Pulau Jawa Dilanda Fenomena Alam. Hari Tanpa Bayangan

105
Pulau Jawa Dilanda Fenomena Alam
Photo By: robins-abugsyslife.blogspot.com

Pulau Jawa Dilanda Fenomena Alam. Hari Tanpa Bayangan – Pekan Ini, di Pulau Jawa akan dilanda fenomena alam. Yaitu Matahari akan berada tepat di atas pulau jawa mulai dari 8 Oktober hingga 14 Oktober 2021.

Fenomena ini terjadi sebab sumbu rotasi Bumi yang miring 66,6 derajat terhadap ekliptika. Hal ini membuat matahari tidak selalu berada di atas garis Khatulistiwa melainkan berada di lintang 23,4 derajat LU hingga 23,4 derajat LS.

Menurut peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Andi Pangeran dampak fenomena ini ketika tengah hari tidak ada bayangan yang terbentuk dari benda tegak tak berongga.

“Fenomena ini disebut juga sebagai Hari Tanpa Bayangan di Pulau Jawa. Selain itu, saat tengah hari, ketika sinar Matahari tegak lurus ke permukaan Bumi, intensitas radiasi Matahari akan maksimal. Sehingga ketika tutupan awan sangat minum, suhu permukaan bumi saat siang hari akan maksimum”. Jelasnya yang dilansir dari Viva.co.id.

Andi juga menghimbau masyarakat yang terdampak agar tidak panik. Mereka harus membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan menggunakan alat pelindung seperti tabir surya, payung, topi atau alat pelindung lainnya.

Baca juga : 5 Kisah Fenomenal Indomie, Salah Satunya Bikin Miris

Wilayah yang terletak di antara dua garis balik ini berpotensi mengalami Matahari di atas wilayahnya ketika tengah hari sebanyak dua kali dalam sebulan.

Tapi untuk wilayah di sekitar garis khatulistiwa, akan mengalami fenomena ini ketika Ekuinoks Maret dan Ekuinoks September.

Pulau Jawa terletak di antara lintang 6 derajat hingga 8 derajat LS atau berada di sebelah kanan garis khatulistiwa.

Sehingga akan mengalami fenomena ini beberapa hari setelah Ekuinoks September dan beberapa hari sebelum Ekuinoks Maret.

Wilayah Yang Terkena Fenomena Hari Tanpa Bayangan

Pada Jumat lalu, fenomena ini telah terjadi di Merak, Serang, dan Karimun Jawa. Sedangkan hari sabtu terjadi di Tanggerang Kota, Depok, Jakarta, Bekasi, Jakarta, Bekasi Kota, karawang dan indramayu.

Senin terjadi di Pelabuhan ratu, Sukabumi, Bandung, Semarang, Purwodadi, Lasem, Bojonegoro, Lamongan, Surabaya, Sampang, sumenep, dan kepulauan kangen,,

Selasa di Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Majenang, Purbalingga, Wonosobo, Magelang, Surakarta, Madiun, Nganjuk, jombang, Pasuruan.

Rabu terjadi di Pameungpeuk, Pangandaran, Cilacap, Kebumen, Yogyakarta, Wonogiri, Ponorogo, Kediri, Malang, Bondowoso, Situbondo, Pacitan, dan Trenggalek.

Blitar, Kepanjen, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi akan kebagian di hari kamis. Untuk memastikan bayangan saat tengah hari ketika hari tanpa bayangan, masyarakat bisa menggunakan benda seperti tongkat, tiang, botol, dan sebagainya.

Previous articleInilah Cara Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Mental Agar Hidup Lebih Bahagia
Next article5 Potret Inul Daratista Saat Yoga, Badannya Sungguh Elastis