Siapa yang Monyet? Kami Atau Mereka?

274

Seorang foto warga papua memegang poster soal monyet ini viral di media sosial. Poster tersebut berbunyi “Kalau kami monyet, jangan paksa monyet mengibarkan bendera merah-putih”.

Foto terbeut didokumentasikan oleh salah satu anggota Komite Nasioanal Papua Barat, saat warga Papua sedang menggelar aksi damai melawan persekusi berupa pengepungan asrama mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur pada Jum’at (16/8/19). Pengepungan tersebut disambangi dengan umpatan rasialisme, yaitu dengan mengatai “monyet’.

Tindakan rasialisme yang dilakukan sekelompok oknum tersebut berbuntut dengan aksi pengecaman dari warga Papua dan Komite Nasional Papua Barat.

Dalam konteks Papua, menghina orang Papua dengan olokan Monyet adalah model rasis lama. Dalam waktu bersamaan pula, mahasiswa Papua dikabarkan tidak mengibarkan bendera merah-putih di Surabaya. Walikota Sibolga mengkritik warga keturunan tionghoa yang saat itu juga tidak mengibarkan bendera merah-putih. Kritik walikota Sibolga ini juga viral namun tidak ada tindakan aparatur disana.

Di lain pihak persekusi dan tidak represif dinilai bukan hal baru Aliansi Mahasiswa Papua. Pihaknya menyebut serangan tersebut adalah bentuk penjajahan.

“Serangkaian tindak rasisme, pelemparan batu, gas air mata, dan penangkapan itu sudah sejak lama. Begitu pula dengan sebutan monyet. Itu adalah kolonialisme sebagai kedok penjajah untuk mempertahankan daerah kekuasaannya”, Kata Doli wakil Aliansi Mahasiswa Papua di Surabaya dikutip dari Rmoljabar.com.

Jika bangsa Indonesia non-Papua mengejek masyarakat Papua adalah monyet. Maka sesungguhnya mereka merasa lebih mulia sebagai makhluk hidup dari pada masyarakat Papua. Ini merupakan kejahatan.

Seberapa jauh soal monyet ini memerangkap alam bawah sadar kita? Mudah-mudahan hanya segelintir orang dan beberapa aparatur saja. Jika meluas, perlu adanya edukasi antirasisme di sekolah-sekolah. Jika segelintir, mungkin perlu diatasi dengan dibawa ke aparatur hukum.

Semoga orang-orang Papua memaafkan kami. Setidaknya memafkan saya yang orang non-Papua. Mungkin saya lah monyet itu.

[zombify_post]

Previous articleNetizen ; KPI Akan Awasi Konten Netflix dan Youtube, Maunnya Apa Sih ?
Next articleSpider-Man (Marvel Cinematic Universe) Dijemput Pulang Oleh Sony Pictures