Serda TNI Setyo: Jika Diriku Tugas di Kapal Selam, Anggap Sudah Mati

281
Tenggelamnya KRI Nanggala 402
Photo By: id.berita.yahoo.com

Tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 membuat seluruh rakyat Indonesia berkabung. KRI Nanggala hilang kontak pada kamis 22 April 2021.

Seperti yang diketahui, KRI Nanggala berangkat untuk mengikuti latihan tembak peluru torpedo di Selat Bali. 53 Awak kapal kapal selam milik TNI Angkatan Laut itu gugur dalam menjalan tugas negara. Salah satu awak kapal yang gugur adalah Serda (Sersan Dua) SAA Setyo Wawan.

Rasa duka yang mendalam dirasakan oleh Serda Setyo. Setyo sendiri merupakan seorang anggota TNI Angkatan Laut dari Korps, Pelaut, Kejuruan Senjata Atas Air (SAA).

Sebagai anggota Korps pelaut, tentu saja memiliki kemampuan untuk mengoperasikan senjata kapal selam, khususnya KRI Nanggala-402.

Dilansir dari Viva.com, beredar sebuah video dari akun Instagram Info Alutsista yang memperlihatkan Setyo yang sedang menjalani sesi latihan bersama rekan-rekannya sesama prajurit TNI Angkatan Laut.

Setyo sangat mengetahui tugas dari seorang prajurit TNI yang harus selalu siap ketika ada tugas yang memanggilnya. Tidak hanya itu, Setyo juga telah siap untuk mengorbankannya nyawanya demi tugas negara.

Hal ini selalu disampaikan kepada sang Istri, dan mengingatkan bagaimana risiko menjadi istri seorang prajurit.

Yang membuat merinding adalah dalam video itu Setyo selalu mengatakan jika dirinya mendapat tugas operasi di kapal selam, maka artinya dirinya sudah meninggal. Akan tetapi, Setyo yang pada video itu masih berpangkat Kopral Dua (Kopda) juga selalu meminta doa dari sang istri agar selalu diberikan kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugas negara.

“Saya selalu diberitahu kalau kapalmu sudah menyelam berarti kamu sudah mati. Ya akan saya sampaikan juga kepada anak dan istri saya, di saat suamimu berangkat tugas melaksanakan tugas operasi kapal selam, berarti suamimu sudah mati”, ungkap Setyo.

“Berdoa saja sama Allah SWT supaya suamimu ini selalu diberikan keselamatan, kemudahan, kelancaran di mana pun berada”, sambungnya.