Sejarah Unik Dibalik Terciptanya Alat Musik Bernama Sasando

295

Sejatinya, setiap daerah di Indonesia tentu mempunyai sebuah alat musik yang khas untuk dimainkan. Seperti dari pulau Rote yang berada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Daerah tersebut diketahui memiliki sebuah alat musik yang diberi nama Sasando alias Sasandu.

Sekadar informasi biar kamu semua tahu, Sasando sejatinya dalam bahasa masyarakat Rote berarti bergetar atau berbunyi. Alat musik yang mirip dengan gitar tersebut diketahui sudah mulai dikenal dan dimainkan sedari abad ke-7 lampau.

Nah buat kamu semua yang belum tahu sejarah dari alat musik sasando khas masyarakat Rote ini, berikut ulasan selengkapnya, sekaligus cara memainkannya.

Sejarah Alat Musik Sasando

Alat musik Sasando diketahui terbuat dari sebuah bambu khusus yang membentuk tabung panjang. Ternyata, di balik bentuk Sasando atau Sasandu yang unik ini, ada nilai sejarah yang menarik didalamnya.

Salah satu cerita rakyat yang begitu banyak berkembang di masyarakat pula Rote hingga saat ini terkait alat musik Sasando adalah alat musik ini sangat erat hubungannya dengan pria yang diberi nama Sangguana.

Dikisahkan, Sangguana jatuh cinta kepada seorang putri raja saat terdampar di pulau Ndana. Namun sayang, sang Raja tidak bisa menerima Sangguana begitu saja sebagai menantu. Sang Raja lalu memberikan syarat kepada Sangguana jika benar-benar serius ingin meminang putrinya, yakni membuat sebuah alat musik yang berbeda dari alat musik lainnya.

Sangguana sendiri kemudian mendapatkan ilham melalui mimpi, yakni ia terlihat memainkan sebuah alat musik yang indah dan memiliki suara merdu. Sangguana pun kemudian menciptakan Sasando untuk diberikan kepada sang Raja.

Raja yang begitu melihat Sasando tuk pertama kalinya dikabarkan langsung terpukau hingga akhirnya memperbolehkan Sangguana menikah dengan putrinya.

Fungsi Alat Musik Sasando

Sasando bukan sekadar alat musik biasa. Tapi di Pulau Rote, Sasando digunakan untuk mengiringi nyanyian tradisional, tari tradisional, pertunjukan syair hingga upacara adat.

Walaupun Sasando merupakan alat musik khas masyrakat pulau Rote, namun Sasando juga banyak berkembang di daerah lainnya, seperti Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Akibatnya kini Sasando tidak lagi hanya dibuat dari sebuah bambu khusus. Karena sedari tahun 1960-an, Sasando sudah berkembang menjadi alat musik elektrik oleh pemain Sasando profesional, Edu Pah.

Cara Memainkan Alat Musik Sasando

Adapun cara untuk memainkan alat musik Sasando ini adalah pemain hanya perlu memetik senar yang terdapat pada alat musik tersebut. Cuma yang unik dari Sasando adalah berbeda seperti gitar, pemainnya harus menggunakan dua tangan yang berlawanan jika ingin memainkannya.

Tangan kanan difungsikan sebagai accord sementara tangan kiri bertindak untuk memainkan melodi atau bass. Nah buat yang tertarik memainkan Sasando, kamu setidaknya harus mempelajari beberapa teknik dari alat musik Sasando terlebih dahulu.

Ok guys, selamat mencoba ya!

Previous article5 Lokasi Paling Mudah Menularkan Virus Covid 19
Next articlePunya Penutup Dari Kulit Biawak, Ini Dia Gendang Khas Bumi Papua