Pinjam Uang ke 40 Pinjaman Online, Orang Ini Terlilit Hutang

3162
Terlilit Hutang Pinjaman Online
Photo By: duitologi.com

Apakah kamu pernah terpikirkan untuk meminjam uang dari puluhan layanan pinjaman online sekaligus? Jika iya, mungkin kamu harus belajar dari kisah orang ini. Dilansir dari CNBC Indonesia, ada seseorang yang meminjam uang dari 40 Fintech sekaligus. Parahnya lagi, dia melakukan itu dalam kurun waktu satu minggu saja.

“Bahkan kami menemukan beberapa kasus seorang konsumen meminjam lebih dari 40 fintech dalam satu minggu,” kata Anggota Dewan Komisioner Bidang Perlindungan Konsumen OJK, Tirta Segara di Channel Youtube Infobank TV, Selasa (20/4/2021).

Cerita ini bermula ketika ada seseorang yang melakukan pengaduan dan meminta bantuan pada OJK. Pasalnya dia merasa dirugikan dan tak mampu membayar cicilan pinjamannya.

Hal ini harus menjadi pelajaran bagi masyarakat. Jika ingin meminjam uang dari layanan Pinjaman Online maka harus tahu resiko serta mempertimbangkan kemampuan membayar agar tidak terlilit hutang.

Tirta juga mengatakannya jika pihaknya mencurigai ada sejumlah masyarakat yang memanfaatkan layanan Pinjaman Online dengan tidak bijak.

“Jadi kami menyimpulkan bahwa ada perilaku masyarakat yang kurang bijak dalam meminjam di pinjaman online. Mereka meminjam di luar batas kemampuan mereka”, tutur Tirta.

Aktivitas pinjam meminjam di pinjaman online ini memang hal yang mudah. Syarat yang ringat dan dilakukan dengan sentuh saja sudah bisa meminjam uang. Tapi, hal ini bisa menjadi boomerang jika dilakukan di luar batas kemampuan.

Para peminjam bisa saja terlilit hutang dan tidak mampu mengembalikan pinjaman. Hingga pada akhirnya mereka harus berurusan dengan debt collector.

Perlu dicatat juga, bunga di layanan pinjaman online tidak sedikit. Yaitu, ditetapkan OJK maksimal 0,8%. Jadi jika dikalikan 30 hari maka bisa mencapai 24% perbulannya.

Padahal jumlah itu sama dengan yang ditetapkan perbankan untuk bunga kredit dengan jangka waktu lebih panjang. Peminjam akan mendapatkan bunga 24% pertahunya dengan syarat yang banyak untuk pinjaman bank agar dapat cair.