Sering ditolak Beasiswa? Perhatikanlah 5 Hal Penting ini!

72

Memang, yang namanya ditolak selalu menyisakan rasa sakit dalam hati. Baik itu ditolak gebetan, ditolak lamaran pekerjaan, begitu pun dengan ditolak beasiswa yang telah lama diimpikan. Terlebih lagi, beasiswa kuliah di luar negeri yang menjadi cita-cita sejak kecil. Padahal, kita sudah optimis ketika melakukan interview atau setelah melihat hasil tes yang bagus. Namun, penolakan ini bisa saja membawa kita menjadi patah hati dan akhirnya pesimis untuk kembali mendaftar beasiswa yang lain.

Penolakan-penolakan ini bukanlah sesuatu yang negatif, apalagi bagi kamu yang merupakan calon mahasiswa pejuang beasiswa yang memiliki gairah belajar. Ditolak ketika melamar beasiswa justru akan menjadi pemicu agar kamu terus semangat dalam mencari dan melamar di beasiswa yang lain. Nah, maka dari itu, sebelum melamar beasiswa sebaiknya kamu memerhatikan beberapa hal berikut ini:

Persiapan

Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melamar beasiswa adalah dengan melakukan persiapan. Persiapan adalah hal yang lebih penting dari pada pelaksanaan seleksi beasiswa itu sendiri. Oleh sebab itu, sebelum kamu melamar beasiswa, maka kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dari jauh-jauh hari, bahkan jika perlu setahun sebelum beasiswa itu di buka. Misalnya dengan mempelajari materi, mempersiapkan dokumen yang diperlukan, mempersiapkan dokumen pendukung lainnya, maka kamu akan mampu melaluinya. Terlebih lagi jika kamu berniat melamar beasiswa ke luar negeri, maka sudah dipastikan kamu harus memiliki sertifikat tes Bahasa Inggris.

Kriteria

Sebelum kamu melamar beasiswa, perhatikanlah kriteria yang dibutuhkan oleh penyedia beasiswa tersebut. Biasanya penyedia beasiswa memiliki beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh para pelamar. Ukur kemampuan dirimu apakah sudah sesuai dengan kriteria tersebut. Jika belum, maka persiapkan lagi dirimu untuk bisa memenuhi kriteria tersebut selagi ada waktu.

Mental

Selain persiapan dokumen, dan kriteria, hal lain yang harus kamu perhatikan sebelum melamar beasiswa adalah mental. Ketika pelaksaan tes atau seleksi beasiswa dimulai maka mentalmu akan menjadi hal yang paling penting. Mental mu akan di uji di saat-saat yang paling mendebarkan. Sebab, mental tersebut akan mempengaruhi pola pikirmu. Jika kamu selalu berpikir “ah, itu sulit, rumit, aku tidak akan bisa melakukannya, aku akan gagal”, maka bisa saja kegagalan itu akan terjadi. Maka dari itu, sebelum hari seleksi datang, latih kembali apa-apa yang telah kamu persiapkan. Latihan yang giat akan mengurangi kecemasan dan meningkatkan rasa percaya diri.

Do’a

Sebelum kamu melamar beasiswa, banyak-banyaklah berdoa. Karena, doa ini merupakan hal yang dapat menguatkan mentalmu. Berdoa lah untuk memohon bimbingan dan arahan dari sang Maha Kuasa. Selain itu, minta pula di doakan oleh kedua orang tua. Karena, doa kedua orang tua merupakan doa yang paling ampuh. Doa ini secara tidak langsung akan memberikan kekuatan kepada kita dan mampu mengurangi kecemasan.

Ada banyak orang yang jauh lebih siap

Ketika kamu selalu ditolak dalam melamar beasiswa itu artinya masih banyak orang yang jauh lebih siap dari mu. Bahkan mungkin, orang-orang tersebut juga pernah mengalami kegagalan yang banyak sebelum akhirnya berhasil mendapatkan beasiswa. Namun, orang tersebut pantang menyerah dan mempersiapkan diri lebih dari yang sebelumnya. Jadi, jika kamu gagal dan sering ditolak dalam beasiswa, maka jangan lah menyerah. Kegagalan bukan akhir dari segalanya, sebaliknya kegagalan adalah awal untuk memperbaiki segalanya.

Previous articleInilah 7 Orang Terkaya di Indonesia tahun 2020
Next articleFilm Indonesia terlaris sepanjang Masa