Punya Hobi Terjun Payung, Sosok TNI AU Nan Cantik Ini Pun Viral

Beberapa waktu terakhir ini, nama Asha Ramadia berhasil menarik banyak atensi dan ramai diperbincangkan di sosial media karena parasnya yang disebut oleh netizen punya kemiripan dengan salah satu juri Master Chef Indonesia, Renatta Moeloek. Berkat paras rupawannya itu, Asha Ramadia pun membuat banyak kaum Adam tergila-gila. Tapi siapa sebenarnya Asha Ramadia?

Asha Ramadia yang memiliki nama lengkap Asha Ramadia Ananda Tanjung ternyata adalah seorang anggota dari kesatuan TNI Angkatan Udara (AU). Asha Ramadia yang diketahui saat ini berusia 21 tahun tengah berdinas di Pangkalan TNI Angkatan Udara Sulaiman (Lanud Sulaiman), Bandung.

Menurut Asha, dirinya sedari kecil memang sudah bercita-cita ingin menjadi seorang tentara.

“Awalnya pilih jadi TNI karena ingin mengikuti jejak ayah saya yang seorang TNI dan saya termotivasi ingin jadi TNI juga,” ungkap Asha Ramadia seperti dilansir dari Wolipop.

Meski datang dari keluarga besar TNI, tapi awalnya Asha tidak mendapat persetujuan menjadi tentara dari sang ayah. Menurutnya, sang ayah punya kekhawatiran kalau anak perempuannya tidak bakalan mampu melewati pendidikan sebagai TNI yang memang dikenal sangat berat.

“Antara ayah sama mama beda pendapat sih. Kalau ayah saya tidak langsung setuju, kalau mama sudah benar-benar setuju,” jelas Asha Ramadia lagi.

Tapi pada prosesnya, Asha Ramadia yang merupakan anak kedua dari tiga bersaudara berhasil membuktikan bahwa dirinya bisa dan mampu lulus menjadi seorang anggota TNI. Saat ini, Asha bahkan sudah berpangkat Sersan Dua (SERDA).

Meski begitu, perjalanan karier Asha untuk bisa mendapatkan status sebagai seorang anggota TNI ternyata tidaklah mudah dan gampang.

Diceritakan oleh Asha, untuk bisa menggapai cita-citanya, seusai menamatkan pendidikannya di SMA di Pematangsiantar, Asha langsung mencoba mengikuti proses seleksi menjadi anggota TNI.

Tak disangka, dirinya lulus dan diterima untuk melanjutkan pendidikan TNI di Medan, Sumatera Utara. Selama 5 bulan lamanya Asha menempuh pendidikan sampai akhirnya dinyatakan secara resmi sebagai seorang anggota TNI Angkatan Udara.

“Prosesnya melalui seleksi tes daerah seperti tes administrasi, tes kesehatan, tes jasmani, psikotes, ideologi mental, skrinning pom, lalu pantukhir. Setelah dinyatakan lulus tes daerah, langsung lanjut mengikuti tes pusat yang sama seperti tes daerah, baru dinyatakan lulus dan langsung mengikuti pendidikan.” terang Asha.

“Dibilang kayak kuliah sih tidak juga ya karena pendidikan TNI cuma 5 bulan. Tapi juga dalam 5 bulan kita ada kelas, lapangan, dan latihan luar seperti di hutan untuk simulasi taktik perlawanan dengan musuh,” sambungnya.

Setelah melewati kesemua tahapan itu, Asha kembali melanjutkan pendidikan untuk mengambil kejuruan. Dirinya memilih kejuruan kesehatan. Namun setelah mengikuti beragam pelatihan sebagai anggota TNI, Asha mengaku dirinya kini telah mahir menembak. Asha Ramadia bahkan sempat tercatat sebagai salah satu pemenang lomba tembak dalam acara Panglima TNI Cup 2019.

Momen keberhasilannya tersebut langsung dibagikan oleh Asha di akun sosial media Instagramnya yang bernama @ashanemo. Dalam fotonya tersebut, Asha terlihat berpose dengan mengenakan seragam TNI sembari memegang piala yang berhasil didapatkannya.

Sukses di kejuaraan menembak, Asha mengaku dirinya saat ini sedang menggandrungi sebuah hobi baru yakni terjun payung. Fotonya saat tengah beraksi terjun payung pun ia bagikan ke lebih dari 18 ribu pengikutnya di Instagram.

“Hobinya banyak sih, tapi sekarang lagi senang terjun payung sama menembak,” ungkap Asha.

Nah saat dikonfirmasi terkait dirinya yang mendadak viral karena diklaim punya kemiripan dengan chef Renatta, Asha mengaku senang. Tetapi sejujurnya dia sendiri tak pernah merasa mirip dengan juri Master Chef itu.

“Iya kadang kalo saya update Snapgram atau post, pasti ada lagi yang nge komen mirip chef Renatta gitu, tapi saya sendiri merasa tidak mirip sih,” tegasnya.

Selain dimirip-miripkan dengan chef Renatta, ternyata Asha juga mengaku beberapa netizen kerap menyebut dirinya mirip dengan istri Pasha Ungu, Adelia, dan artis Jessica Iskandar. Meski lebih banyak yang menilai Asha Ramadia mirip dengan Adelia. Kalau menurutmu, bagaimana?