Pertama Kali ke Luar Negeri? Yuk Persiapkan Diri!

Bagi sebagian orang, melakukan perjalanan ke luar negeri adalah sebuah impian meski ada juga orang-orang yang justru melakukannya sudah seperti kebiasaan karena urusan bisnis atau bahkan sekadar berlibur. Jika kamu setidaknya pernah sekali melakukannya, tentu kamu sudah memiliki membayangan tentang apa saja sekiranya yang harus dipersiapkan dan dibawa. Tapi jika tidak, tentunya kamu sedikit khawatir, kan? Karena hal itu juga kamu jadi membawa banyak barang yang sebenarnya tidak diperlukan dan hanya memenuhi barang bawaanmu sendiri. Oleh sebab itu, sebelum hari keberangkatan tiba, maka kamu harus mempersiapkannya dengan matang dan terencana.

Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Akan Pergi ke Luar Negeri

Tinggal di negara sendiri saja kamu harus memiliki kartu tanda pengenal alias KTP, maka jika kamu pergi ke luar negeri pun kamu harus memiliki paspor. Benda yang satu ini sangatlah penting karena berfungsi sebagai identitas dirimu di sana. Jika sampai hilang, akan sulit untukmu kembali ke tanah air. Jadi pastikan kamu melakukan fotokopi sebanyak 2-5 lembar ya untuk berjaga-jaga jika sampai kejadian tak mengenakan itu terjadi. Selain itu kamu juga bisa memotretnya untuk disimpan secara digital. Selain paspor, ada juga visa yang berfungsi sebagai dokumen perizinan yang menyatakan bahwa kamu diperbolehkan mengunjungi negara tersebut. Meski ada juga negara bebas visa, namun umumnya setiap negara memberlakukan aturan yang sama.

Setiap negara punya aturan, budaya, dan ciri yang terkadang sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan negara kita sendiri. Oleh karena itu kamu bisa memanfaatkan jaringan internet untuk mencari tahu lebih dulu mengenai negara yang hendak dikunjungi. Mulai dari musim yang sedang terjadi di sana, bagaimana cara menggunakan transportasi, dan lain-lain sehingga kamu bisa menyesuaikan barang bawaanmu dan tidak akan merasa kikuk jika dihadapkan oleh hal-hal yang masih asing di sana.

Setelah itu kamu juga harus memesan tiket pesawat dan hotel. Hal ini agar saat pergi, kamu sudah tidak perlu repot melakukannya secara mendadak karena semuanya sudah siap dan kamu nantinya hanya tinggal melakukan registrasi ulang. Usahakan juga kamu membeli tiket pesawat pulang pergi.

Lalu buku kecil atau kalkulator juga dibutuhkan saat kamu terpaksa harus berkomunikasi dengan warga lokal, terutama saat hendak membeli sesuatu. Meski kamu mahir berbahasa inggris, tapi tidak semua orang bisa berbahasa inggris seperti saat kamu mengunjungi China, Thailand, Korea, Turki, dan Perancis.

Dan dalam hal komunikasi, tentunya ponsel sangat penting, kan? Oleh sebab itu kamu harus menyiapkan sim card yang bisa digunakan secara lokal di sana maupun internasional. Selain biayanya murah, kamu juga bisa memastikan bahwa kamu selalu bisa dihubungi oleh orang lain sebagai tindakan antisipasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Kemudian untuk menjaga kesehatan, kamu juga harus mencari tahu apakah perjalananmu ke suatu negara itu beresiko membuatmu terserang penyakit atau tidak. Seperti halnya perjalanan ke Arab Saudi di mana setiap orang harus diberi vaksin untuk mencegah seseorang dari paparan virus meningokus. Virus ini juga biasa dikenal dengan penyakit meningitis atau radang selaput otak. Sedangkan untuk obat-obatan dasar yang harus dibawa terdiri dari obat demam, diare, dan alergi jika dibutuhkan serta suplemen tambahan seperti vitamin C. Adanya perbedaan suhu dan cuaca kemungkinan besar membuat tubuhmu akan mudah lelah dan sakit.

Jangan lupa juga untuk menukarkan rupiah dengan mata uang negara tujuan. Untuk hal ini sebaiknya kamu melakukannya di dalam negeri karena jika mendadak menukarkannya di sana, selain merepotkan karena harus menemukan tempat penukaran uang, biasanya harga kurs juga akan turun sehingga kamu lebih rugi.

Dan yang terakhir yaitu susun rencana perjalanan dan aktivitas yang akan kamu lakukan selama di sana. Meski tidak secara detail, setidaknya kamu memastikan hal-hal penting apa saja yang harus kamu jadikan prioritas.

 Itulah beberapa hal penting yang perlu kamu persiapkan sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri. Gimana? Udah gak khawatir lagi dong?