Riding Dengan Motor Offroad Saat Kondisi Hujan? Begini Tipsnya

Saat ini, di beberapa daerah di Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Tapi bukan berarti yang punya hobi bermotor khususnya penggila motor offroad harus berkurang atau ditunda, ya kan?

Nah, maka dari itu, buat yang senang main motor basah-basahan apalagi di atas lumpur tenang, tenang kali ini kita memiliki beberapa tips yang mungkin berguna buat kamu semua.

Sebagaimana dikutip dari Yamaha Riding Academy (YRA) dalam rilisnya, berikut ini beberapa tips untuk para pemula yang begitu ingin mengendarai motor offroad di kala musim penghujan, check it out!

“Yamaha Riding Academy mempunyai panduan teknik riding yang tepat untuk masyarakat yang saat ini semakin menyukai motor offroad. Kami memberikan informasi ini agar konsumen dapat menikmati riding di jalur offroad maupun ketika fun adventures di jalur terabas,” ucap Manager Public Relations PT Yamaha Pabrikan Motor Indonesia (YIMM), Antonius Widiantoro.

Saat akan menaiki sepeda motor Offroad

  1. Posisi pengendara harus berada di sebelah kiri motor karena lebih memudahkan, lalu melepaskan standar samping.
  2. Posisikan handle/stang dibelokkan ke kanan dan disarankan kepada pengendara agar terlebih dahulu menarik tuas rem depan agar motor tidak bergerak.

Saat akan berhenti

  1. Saat berhenti, pastikan pengendara berhenti di tanah rata atau gundukan seuapa bisa menjaga keseimbangan motor.
  2. Posisi motor pada gear 1 dan lever kopling harus ditarik biar mesin motor tidak mati sehingga memudahkan buat pengendara jika ingin menjalankan motor kembali.
  3. Menggunakan kaki kiri untuk menapak ke jalan saat akan berhenti, termasuk ketika ingin menjalankan motor kembali.

Saat akan turun dari sepeda motor

  1. Gunakan gear 1 di jalanan yang tidak rata agar motor tidak bergerak. Sebaliknya, gear dinetralkan jika berada di jalan rata.
  2. Matikan mesin motor.
  3. Handle / stang dibelokkan ke kanan dan disarankan kepada para pengendara agar menarik tuas rem depan biar motor tidak bergerak.
  4. Selanjutnya, pengendara turun melalui sebelah kiri motor.

Saat Akan Berbelok

  1. Biasakan arah pandangan ke arah tujuan berikut supaya fokus ke jalur yang akan dituju dan bisa mengetahui kondisi di jalur tersebut.
  2. Atur power motor dengan pengoperasian gas yang halus biar ban tidak selip.
  3. Posisi badan melawan kemiringan motor atau lean out dan duduk sedikit agak maju agar pengendara mudah memegang handle.
  4. Posisi kaki mendekap ke tangki motor atau berada di bagian luar tikungan dengan bagian kaki lainnya berada di bagian dalam tikungan dan diluruskan. Tujuannya agar keseimbangan motor tetap terjaga.
  5. Jika belum mengenal jalur atau medan dengan baik, sebaiknya mengendarai motor dalam kecepatan rendah atau yang aman biar tetap safety.