Sebelum Daftar, Yuk Cari Tau Mengenai Kartu Pra Kerja

Ditengah Pandemi Virus Corona, Pemerintah memberikan angin segar dengan meluncurkan Kartu Pra Kerja. 1 min


0

Merupakan baru yang telah dipersiapkan sejak masa kampanye pemilihan Presiden , kini pemerintah secara resmi telah meluncurkan program Kartu Pra Kerja.  Tujuan memberikan kartu ini adalah memberikan pembekalan kepada para lulusan SMA dan korban PHK yang tidak memiliki ketrampilan yang cukup. Pemerintah berharap antusiasme masyarakat mampu meciptakan SDM yang berkualitas sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja.

  1. 1 Apa Itu Kartu Pra Kerja ?


    Kartu Pra Kerja merupakan program pemerintah berupa biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan ketrampilannya. Berbentuk dana bantuan non tunai, kartu ini dapat dimiliki oleh masyarakat Indonesia diatas 18 th  dan tidak sedang kuliah atau mejalani pelatihan lainnya. Selain itu karyawan yang ingin meningkatkan skill juga dapat mendaftar untuk mengikuti pelatihan lainnya.

  2. 2 Cara Pendaftaran


    Para calon peserta yang berminta dapat mendaftar di https://www.prakerja.go.id/, melaksanakan proses seleksi online, setelah lulus tahap seleksi dapat memilih vokasi melalui web. Pelatihan dapat diikuti secara offline maupun online, kemudian setelah mendapat sertifikasi maka dana bantuan baru dapat dicairkan. Namun, bagi para pemilik kartu juga wajib mengisi survei dan menginformasikan apakah sudah dapat pekerjaan setelah selesai masa pelatihan.

  3. 3 Jumlah Dana Bantuan


    Dalam program ini pemerintah memberikan anggaran sebesar  Rp. 10 triliun yang akan dibagi kepada 2 juta penduduk di Indonesia. Penerima kartu pra kerja akan mendapatkan Rp.1.000.000 sebagai biaya pelatihan dan Rp. 600.000/4 bulan sebagai insentif paska pelatihan dan insentif survei Rp. 50.000/3 kali survei. Tidak berbentuk cash, uang akan diterima melaui virtual account seperti OVO, DANA, Link Aja dan Bank Negara Indonesia.

  4. 4 Jadwal Pendaftaran


    Pada awalnya Kartu Pra Kerja akan diluncurkan pada bulan Januari 2020. Namun, dikarenakan kondisi tertentu Kartu Pra Kerja baru dapat diluncurkan di bulan April. Kini pendaftaran tahap pertama telah dibuka, pemerintah menyediakan 6000 slot untuk kuota pertamannya.

  5. 5 Bekerjasama Dengan Pihak Swasta


    Tak hanya bekerja sendiri, demi suksesnya program pelatihan Pra Kerja pemerintah bekerjasama dengan beberapa platform digital swasta. Beberapa diantaranya Ruang Guru, Pintaria, Tokopedia, Hacktiv 8, sampai dengan mau belajar apa. Pemerintah berharap, dengan kerjasama dari berbagai pihak, program ini dapat berjalan dengan baik.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality