Sempatkan ‘Me Time’ untuk Hindari Stres

294

Semua orang memiliki kegiatan rutinnya masing-masing, entah itu ibu rumah tangga yang harus mengurus urusan rumah dan keluarga, karyawan atau pebisnis yang bekerja setiap hari, ataupun para pelajar yang tak jarang dihadapkan dengan tugas dan ujian dari sekolah / kampus. Selain itu, hidup di lingkungan perkotaan yang penuh sesak dengan populasi masyarakat yang tinggi, banyaknya bangunan-bangunan di hampir setiap ruas jalan, serta polusi udara dari asap kendaraan bermotor tentunya akan membuat saat di mana kita merasa lelah dan jenuh.

Jika kamu mulai merasa sangat lelah bahkan saat tidak melakukan hal berat, bisa jadi kamu mulai merasa stres. Hal ini wajar saat seseorang terlalu banyak melakukan beragam aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran tanpa benar-benar beristirahat. Di saat seperti itulah kita membutuhkan me time atau waktu sendiri untuk melakukan hal-hal yang disukai. Faktanya beristirahat bukan hanya berarti tidur dan tidak melakukan apapun. Tidur hanya akan membuat tubuh yang beristirahat, namun melakukan hal-hal menyenangkan akan membuat hati dan pikiran beristirahat dengan cara yang berbeda.

Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan saat me time? Yuk simak kegiatan-kegiatan berikut ini!

Beraktivitas di Luar Ruangan

Khususnya bagi kamu yang dalam kesehariannya kebanyakan bekerja di dalam ruangan atau di lingkungan yang sama. Meski masih bisa bersosialisasi dengan teman satu kantor, namun kondisi itu lambat laun akan tetap membuatmu merasa jenuh. Saat istirahat atau libur, sempatkanlah untuk pergi ke luar untuk sekedar berjalan-jalan atau jogging. Jika tidak suka, kamu bisa mengajak keluarga atau teman untuk pergi ke suatu tempat bersama-sama. Dengan begitu, selain bisa menikmati udara segar, kamu juga bisa membangun hubungan yang lebih erat dengan orang-orang di sekitarmu.

Memasak

Setelah Youtube dan Instagram, belakangan ini media sosial pun diramaikan dengan kemunculan aplikasi Tiktok. Di sana banyak orang yang membagikan video-video kreatif dengan tema yang beragam, salah satunya tutorial memasak. Banyak sekali jenis-jenis masakan yang direkam secara lengkap mulai dari persiapan bahan hingga makanan siap dihidangkan. Cobalah lihat dan tiru satu atau beberapa tutorial yang menurutmu paling mudah. Selain menyenangkan, kamu juga bisa sekaligus mengasah dan meningkatkan skill nih.

Makan atau Minum Menu Kesukaan

Kamu tentu memiliki makanan favorit seperti olahan pasta, seafood, dan salad atau pernah sangat ingin mencoba jenis minuman baru yang sedang ramai diperbincangkan orang-orang? Jika kamu memang menginginkannya maka beli saja. Selama masih dalam batas wajar berdasarkan jumlahnya yang tidak berlebihan dan harganya yang masih terjangkau, tidak ada salahnya untuk kamu lakukan. Asal jangan sering-sering juga ya!

Olahraga

Kegiatan yang satu ini bukan hanya bisa membuat tubuh kamu lebih bugar, tapi bisa juga membuat kamu lebih bersemangat loh! Jika kamu tidak terlalu suka berolahraga berat, maka lakukanlah olahraga ringan seperti jogging atau senam.

Bernyanyi

Lagu bisa mengekspresikan perasaan manusia. Dan dengan bernyanyi, kita bisa menyuarakan perasaan kita baik melalui irama maupun lirik lagu itu sendiri. Meski tidak semua orang memiliki bakat menyanyi, tapi kita semua bisa bernyanyi sesuka hati kok, bahkan tanpa iringan musik sekalipun. Kamu bisa pergi ke tempat karaoke entah itu sendiri atau dengan orang lain. 

Tapi jika kamu merasa aktivitas ini tergolong konsumtif di dalam pola hidupmu sendiri, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan ide kreatif dengan mencari video karaoke dari youtube dan mulai bernyanyi. Jika ingin merasakan sensasi berada di tepat karaoke, kamu bisa sambungkan smartphone atau PC dengan speaker dengan volume yang kencang. Tapi jangan terlalu kencang juga ya. Bisa-bisa perangkatmu rusak, selain itu tetangga di sekitar juga bisa terganggu!

Itulah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk menikmati ‘me time’ di hari libur atau di sela-sela waktu senggang. Jangan terlalu memaksakan diri untuk bekerja terlalu banyak yang akhirnya hanya akan membuat kamu tidak senang dan benci melakukannya. Beristirahatlah sebentar dan kelilingi diri dengan hal-hal yang disukai. Setelah itu, kamu akan seperti baterai kosong yang telah kembali terisi penuh dan siap melakukan aktivitas dengan semangat baru.

[zombify_post]

Previous article5 Film Fantasi Petualangan yang bisa Menghilanglan Stres
Next article4 Film Distopia yang Memancing Imajinasi