Siap Jalani New Normal di Tengah Pandemi Covid-19

146

Sejak munculnya kasus virus corona, terhitung dari Bulan Maret, Indonesia sudah menyatakan darurat nasional. Angka kasus terinfeksi yang terus bertambah diiringi dengan kasus kematian yang juga bergerak naik membuat masyarakat gempar. Kondisi perekonomian pun mengalami penurunan akibat tindakan penekanan angka kasus dengan ditutupnya tempat-tempat wisata, penjagaan ketat kegiatan ekspor-impor, serta aktivitas produksi beberapa perusahaan yang dibekukan. Akibatnya banyak juga para karyawan yang dirumahkan. 

Selain itu sistem belajar dan bekerja di rumah pun dilakukan untuk mematuhi aturan pemerintah yaitu social dan physical distancing. Namun belakangan ini pemerintah menilai bahwa kasus Covid-19 tidak bisa berakhir dalam waktu dekat. Di sisi lain kita juga tidak bisa terus-menerus hidup mengurung diri dan tidak produktif sehingga jalan satu-satunya jalan yang bisa diambil yaitu kebijakan new normal.

New normal adalah kondisi di mana masyarakat bisa beraktivitas kembali seperti biasa, namun harus mengikuti protokol tertentu untuk melindungi diri dari terinfeksi Covid-19. Hal ini dilakukan agar roda perekonomian negara bisa tetap berjalan.

Protokol resmi pun dikeluarkan Kementrian Kesehatan RI dalam menunjang aturan baru ini, di antaranya yaitu melakukan pengukuran suhu tubuh, waktu kerja yang tidak berlebihan (lembur), shift 3 (malam-pagi) ditiadakan, wajib mengenakan masker, mengatur asupan makanan, tersedianya fasilitas kesehatan, serta lingkungan yang sehat dan aman.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak apa saja yang harus kamu lakukan dalam menjalani masa new normal ini!

Saat Akan Pergi dan Pulang


Meski sudah bisa melakukan aktivitas seperti biasa, perlu diingat bahwa pandemi Covid-19 ini belum berakhir sehingga kita masih harus selalu waspada. Jangan lupa gunakan masker. Jika kamu merasa sedang tidak enak badan, alangkah lebih baik bila kamu tidak memaksakan diri untuk pergi ke luar. Setelah keperluanmu selesai, segeralah pulang dengan membuka alas kaki di luar dan menyemprot cairan disinfektan, mencuci tangan dengan sabun, lepaskan pakaian dan masukkan ke dalam tempat tertutup, lalu mandi dan berganti baju. Jangan dulu bersantai atau berkumpul dengan keluarga di rumah kalau belum bersihi-bersih ya!

Saat Berkendara

Pengendara tetap harus memakai masker meski mengendarai mobil sekalipun. Apalagi jika terdapat penumpang di dalamnya, jumlah penumpang pun harus dikurangi setengah dari kapasitas sebenarnya. Setelah digunakan, jangan lupa untuk menyemprotkan disinfektan. Mau bagaimanapun, kamu harus tetap waspada karena orang terdekat sekalipun bisa saja terifeksi meski tampak sehat.

Saat Menggunakan Transportasi Umum


Tempat cuci tangan khusus sudah disediakan di beberapa halte, namun lebih baik jika kamu membawa hand sanitizer sendiri. Hal terpenting yang harus diperhatikan saat menggunakan transportasi umum sebenarnya adalah mengurangi interaksi dan menjaga jarak.  Selain itu kamu juga tidak boleh asal menyentuh wajah atau rambut sebelum memastikan bahwa tanganmu sudah benar-benar bersih.

Saat Bekerja

Tetap terapkan physical distancing antar rekan kerja. Kamu juga sebaiknya membawa bekal sendiri agar tidak perlu pergi ke kantin. Dan jika kondisimu sedang tidak sehat, lebih baik ajukan izin tidak masuk atau bekerja dari rumah jika memungkinkan pada atasan. Lebih baik istirahat di rumah daripada pergi ke kantor lalu batuk-batuk yang nantinya malah bikin orang berprasangka buruk, kan?

Saat Belanja

Usahakan kamu sudah membuat daftar barang yang akan dibeli agar tidak perlu waktu lama saat belanja. Kegiatan ini juga membuat kamu tentunya terpaksa memegang barang-barang yang sudah disentuh orang lain, maka selain menjaga jarak, pastikan juga bahwa kamu tidak menyentuh wajah atau benda pribadi lain seperti ponsel sebelum mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer ya! Hal ini dilakukan untuk mencegah benda terkontaminasi dari virus.

Saat Menerima Kiriman Barang

Berbelanja online memang pilihan yang lebih baik di kondisi seperti ini untuk menghindari keramaian, namun kamu juga masih harus waspada! Tetap jaga jarak dengan kurir dan usahakan membayar dengan uang pas atau non tunai (melalui dompet digital).

Itulah beberapa hal yang harus kamu lakukan selama masa new normal. Memang benar bahwa mau bagaimanapun kita harus tetap produktif, akan tetapi kita juga harus pintar-pintar menjaga diri karena masa pandemi nyatanya belum berakhir. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa ya!

[zombify_post]

Previous articleDrama Korea ‘Hospital Playlist’ yang Menghibur dan Penuh Pesan Moral
Next article5 Jurusan Kuliah Sepi Peminat tapi Lulusannya Banyak Dibutuhkan Dunia Kerja