Sangat Absurd! Inilah 5 Hal Aneh Pernah Dilakukan Para Filsuf Terkenal Dunia ​

412

Membayangkan seorang yang disebut sebagai Filsuf, mungkin kata yang terbesit di kepala kita untuk menggambarkan mereka adalah bijaksana. Seorang filsuf memang dikenal sebagai orang yang memiliki gagasan dan pengetahuan yang luas, sopan, dewasa, dan bijak.

Namun disisi lain, para filsuf terkenal di dunia juga dikenal dengan sosok yang nyentrik dan bahkan terkenal cukup ‘gila’ untuk melakukan sesuatu yang tidak dilakukan manusia lain. 

Mungkin ini merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap ide-ide dan gagasan mereka yang cukup brilian. Berikut ini adalah 5 hal ‘Gila’ yang dilakukan oleh para filsuf terkenal di dunia.

  1. René Descartes: pernah tidur di dalam penghangat ruangan

6 Hal 'Gila' Ini Pernah Dilakukan Para Filsuf Terkenal, Gak Wajar!

Rene Descartes merupakan seorang filsuf terkenal yang mepopulerkan kalimat “Saya berfikir, maka saya ada”. Kalimat ini sering dikutip oleh para sarjana dan filsuf modern dan menjadi populer hingga saat ini. 

Namun, taukah kamu jika ia membuat kutipan populer tersebut didalam sebuah penghangat ruangan yang mirip dengan oven?

Bukan hanya 1 kutipan saja yang dihasilkan didalam ruangan penghangat tersebut. Namun, hampir sebagian besar dari ide dan gagasan briliannya merupakan hasil dari kebiasannya tidur di tempat tersebut.

2. Jean-Jacques Rousseau: menelantarkan kelima anaknya

6 Hal 'Gila' Ini Pernah Dilakukan Para Filsuf Terkenal, Gak Wajar!

Berikutnya ada seorang filsuf yang populer di dunia politik dan sosiologi asal Jenewa, Jean – Jacques Rosseau. Meskipun terkenal sebagai orang yang sering mengangkat isu sosial seperti pendidikan dan cara membesarkan anak, ternyata Rousseau merupakan seorang ayah yang menelantarkan kelima anaknya sendiri.

Berdasarkan kisah dari buku Jean-Jacques Rousseau: Restless Genius, Rousseau menelantarkan kelima anaknya karena pada masa itu penelantaran anak dianggap sebagai sesuatu yang mengagumkan dan juga hebat di lingkaran sosialnya.

Namun tentu saja, hal ini sangat tidak patut dicontoh bahkan dianggap tercela untuk dilakukan seorang filsuf terkenal sekelas Jean Jacques Rousseau.

Meskipun seorang yang memiliki ilmu tinggi dan terkenal bijaksana, filsuf juga adalah orang biasa yang bisa melakukan kesalahan seperti orang lain. Hal ini pun sering djadikan sebagai senjata untuk menyerang Jacques oleh para filsuf saingannya.

3. Socrates: meminta tunjangan hidup kepada pemerintah Yunani

6 Hal 'Gila' Ini Pernah Dilakukan Para Filsuf Terkenal, Gak Wajar!

Siapa yang tidak kenal dengan sosok filsuf terkenal satu ini? Socrates dikenal sebagai salah satu filsuf yang memiliki andil dan pengaruh paling besar untuk kemajuan peradaban Barat. 

Namun, selain dikenal sebagai orang bijak, ia juga dikenal sebagai ‘penganggu’ di Kota Athena, Yunani pada masanya. Salah satu kebiasaan Socrates adalah ia sering menanyakan pertanyaan terus menerus kepada setiap orang yang ia jumpai dijalanan.

Karena dianggap menjengkelkan, akhirnya pemerintah Athena menangkap Socrates dan iapu dijatuhi hukuman mati. 

Dikutip dari karya Plato, Apology, saat ditanya mengenai ganjaran yang harus ia terima akibat ulahnya, Socrates menjawab ia harus menerima tunjangan hidup dari negara. Karena ia menganggap bahwa pelajaran filsafatnya merupakan suatu layanan pendidikan bagi negara. Hal ini pun membuat pemerintah menghukum mati Socrates.

4. Friedrich Nietzsche: Pernah memeluk seekor kuda sampai pingsan 

6 Hal 'Gila' Ini Pernah Dilakukan Para Filsuf Terkenal, Gak Wajar!

Mungkin sebagian besar dari kita kurang mengetahui ide-ide dan gagasan dari Nietzsche. Namun namanya pasti sudah tidak asing di telinga kebanyakan orang. Ia merupakan seorang filsuf nyentrik yang sangat terkenal dengan kalimatnya, yaitu “Tuhan Sudah Mati”.

Namun, kehidupan dari sang filsuf pun seakan hilang ditelan zaman. Dilansir dari buku Victorian Fiction and the Cult of the Horse, Nietzche pernah memeluk seekor kuda yang dicambuk oleh kusirnya. Ia berusaha melindungi kuda tersebur sambil memeluk lehernya dan menangis. Namun, tidak lama setelah dipeluk Nietzche, kuda itu pun jatuh pingsan.

5. Diogenes: Filsuf yang membawa ayam botak kepada Plato dan tinggal di dalam tong

6 Hal 'Gila' Ini Pernah Dilakukan Para Filsuf Terkenal, Gak Wajar!

Dan yang berikutnya ada seorang Filsuf Yunani kuno yang seangkatan dengan Plato, Diogenes. Ia sangat dikenal publik lewat pandangan dan paham sinismenya. Namun, ia juga dikenal akan tindakannya yang cukup nyentrik. 

Ia pernah membawa seekor ayam botak dan diberikan kepada Plato. Hal ini dilakukannya sebagai protes kepada Plato saat Plato menyatakan manusia sebagai ‘Binatang kaki dua tanpa bulu’.  

Menurut Diogenes, manusia jauh lebih kompleks dibandingkan binatang. Maka dari itu, ia mencari seekor ayam, mencukur habis semua bulunya, membawanya dihadapan Plato, dan menyebutnya sebagai manusia.

Selain karena hal tersebut, ia juga dikenal sebagai filsuf yang hidup di dalam tong kecil di pinggir jalan. 

Berdasarkan kisah dari buku Containment in the Community, Diogenes dikenal sering melakukan masturbasi di dalam tongnya meski dilihat orang yang lewat di depannya. 

[zombify_post]

Previous articleMitos Hydra : Sang Monster Mitologi Yunani Yang dapat menumbuhkan kepalanya tiap dipotong.
Next article5 Fakta tentang Putra Siregar Pemilik PS Store yang Tersandung Masalah Penjualan Ponsel Ilegal