalah fisik lainnya.

Ketika otak pergi tidur, otak akan ‘mati’ secara bertahap, mulai dari aspek motoric, pendengaran, dan saraf, yang disusul dengan visual. Sayangnya, obat yang tersedia saat ini hanya mampu untuk mengecilkan volume ledakan tersebut tapi tidak benar-benar mengehntikan suaranya.

Progeria

Penyakit langka selanjutnya adalah Progeria. Hal ini merupakan penyakit yang menyebabkan anak-anak mengalami penuaan. Progeria dapat menyebabkan anak-anak akan memiliki penampilan fisik yang sudah tampak seperti lansia berumur 80 tahun meskupun usia sebenarnya belum menginjak dua tahun. Mereka akan memiliki mata menonjol, hidung tipis dengan ujung berparuh, bibir tipis, dagu kecil, dan telinga mencuat.

Perogeria disebabkan oleh kecacatan genetic. Meskipun secara mental mereka memang benar amsih di bawah umur, fisik anak pengidap progeria secara fisik akan bertambah tua layaknya orang-orang lanjut usia.

Stone Man’s Disease

Penyakit langka yang ketiga adalah Stone Man’s Disease. Secara medis dikenal sebagai Fibrodysplasia ossificans Progressiva (FOP). Penyakit inia dalah salah satu kondisi genetic yan paling langka, paling menyakitkan, dan paling melumpuhkan. Stone Man’s Disease  menyebabkan munculnya pertumbuhan tulang baru menggantikan otot, tendon, ligamen, dan jeringan ikat lainnya yang seharusnya tidak tumbuh tulang. Penyakit ini muncul disebabkan oleh mutasi genetic pada sistem imun tubuh untuk memperbaiki cedera.

Xeroderma Pigmentosum

Penyakit langka selanjutnya adalah Xeroderma Pigmentosum. Penyakit ini menyebabkan seseorang sangat sensitive terhadap sinar UV. Mereka harus benar-benar terlindungi dari sinar matahari, atau akan mengalami sunburn ekstrem dan kerusakan kulit parah. Gejala pertama kali muncul pada anak usia dini, ditandai dengan kulit melepuh terbakar parah setelah hanya beberapa menit terkena paparan sinar matahari.

Hampir setengah dari semua anak yang memiliki XP akan terrserang kanker kulit jenis tertentu pada usia 10 tahun. Diperkirakan bahwa satu dari 250.000 orang di Eropa dan Amerika Serikat memiliki XP

Alien hand

Sindrom tangan alien ini adalah penyakit aneh yang membuat tubuh sama sekali tidak bisa mengendalikan gerak-gerik tangannya sendiri. seolah kedua tangannya memiliki nyawa dan jalan pikiran yang terpisah dari tubuh induknya. Para peneliti percaya bahwa ini merupakan efek samping dari operasi otak atau pemisahan fungsi area lobus otak.

Mereka menemukan bahwa otak kiti dan kanan pengidapnya mampu bergerak sendiri-sendiri ata kemauan independen. Kadang, sindrom ini bisa timbul sebagai efek samping yang jarang terjadi akibat cedera otak.

Previous articleKamu Punya Trauma? Inilah Cara Mengatasi Trauma Psikis
Next article6 MV Kpop Idol yang Tembus 1 Miliar Views