Telinga Berdenging Bukan Tanda Sedang Digosipkan, Inilah Penyebabnya!

50

Halo sobat Oretzz! Pernah mengalami telinga berdenging? Banyak yang mengaitkan kondisi ini dengan mitos, misalnya akan kedatangan tamu atau sedang digosipkan atau dibicarakan oleh orang lain. Tapi tentu ini tidak memiliki penjelasan ilmiah. Telinga berdenging sebenarnya bisa jadi tanda suatu penyakit, seperti tumbuhnya tumor neuroma akustik.

Istilah medis untuk telinga berdenging adalah kondisi tinnitus atau persepsi suara yang Anda dengar pada organ telinga. Jenis suara yang mungkin Anda dengar bermacam-macam, misalnya siulan, kicauan, dengungan, atau desisan. Telinga berdenging bisa menyerang siapa saja, namun kerap dialami oleh para lansia.

Neuroma akustik merupakan tumor jinak. Tumor ini tumbuh pada saraf penghubung otak dan telinga bagian dalam, yang disebut sebagai saraf pendengaran dan keseimbangan (saraf vestibulokoklear). Walaupun jinak, neuroma akustik tetap dapat menimbulkan komplikasi, apabila tidak ditangani dengan baik.

Penyebab tumor ini adalah malfungsi gen di kromosom 22. Dalam keadaan normal, gen ini menghasilkan protein untuk menekan pertumbuhan sel Schwann, yang menutupi saraf.

Selain telinga berdenging, ada tanda-tanda lain yang menjadi gejala neuroma akustik. Gejala tersebut seperti gangguan pendengaran, sensasi berputar atau vertigo, dan mati rasa pada wajah.

Telinga berdenging juga bisa disebabkan oleh kondisi medis lain, berikut beberapa di antaranya:

[zombify_post]

Previous articleAlasan Pentingnya Memakai Skin Care di Malam Hari
Next articleManfaat Kunyit dan Temulawak untuk Kulit