Rajin Konsumsi 9 Jenis Sayuran ini, Bobot Susut Setelah 7 Hari!

Serutin apa pun kamu berolahraga untuk dapat menurunkan berat badan, tetap akan sia-sia jika tidak diimbangi dengan menu diet yang benar. Menurut beberapa pakar, kunci utama diet adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat dan memperbanyak protein. Protein bisa didapatkan dari sayur-sayuran dan daging tanpa lemak. Bahkan terdapat cukup banyak jenis sayuran yang dapat kamu konsumsi untuk menurunkan berat badan. Tidak harus jenis sayuran langka, bahkan sayuran hijau yang banyak terdapat di pasaran bisa kamu masukkan dalam daftar menu dietmu.

Jadi, bagi kamu yang ingin cepat bobot badanmu menyusut, setidaknya konsumsi Sembilan jenis sayuran di bawah ini dengan cara pengolahan yang tepat. Selain itu, juga dapat kamu jadikan sebagai pengganti karbohidrat. Dijamin bakal kenyang lebih lama!

1. Kentang Sebagai Pengganti Karbohidrat

Kentang sudah sejak lama dikenal dengan bahan sayur pengganti karbohidrat dan sangat cocok sebagai sayur diet pengganti nasi. Jenis sayuran ini sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan dingin. Jadi, setelah kentang direbus kamu bisa mendiamkannya selama beberapa menit kemudian bisa dimakan. Proses pendinginan kentang tersebut dapat membantu pembentukan pati yang mirip serat dalam jumlah  tinggi sehingga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

2. Brokoli

Sayuran yang satu ini sudah dikenal sebagai sayuran untuk diet golongan darah O. Kandungan phychemicals yang ada di dalamnya dapat memaksimalkan proses pembakaran lemak tubuh. Bahkan kandungan yang sangat baik tersebut juga dapat dijadikan sebagai anti kanker lho. Kamu dapat mengkonsumsi dengan cara dikukus agar kandungan di dalamnya tetap terjaga.

3. Segala Macam Jenis Jamur

Selain brokoli, sayuran untuk diet lainnya yang bisa kamu coba yakni jamur. Sayuran ini dapat menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh yang dapat menurunkan berat badan lebih lancar. Sehingga cocok sebagai alternative pilihan sayur untuk diet vegetarian.

4. Wortel

Wortel sebagai sayuran untuk diet karena memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, tapi rendah dan minim kalori. Sayangnya beberapa orang ada yang tidak suka mengkonsumsi wortel karena menurut mereka bau wortel cukup aneh.

5. Sayur Selada

Umumnya sayuran yang satu ini sering dijadikan salada sayur. Nilai kalorinya cukup rendah namun, kaya akan zat besi, serat, vitamin B, kalsium, kalium, dan folat. Namun, sayuran jenis ini tidak cocok untuk direbus dan lebih baik dikonsumsi secara langsung.

6. Bayam

Dikarenakan bayam memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, maka sayuran ini mampu membakar lemak dengan mudah dan mempercepat proses penurunan berat badanmu lho. Cara mengolahnya juga cukup mudah hanya dengan dikukus atau dijadikan sayur bening saja.

7. Kembang Kol

Selain wortel, kembang kol juga dapat dijadikan sebagai pengganti karbohidrat karena memiliki rasa yang lembut dan mengenyangkan. Seperti halnya brokoli, kamu dapat mengkonsumsinya dengan cara direbus atau dijadikan masakan sayur. Serat yang terdapat pada kembang kol cukup tinggi sehingga membuatmu kenyang lebih lama.

8. Timun

Timun juga dikenal sebagai sayuran yang bagus untuk diet. Tidak membutuhkan pengolahan khusus jika ingin mengkonsumsi timun, cukup dengan membuatnya sebagai salad sebagai pendamping selada. Bagi kamu yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Hal ini tidak berlaku bagi mereka yang memiliki tekana darah rendah, karena pasalnya timun dapat menurunkan tekanan darah.

9. Labu

Sayuran yang memiliki warna merah atau oren ini mempunyai serat yang cukup tinggi tapi rendah akan kalori. Untuk mengkonsumsinya kamu dapat membuat olahan sup labu atau kolak dan santannya digantikan dengan fiber cream. Pasti dijamin dapat membuatmu kenyang.

Tidak harus jenis sayuran yang neko-neko untuk bisa dijadikan sebagai menu diet, sayuran yang umumnya mudah ditemukan di pasaran bisa kamu manfaatkan. Selamat mencoba, diet tepat dengan menu yang sehat!