Siap-Siap, Sekolah Mahal Akan Dikenakan PPN 12%

100
Sekolah Mahal Akan Dikenakan PPN 12%
Photo By: economy.okezone.com

Siap-Siap, Sekolah Mahal Akan Dikenakan PPN 12% – Pemerintah yang menginginkan pengoptimalan penerimaan negara dari pajak meluas.

Tidak hanya bahan pokok, pemerintah juga berencana akan menarik pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 12% untuk sekolah atau jasa pendidikan lainnya.

Rencana kebijakan ini diatur dalam perubahan kelima Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1993 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

Jika tidak ada halangan kebijakan tersebut akan dibahas oleh pemerintah dan parlemen di tahun ini. Hal ini karena ditetapkan masuk dalam program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2021.

Dalam pasal 4A draf perubahan UU KUP, pemerintah menghapus jasa pendidikan dari daftar objek non-jasa kena pajak (JKP).

Mengacu UU Nomor 49 Tahun 2009 tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah. Disebutkan bahwa sekolah dikecualikan dari daftar Objek PPN.

Sejalan dengan itu, pemerintah juga akan menaikkan tarif PPN menjadi 12% dari saat ini hanya 10%. Namun, di saat bersamaan pemerintah juga akan mengatur kebijakan PPN Multi tarif.

Baca juga : Nadiem Imbau Seluruh Pemda Segera Buka Sekolah Terbatas

Pertama, tarif sebesar 5% untuk jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat berpenghasilan menengah-bawah. kedua, tarif sebesar 25% bagi jasa tergolong mewah.

Nantinya, untuk sekolah yang tergolong mahal akan dibandrol PPN dengan tarif normal 12%. Sedangkan sekolah negeri misalnya dikenakan tarif 5%.

Untuk rincian lengkapnya akan diatur lebih lanjut dalam peraturan pemerintah (PP) bila beleid perubahan UU KUP disahkan.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Suryo Utama mengatakan, Reformasi kebijakan PPN ini akan disesuaikan dengan kemampuan masyarakat membayar pajak.

Pemerintah mengajukan opsi tarif rendah PPN dalam skema multi tarif agar dapat membedakan pungutan pajak sekolah swasta mahal dengan sekolah negeri.

Previous articleBuntut Kerumunan, Polisi Periksa Manajemen McDonald’s Hingga Minta BTS Meal Dihentikan
Next articleRumah Tangga Diambang Kegagalan, Vicky Prasetyo Bersumpah Tak Pernah Mendua